penipuan online
Perempuan

Ciri-Ciri Bule Penipu Wanita Wajib Tahu

CIRI-CIRI BULE PENIPU WANITA WAJIB TAHU – Sudah tahun 2021, tapi masih banyak saja yang tertipu. Korban yang terbanyak justru dari kaum wanita. Entah bagaimana setiap tahunnya kasus penipuan secara online terus bertambah. Padahal modus serupa ini sebenarnya sudah biasa.

Kerugian yang diderita para korban mencapai puluhan hingga ratusan juta. Setelah sadar bahwa dirinya tertipu, biasanya korban enggan menceritakan pengalamannya kepada orang lain. Alasannya karena malu dan takut menghadapi kritikan orang lain. Padahal sih memang salahnya sendiri.

iri-Ciri Bule Penipu Wanita Wajib Tahu

Aslinya pelaku dibalik kejahatan ini berasal dari negara-negara seperti Afrika, India, Bangladesh dan Pakistan. Untuk berkomunikasi, pelaku menggunakan bahasa Inggris. Adakalanya mereka bekerjasama dengan orang Indonesia sendiri guna meyakinkan para korban. Korban yang lugu pun masuk ke dalam jerat penipu.

Hal yang lebih menyedihkan, korban penipuan para bule palsu ini tak hanya kehilangan uang. Namun mereka juga memilih untuk bercerai dengan suaminya, demi menikah dan tinggal dengan bule. Bahkan ada yang samppai rela memberikan foto diri yang tidak pantas kepada pelaku.

Beberapa tahun lalu, Molzania sudah pernah menulis artikel tentang penipuan scammers online ini. Namun artikel yang satu ini, anggap saja merupakan artikel pendamping yang harus dibaca, agar kita semakin pandai memilah mana yang termasuk penipuan, mana yang bukan.

Bagaimana Ciri-Ciri Bule Penipu di Sosial Media ?

Lantas, pasti kalian bertanya-tanya bagaimana sih ciri-ciri penipuan cowok bule melalui sosial media? Yuk, jadilah wanita cerdas yang tak gampang terjerat rayuan lelaki belaka. Ketahui ciri-ciri bule penipu di Facebook dan Instagram yang beredar di dunia maya di bawah ini:

  1. Memasang foto profil sosial media yang ganteng dan tampan

    Harus waspada bila kita tiba-tiba dikirimi pesan di sosial media oleh seseorang yang berpenampilan bule. Sementara kita sebelumnya tidak pernah berurusan atau bahkan mengobrol secara langsung dengan bule.

  2. Menggunakan sosial media Facebook dan Instagram

    Umumnya sosial media yang digunakan oleh bule penipu ialah Facebook dan Instagram. Ohya, biasanya mereka akan memperkenalkan diri mereka berasal dari kota-kota tertentu seperti Amerika, India, Pakistan, Bangladesh, Eropa, Cina, Turki, Korea dan Jepang. Tergantung kesenangan kita pribadi.

  3. Akun sosial media mereka hanya memiliki sedikit teman.

    Nah masalahnya teman mereka pun umumnya juga wanita yang menjadi korban. Kita berteman dengan sesama korban. Artinya pacarnya itu sebenarnya banyak. Tidak hanya satu. Duh!

  4. Mengaku orang kaya dan memiliki pekerjaan yang mapan.

    Bule penipu itu biasanya mengaku sebagai pengusaha, tentara, polisi dan pekerja offshore alias pertambangan minyak dan gas. Mengaku kesepian ingin mencari istri. Mereka juga kadang pamer foto barang-barang mewah atau sedang liburan kemana gitu. Itu fotonya asli tapi hasil colongan. Jangan mau tertipu.

  5. Akun sosial media mereka digembok. Kita disuruh add duluan.

    Ini juga tergantung sih. Maksudnya ada yang tidak digembok. Ada yang digembok atau diprivate. Tergantung keinginan si pelaku.

Baca Juga:  Inspirasi Busana Muslim Gamis Chic Buat Lebaran

Modus Penipuan yang Dilakukan Bule Scammers

Ini beberapa hal yang akan dilakukan oleh para pelaku bule penipu. Ketahui dan waspada dengan hal berikut agar tidak menjadi korban penipuan berikutnya:

  1. Mengajak kenalan dengan lembut sembari ditanya-tanyai hal yang pribadi

    Hati wanita mana yang tidak deg-degan disamperin cowok bule tampan. Bak ketimpa durian runtuh saja. Lalu si bule pun langsung mengajak berkenalan dengan sangat lembut. Wanita yang membacanya langsung klepek-klepek. Setelah mendapat respon, biasanya mereka langsung menanya-nanyai hal pribadi seperti nama, domisili, nama orangtua, nama kakak atau adek, pekerjaan, dan sebagainya.

  2. Setelah beberapa kali perkenalan, langsung mengajak serius.

    Iya, si bule pun langsung menyatakan cinta dan keinginannya untuk menikahi kita. Wanita single mana yang tak langsung kepincut. Impian dinikahi oleh pria bule dan tinggal di LN pun langsung terbayang-bayang. Alangkah bahagianya! Tapi sayangnya, si bule hanya penipu yang mengerjai kita. wkwkwk..

  3. Mulai berani video call dan telepon dengan nada mesra dan panggilan sayang

    Si pelaku mulai berani menelepon kita sambil mengucapkan kata-kata yang bikin melting. Bahkan tak jarang mereka juga berani video call. Sayangnya ketika melakukan video call, bule penipu malah menggunakan video orang lain. Mereka gemar mengcrop video orang lain yang sedang liburan misalnya, lalu mengakui bahwa merekalah yang sedang liburan. Perhatikan dari cara mulutnya berbicara, apakah singkron dengan pelafalannya.

  4. Memaksa kita menyerahkan foto atau video pribadi yang bersifat sensitif

    Ini sih yang paling keterlaluan. Mereka tidak hanya mengincar uang kita, tapi juga tubuh yang kita miliki. Jangan mau wahai wanita cerdas, terpedaya dan mau merekam foto dan video diri kita sendiri. Kalau sudah kejadian, pelaku akan mengancam kita untuk mengirim uang dalam jumlah besar. Atau video dan foto pribadi kita tersebar. Nggak ada jaminan kalau mereka nggak akan menyebarkan foto atau video tersebut. Bahkan setelah kita mengirim uang kepada si bule penipu.

  5. Berjanji memberikan hadiah, tapi barangnya tertahan di bea cukai.

    Kalau modus yang satu ini sudah agak umum. Si bule mengaku mengirimkan hadiah berupa perhiasan atau barang berharga lainnya. Untuk lebih meyakinkan, mereka memberi kita nomor resi palsu yang hanya bisa dicek di website jasa pengiriman palsu. Beberapa hari kemudian, barang tak kunjung tiba. Kita malah ditelepon seseorang yang mengaku dari bea cukai. Disuruh menebus paket dengan mengirimkan sejumlah uang ke rekening pribadi. Aneh kan!

  6. Berjanji datang berkunjung ke Indonesia dengan membawa keluarga

    Pelaku bule penipu ini berjanji untuk berkunjung ke Indonesia untuk menikahi kita. Tak jarang, bule penipu juga mengenalkan kita kepada orangtua, kerabat dan teman-teman palsunya. Kita yang telah terperdaya pun merasa yakin bahwa si bule itu asli. Setelah menunggu beberapa lama, ada saja alasan si bule tidak bisa segera datang. Entah karena terlibat hutang piutang dengan seseorang, atau karena kerampokan. Kita yang iba pun segera mengirimkan uang, padahal itu hanya sebuah tipu daya. Watch out!

  7. Tak jarang bule penipu juga memasang foto profil orang Indonesia

    Yap, bukan hanya orang luar negeri yang menjadi korban fotonya dicuri. Tetapi juga orang Indonesia. Entah itu foto tentara, polisi, dokter atau pengusaha lokal yang berwajah tampan. Lantas gimana sih cara mendeteksi akun penipu hanya dari foto dan akun mereka?

Baca Juga:  Tips Keamanan Internet dan Privacy Bagi Wanita

Cara Mudah Mendeteksi Foto dan Akun Bule Penipu

Ada berbagai macam cara untuk dapat mendeteksi foto dan akun bule penipu. Selain dari akun mereka yang terlihat misterius atau hanya memiliki sedikit teman, mereka juga sering memasang foto yang sangat tampan. Saking tampannya, seringkali too good to be true. Wanita yang cerdas pasti sudah mengenali tipe-tipe akun sosial media yang memiliki ciri khas seperti ini.

Namun guna lebih meyakinkan, sebenarnya kita dapat melacak melalui Google. Yuk ketahui cara mudah mendeteksi akun bule penipu, di bawah ini:

  1. Caranya pertama colong dulu eh.. download dulu foto bulenya.
  2. Lalu, kunjungi Google ImagesGoogle Images.
  3. Klik logo kamera pada kolom pencarian.
  4. Pilih upload an image atau pilihan yang paling kanan.
  5. Klik choose file. Pilih foto bule penipu yang hendak kita cari tadi. Klik enter.
  6. Bila tidak mau repot-repot mendownload, bisa langsung copy link url salah satu gambar sosial medianya. Lalu ketikkan di kolom di bawah Paste Image URL. Lalu klik enter.
  7. Maka akan langsung ketahuan foto siapa yang digunakan oleh pelaku.

Cara mendeteksi di atas dapat kita lakukan baik di komputer ataupun melalui hp. Mudah-mudahan dapat membantu sobat semua. Agar kasus penipuan berkedok cinta online ini fidak terulang lagi. Nah begitulah berbagai hal yang harus kita ketahui tentang ciri-ciri bule penipu beserta modus penipuan dan cara mendeteksinya. Sampai bertemu lagi di artikel menarik lainnya.

187 Views

12 Komentar

  • Rahmah

    Saya pernah dikontak bule via Instagram. Awalnya kenalan aja lama-lama nawari barang dengan harga ga murah. Ga dibalas eh tiba tiba nanya alamat saya di mana langsung mau dikirimin. Aku block langsung.

  • mayarumi

    yang cari jodoh bule-bule harus banget baca ini karena menurut aku bener deh mba, bule tipu2 modus cinta gini banyak sekali cuma para korban diem karena yah malu mengakui kebodohannya sendiri. bule juga kalo mo serius dg kita gak yang pake cara aneh2 juga kan yah

  • lendyagasshi

    Iya yaa…suka ada yang wajahnya tamvan luar biasa.
    Tapi kalau orang Indonesia polos, bisa dikira memang bule semua ganteng-ganteng, gak ada yang jelek. Jadi psati langsung percaya.

    Btw,
    sepupuku ada yang dapet bule. Beneran dinikahin dan diajak ke Swiss.

    Jadi kudu teliti banget banget siih…

Tinggalkan Balasan