Info Seru

Kumpulan kisah dan ulasan random yang unik dan seru untuk dibaca.

  • wisata edukasi di blitar
    Info Seru

    Jalan-Jalan ke Blitar, Wisata Edukasi Kemana Saja?

    Blitar ialah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal sebagai kota tempat dimakamkannya presiden pertama Indonesia yaitu Presiden Soekarno. Dahulunya, kota ini pernah menjadi saksi peperangan hebat melawan Tentara Tartar yang dipimpin oleh Nilasuwarna yang merupakan anak adipati Tuban, yang pada waktu itu dibawah kepemimpinan kerajaan Majapahit. Konon Blitar hanyalah sebuah hutan lebat sebelum peristiwa itu berlangsung. Namun sekarang, tentunya sudah jauh lebih berkembang dan modern. Lain dulu, lain pula sekarang. Untuk dapat berkunjung ke kota ini, sobat bisa pesan tiket kereta Krakatau. Kereta ini merupakan layanan kereta resmi kelas Ekonomi AC yang melalui rute Merak – Cirebon – Madiun – Kediri – Blitar. Saat ini…

  • restoran korea halal mui jakarta
    Info Seru

    Daftar Restoran Korea Halal MUI di Jakarta

    Setelah sebelumnya Molzania menulis artikel “Daftar Restoran Jepang Halal MUI di Jakarta“, kini Molzania ingin menulis tentang restoran Koreanya. Lagi-lagi ini semua berawal dari susahnya mencari restoran yang menyediakan kuliner Jepang dan Korea yang sudah memiliki logo halal MUI. Kekhawatiran mengonsumsi makanan yang tidak halal pun muncul setiap kali berkunjung ke restoran yang belum berlogo halal MUI. Senjata andalan mereka berupa tulisan; “No Pork, No Lard” untuk mengindikasikan bahwa mereka menggunakan bahan yang halal. Meski para waitressnya menjamin makanan yang mereka buat halal, tetap saja hati ini masih waswas. Muncul perasaan bersalah dan hati yang bertanya-tanya. Seandainya aku nggak makan di situ tadi? Tapi aku kepengen, gimana dong? T_T  …

  • restoran jepang halal mui jakarta
    Info Seru

    Daftar Restoran Jepang Halal MUI di Jakarta

    Berawal dari keprihatinan Molzania saat susahnya mencari list restoran Jepang yang berlogo halal MUI di Jakarta. Saat berkunjung ke Jakarta, selama beberapa tahun belakangan, Molzania rajin hunting kuliner ke restoran-restoran Jepang di berbagai mall di Jakarta. Sayangnya hanya sedikit dari mereka yang berlogo label halal MUI. Padahal penggemar kuliner Jepang tidaklah sedikit. Kebanyakan daftar yang tersedia Google belum memiliki logo halal MUI, meski mereka mengklaim bahan-bahan yang digunakan halal. Dengan kenyataan yang demikian, sebagai muslim tentu saja Molzania menjadi khawatir ketika makan di restoran Jepang tanpa logo halal MUI. Ibaratnya hanya klaim sepihak saja dari restoran. Tentunya ini membingungkan bagi muslim yang masih memiliki concern terhadap kehalalan makanan yang dikonsumsi.…

  • Info Seru

    Kue Kering dan Camilan Favorit Saat Lebaran

    Lebaran identik dengan suguhan kue kering menggugah selera. Kue-kue tersebut diberikan sebagai camilan untuk para tamu. Namun seiring waktu berlalu, kita terkadang bingung untuk membeli camilan. Akibatnya camilan yang dibeli ya yang itu-itu saja. Padahal ada banyak pilihan penganan lebaran yang juga tak kalah nikmatnya. Nah biar nggak bingung, berikut ini Molzania sudah list kue-kue favorit yang bisa jadi ide camilan untuk lebaran. Berikut beberapa di antaranya: 1. Kue Satu Sagu Kue kering yang satu ini merupakan kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Kue ini bercita rasa manis dan sangatllah rapuh nan lumer bila dimakan. Berbahan dasar sagu, kue ini umumnya menggunakan tambahan kelapa yang sudah disangrai. Selain…

  • Info Seru

    Kue Lebaran Khas Palembang

    Lebaran di Palembang berlangsung dengan sangat meriah. Pagi hari masjid sangat ramai oleh orang-orang yang shalat ied. Setelahnya siap-siap untuk pergi ke rumah sanak saudara dan tetangga. Istilahnya dalam Bahasa Palembang ialah sanjo-sanjo. Saat bersilaturahmi terhidang berbagai makanan khas yang menggugah selera. Berbagai kue-kue, camilan dan tak ketinggalan pempek disuguhkan. Jika sobat kebetulan berlebaran di kota Palembang, maka akan sangat familiar dengan berbagai kue khas lebaran berikut ini, diantaranya: 1. Kue Lapan Jam Kata lapan jam berasal dari bahasa Palembang yang artinya delapan jam. Kue ini terbuat dari 20 telur bebek, susu kental manis, mentega dan gula pasir. Pembuatan kue ini dengan cara dikukus dan memakan waktu yang cukup lama…

  • Info Seru

    Tradisi Lebaran Khas Kota Palembang

    Kota Palembang penduduknya mayoritas muslim. Tak heran jika ritual ibadah Islam yang dijalankan setiap tahunnya ini alias bulan Ramadan disambut dengan meriah. Di lingkungan keluarga besar Molzania sendiri termasuk lingkungan Palembang tempo dulu. Molzania memiliki nenek yang wong Palembang asli. Meskipun mimi dan ayah Molzania sendiri menerapkan gaya hidup Palembang yang lebih modern. Adanya perbedaan di antara keluarga besar dan keluarga sendiri tak lantas menjadi suatu pertengkaran. Justru keduanya hidup dalam kebersamaan. Molzania sejak kecil jadi terbiasa menyaksikan tradisi asli wong kito. Kadang juga diceritakan sama mama kebiasaan lebaran yang dulu mama lewati. Penasaran? Berikut beberapa diantaranya: 1. Masak Bersama Sehari sebelum lebaran tiba, masyarakat Palembang biasanya akan masak bersama…

  • Info Seru

    Inspirasi Busana Muslim Gamis Chic Buat Lebaran

    Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Nggak terasa ya waktu cepat sekali berlalu. Dua hari lalu Molzania sudah bikin tutorial make up lebaran yang simpel untuk pemula. Di awal puasa Molzania juga sudah bikin RESEP Brownies Lumer Isi Selai Kacang SKIPPY yang cocok pula untuk hidangan lebaran. Nah sekarang Molzania mau buat artikel tentang fashion kece untuk lebaran. Setelah sebelumnya Molzania sempat membuat artikel mengenai baju tunik dan sejarahnya. Pada postingan ini, Molzania mau membahas busana gamis muslim syar’i untuk lebaran esok. Busana gamis ialah busana model baju kurung yang berasal dari Timur Tengah.Berikut beberapa contoh busana muslim gamis chic buat lebaran yang bisa sobat jadikan inspirasi dalam bergaya: 1. Gamis…

  • Info Seru

    Pertanyakan 3 Hal ini Sebelum Mengecat Ruangan dalam Rumah

    Tidak perlu membeli berbagai macam perintilan, mewarnai atau mengecat ruangan diketahui merupakan cara termudah dan sederhana untuk menciptakan nuansa tertentu dari hunian Sobat. Kesederhanaan ini dikarenakan Sobat hanya membutuhkan peralatan-peralatan yang sederhana dalam melakukan pewarnaan ruang. Namun, di tengah-tengah kesederhanaan yang Ada, mewarnai sebuah ruang juga dikatakan sebagai aktivitas yang rumit. Kerumitan tersebut lahir dari pemilihan warna apa yang tepat untuk menimbulkan nuansa yang positif pada hunian Sobat. Terkadang, beberapa orang percaya bahwa warna kesukaan mereka adalah warna yang terbaik, namun ada pula yang lebih memperhatikan tren warna dibanding warna kesukaannya. Beberapa anggapan ini yang membuat memilih warna cat pun perlu banyak faktor yang dipertimbangkan. Dilansir dari Apartmenttherapy, sebelum memilih…

  • Info Seru

    Tips Berdonasi Online Secara Aman dan Nyaman

    Zaman sekarang itu, Molzania dimudahkan banget dengan adanya internet. Mau apa-apa serba gampang. Tinggal buka smartphone, lalu cari websitenya. Apalagi kondisi Molzania yang disabilitas menyulitkan mobilitas Molzania untuk pergi kemana-mana. Termasuk dalam urusan berbagi dengan yang lain. Saat ini sudah banyak banget lembaga-lembaga donasi yang mau memberikan fasilitas kepada donatur via online. Diantaranya kitabisa, peduli donasi, daarut tauhid, rumah zakat, dan lain-lain. Bahkan kita bisa berdonasi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Maksudnya kita nggak harus nominalnya sampai jutaan, sedekah puluhan ribu juga bisa. Namun ada kalanya kita merasa nggak aman, meski sudah berdonasi di tempat yang terpercaya. Contohnya nih beberapa tahun lalu pernah ada kasus dimana pengumpul donasinya ternyata…

  • Info Seru

    Begini Syarat dan Ketentuan untuk Pekerja dapat THR

    Bagi pekerja kantoran, momen menjelang libur lebaran yang ditunggu ialah pembagian THR. THR itu singkatan dari tunjangan hari raya. Jadi semacam bonus tambahan setiap tahun untuk para pekerja. Besarannya tergantung jumlah gaji yang diterima. Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk memberikan THR bagi karyawannya. Tapi biasanya sih yang dapat itu yang udah masuk golongan pegawai tetap. Merujuk kepada Peraturan Permenaker No. 6 Tahun 2016, Ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mendapatkan THR lebaran, beberapa di antaranya harus sudah bekerja minimal 1 bulan secara terus-menerus. Nah kalau sobat bekerjanya sudah satu bulan alias 30 hari, maka sudah bisa mendapat THR. Namun besaran THRnya tidak sebanyak orang yang sudah berkerja tahunan. Rumus hitungannya ialah…