• SITUS PENYEDIA LOWONGAN KERJA UNTUK DISABILITAS
    Disabilitas

    Cari Tau Situs Penyedia Lowongan Kerja Khusus untuk Disabilitas

    Sekarang sudah cukup banyak situs penyedia lowongan kerja disabilitas. Disabilitas tidak perlu merasa sulit lagi dalam mencari dan melamar pekerjaan. Peralatan untuk dapat mengaksesnya hanyalah smartphone dan internet. Adapun cara penggunaannya sama saja kayak situs kerja biasa lainnya.  Hal yang membedakan calon pelamar yang ditentukan wajib berstatus disabilitas. Untuk itu sebelumnya pastikan kita menyiapkan sejumlah berkas yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan. Cara Mendaftar Situs Lowongan Kerja Disabilitas Pertama-tama tentu saja kalian wajib memiliki kuota yang cukup dan internet yang stabil. Tujuannya agar ketika kalian mudah dalam mengisi data dan mengupload berkas lamaran. Sebelum melamar pekerjaan, kalian wajib mencari tahu syarat dan ketentuan melamar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Biasanya hal…

  • Disabilitas

    Disabilitas Berdikari Lewat Teknologi Saat Pandemi

    Disabilitas bukan berarti terbatas. Edy Cahyono, mendirikan website Rumah Kinasih dan membantu teman-teman disabilitas lainnya membuat kerajinan tangan yang mampu menembus pasar luar negeri. Lewat situs tersebut, Heru menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus memasarkan berbagai produk hasil karya penyandang disabilitas. Rumah Kinasih kini dapat membantu sekitar 54 penyandang disabilitas berkerja di Blitar, Jawa Timur.   Berbagai inovasi yang dihasilkan oleh disabilitas di atas tak lepas dari peran serta internet. Lewat era digital 4.0, banyak orang yang bisa berkarya dari rumah. Menjadi mandiri, lewat bantuan teknologi.    Sulitnya Mencari Kerja Bagi Disabilitas Dewasa Selama ini orang-orang yang berkebutuhan khusus selalu dipandang sebelah mata. Berbagai bentuk perlakuan diskriminasi terhadap kaum kami masih menjadi budaya.…

  • Pengalaman Periksa Kesehatan Haji Tahap 2
    Disabilitas

    Pengalaman Periksa Kesehatan Haji Tahap 2 untuk Disabilitas

    Setelah melewati pemeriksaan tahap pertama, satu minggu berikutnya dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan tahap kedua. Pemeriksaan kesehatan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh calon jamaah haji yang berangkat tahun ini. Lokasinya tetap berada di Puskesmas yang kemarin sudah didatangi. Tahapan-tahapannya kurang lebih sama. Hanya saja karena sudah pernah melakukan pemeriksaan kesehatan, maka kita bisa mengetahui hasil detailnya sekarang. Plus ditambah suntik meningitis yang menjadi kewajiban apabila kita mau bertandang ke Arab Saudi. Molzania seperti biasa datang pagi-pagi ke puskesmas. Kira-kira pukul sembilan pagi. Ketika sampai di sana, kita disuruh melakukan registrasi seperti biasanya. Setelahnya dibawa ke ruang pemeriksaan medis.   Rapor Jelek dan Pengalaman Suntik Meningitis Ada suatu momen kejutan ketika…

  • Disabilitas

    Periksa Kesehatan Haji Tahap I Bagi Disabilitas, Apa Saja?

    Insha Allah karena tahun ini akan berangkat ke baitullah, beberapa bulan sebelum haji disibukkan dengan banyak sekali urusan. Akhirnya minggu kedua Februari 2020 ini, Molzania mendapatkan pengumuman untuk pemeriksaan kesehatan. Periksa kesehatan hal yang wajib dilakukan bagi Calon Jamaah Haji (CJH). Baik yang non disabilitas maupun disabilitas. Rencananya akan dilakukan tiga tahap. Nah kemarin tanggal 11-12 Februari sudah berlangsung tahap pertama. Molzania di sini akan berbagi pengalaman periksa kesehatan haji sebagai jamaah disabilitas. Yap, rencananya selama di Makkah dan Madinah nanti Molzania akan membawa berbagai peralatan tempur untuk berjalan. Maksudnya Molzania bakal menggunakan kursi roda dan walker sekaligus. Pada pemeriksaan kesehatan tahap pertama ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama…

  • cara bikin paspor untuk manula dan disabilitas
    Disabilitas

    Cara Buat Paspor untuk Disabilitas dan Manula

    Dalam rangka keperluan pengurusan haji tahun depan (Insha Allah), Molzania bulan Oktober ini sudah mulai siap-siap menyiapkan dokumen. Salah satunya yang terpenting tentu saja paspor. Dikarenakan paspor sudah memasuki masa kadaluwarsa, jadilah Molzania segera bikin paspor jauh sebelum pemanggilan daftar calon jamaah haji. Baca Juga: Persiapan Haji untuk Disabilitas Untuk menunaikan ibadah haji tahun depan, Molzania udah juga daftar KBIH. Biaya pendaftaran KBIH sesuai dengan kebijakan KBIH masing-masing. Kalo KBIH Molzania sendiri, biayanya untuk tahun 2020 ini Rp. 500.000. Molzania memilih KBIH kepunyaan teman mama. Alasannya biar udah kenal aja gitu. Dah progress hajinya sampai disini dulu. wkwkwk… Tahapan Lengkap Daftar Paspor Untuk Manula dan Disabilitas Pendaftaran paspor di Indonesia…

  • Disabilitas

    Travelling dan Disabilitas

    Molzania suka sekali travelling! Impian terbesar Molzania ialah suatu saat bisa berkeliling dunia. Bahkan sering berkhayal menjadi seorang traveler sejati. Di Youtube sih seringnya pantengin video orang jalan-jalan plus baca kisah-kisah traveler di grup backpacker malah. Meski yah, terkadang suka bingung sendiri apa iya orang disabled pengguna kursi roda seperti Molzania mampu. Di kota sendiri saja, banyak banget hambatan yang dilalui. Dimulai dari jalan yang nggak rata-lah, ketiadaan toilet khusus disabilitas-lah, hingga persoalan mencari informasi yang akurat tentang info-info disabilitas.  Molzania beberapa kali nemuin kisah perjalanan disabled traveler asal Indonesia yang membagikan kisah perjalanannya di sosial media. Kisah-kisah merekalah yang menjadi inspirasi bagi Molzania. Bahwa seorang wheelchair disabled pun bisa travelling…

  • Gojek Super App Selalu Ada Jalan
    Disabilitas

    Senangnya Punya Asisten Pribadi yang Super Setia

    Kalian pernah membayangkan asyiknya punya asisten pribadi? Well, semacam seseorang yang siap sedia untuk melakukan apapun perintah kita. Tentu saja ini berbicara tentang hal positif. Bahkan terkadang pacar kitapun nggak bisa setiap saat bersama kita. *ceileh, bahasanya kayak pernah pacaran aja. 😛 Molzania mau berbagi pengalaman nih sebagai seorang disabled blogger. Penting banget tauk punya asisten pribadi. Selama ini Molzania selalu mengandalkan ayah untuk anter jemput kemanapun. Kerjaan kita jadi blogger kadang dapet undangan harus kemana gitu. Menghadiri acara-acara tertentu. Nah untuk itulah Molzania meminta ayah untuk temenin pergi. Namun nggak selamanya juga kan terus begitu. Minta ditemenin ayah. Terkadang ayah pun punya acara dan kegiatan lain juga. Bahkan ayah…

  • Disabilitas

    Mudahnya Mendapat Surat Keterangan Disabilitas untuk Tes CPNS

    Sebentar lagi pendaftaran CPNS dibuka. Nah tahun ini pemerintah mengagendakan sejumlah kuota untuk disabilitas dalam penerimaan seleksi CPNS. Sebagai warga negara yang baik dan shalehah (aamiin), tentunya Molzania nggak mau ketinggalan dong. Siapa tau ini jalan Molzania jadi PNS. Haha… nggak terlalu berharap juga sih. Tapi mau coba-coba aja ikutan lagi. Salah satu persyaratan berkas untuk ikutan seleksi penerimaan CPNS untuk disabilitas ialah surat keterangan dokter tentang jenis/tingkat disabilitasnya. Ternyata ubek-ubek di Google belum banyak yang menceritakan pengalamannya dalam mendapatkan surat tersebut. Ada, tapi katanya susah. Katanya mencapai ratusan ribu biayanya. Apa benar saat ini “masih” sesulit dan semahal itu? Simakin perjalanan Molzania dalam mendapatkan surat keterangan disabilitas tersebut. Molzania…

  • Disabilitas

    Bicara Passion dari Perspektif Blogger Disabled

    Si Molzania itu anaknya nggak ada kebisaan selain prestasi akademik. Cantik nggak? Cacat Iya? Hahaha… Itulah kalimat hinaan yang sering dilontarkan teman-teman untuk Molzania semasa sekolah dulu. Tidak jarang mereka terang-terangan “menghina” di depan, seolah-olah Molzania hanyalah sebuah boneka. Tidak mendengarkan mereka. Padahal sih jauh di dalam hati, Molzania tahu persis apa yang mereka katakan. Well, bukan bermaksud menyombongkan diri. Dulu itu Molzania memang seringkali juara kelas. Minimal masuk 3 besarlah. Wajar sih teman-teman menganggap Molzania ini pintar. Tapi ada satu kebisaan Molzania lain yang tersembunyi. Nggak pernah mereka ketahui. Memang dulu pun Molzania tidak mau show off ke mereka. Apa coba tebak? Menulis. Ya, menulis. Hal yang belakangan ini…

  • Disabilitas

    Mewujudkan Indonesia Negeri yang Ramah Disabilitas

    Dulu sewaktu masih SD, Molzania pernah mengikuti sebuah lomba menulis. Tema besarnya bercerita tentang harapan anak Indonesia untuk presiden. Disitu Molzania membayangkan kalau suatu hari nanti betul-betul bisa bertemu. Tak disangka mimpi itu pelan-pelan terwujud. Yah. walaupun nggak bertatap muka secara langsung, setidaknya mewakililah. Pada saat dewasa, Molzania betul-betul menyampaikan aspirasi di depan tim komunikasi presiden. Sebagai kaum minoritas, kaum disabled jumlahnya cukup banyak di Indonesia yakni mencapai 12 persen. Pada kesempatan tersebut, Molzania berbagi pengalaman sebagai disabled yang juga menjadi bagian dari generasi muda Indonesia. Harapannya Molzania bisa mewakili teman-teman disabilitas diluar sana yang mungkin belum berkesempatan menyampaikan aspirasinya secara langsung. Pada era pemerintahan Presiden Jokowi, di Indonesia sebenarnya…