Artikel

kumpulan artikel menarik karya Molzania dengan berbagai tema

  • Tips Menangani Luka Bakar Ringan
    Lomba

    Atasi Luka Bakar Ringan dengan Salep Mebo Mederma

    Tahu nggak sih, tempat rawan kecelakaan di rumah bagi wanita dan anak-anak itu terletak pada area dapur? Soalnya kita menyimpan barang-barang berguna yang bisa berbahaya bila ceroboh dalam penggunaan. Apalagi ibu-ibu nih yang demen masak dan sering mengajak anaknya untuk ikut masak. Oleh karena itu, mesti hati-hati saat memasak dan juga dalam hal penyimpanan. Salah satunya resiko terjadinya luka bakar di dapur. Penelitian membuktikan bahwa anak-anak dan remaja wanita berusia 15-19 tahun rentan terkena luka bakar di rumah. Penyebabnya karena ketidakhati-hatian dan ketidaktahuan mereka dalam menggunakan peralatan dapur. WHO memperkirakan ada 310.000 kematian terkait luka bakar pada tahun 2004 dimana 30 persen korbannya berusia di bawah 20 tahun. Angka ini…

  • Opini

    Bukan Lagi Halal MUI, Yuk Kenalan Sama BPJPH Kemenag !

    Sudah tahu belum kalau efektif per tanggal 17 Oktober, sertifikasi halal tak lagi di bawah naungan lembaga MUI? Yap, alasannya kini Kementerian Agama membuka lembaga khusus yang bernama BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal). Jadi sekarang panggilannya bukan lagi Halal MUI, melainkan Halal BPJPH. Sekilas akronim BPJPH ini sedikit ribet. Molzania sering sekali keseleo lidah dalam pelafalannya. Hehe. Berbeda dengan pengucapan MUI misalnya. Cukup mudah diterima di lidah, bukan? Karena udah resmi, jadi kita mesti terbiasa dengan lembaga BPJPH ini. Molzania mengetahui adanya kabar ini sebenarnya sudah jauh hari sebelumnya. Waktu itu Molzania sempat menghadiri acara HalalFest Bank Indonesia 2019 di Kota Palembang Juli lalu. Di sana ada banyak stand-stand…

  • Diary,  Lomba

    Travelling dan Disabilitas

    Molzania suka sekali travelling! Impian terbesar Molzania ialah suatu saat bisa berkeliling dunia. Bahkan sering berkhayal menjadi seorang¬†traveler sejati. Di Youtube sih seringnya pantengin video orang jalan-jalan plus baca kisah-kisah traveler di grup backpacker malah. Meski yah, terkadang suka bingung sendiri apa iya orang disabled pengguna kursi roda seperti Molzania mampu. Di kota sendiri saja, banyak banget hambatan yang dilalui. Dimulai dari jalan yang nggak rata-lah, ketiadaan toilet khusus disabilitas-lah, hingga persoalan mencari informasi yang akurat tentang info-info disabilitas.¬† Molzania beberapa kali nemuin kisah perjalanan disabled traveler asal Indonesia yang membagikan kisah perjalanannya di sosial media. Kisah-kisah merekalah yang menjadi inspirasi bagi Molzania. Bahwa seorang wheelchair disabled pun bisa travelling…

  • Opini

    Friend and Family Shaming : Antara Doa dan Harapan

    Molly, udah punya pacar? Kapan nikah? Di usia 20-an tahun ke atas seperti Molzania, seringkali saat lebaran mendapatkan banyak pertanyaan klasik. Berbagai pertanyaan yang seringkali diajukan oleh para orangtua. Jujur awal-awalnya sih biasa saja. Namun lama kelamaan kok ya malah risih. Secara psikologis, pertanyaan-pertanyaan di atas menimbulkan beban tersendiri. Apalagi jika pertanyaan tersebut diulang-ulang oleh orang yang tak hanya satu jumlahnya, melainkan banyak. Berhadapan dengan seorang disabilitas seperti Molzania, mungkin ada saja yang tidak enak hati melontarkan pertanyaan tersebut. Tapi nyatanya Molzania juga sering mendapat pertanyaan tersebut. Shaming sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya ialah memalukan. Iyes, tau mereka yang bertanya bukan bermaksud kepo. Barangkali ada yang cuma iseng…

  • Islam

    Bersyukur atas Rezeki-Nya

    Bulan ramadan ini boleh dibilang tahun yang membahagiakan. Alasannya Molzania merasa satu persatu cita-citaku di masa lalu terwujud. Saat SD Molzania bercita-cita untuk memiliki website pribadi atas nama sendiri. Keinginan ini terwujud ketika Molzania duduk di bangku SMA. Lalu keinginan pun berubah menjadi Molzania ingin berkerja dan menghasilkan di bidang yang sesuai dengan passion. Sepuluh tahun kemudian keinginan ini kembali terwujud. Dua tahun belakangan Molzania mencoba serius menekuni dunia blog. Ternyata perkerjaan inilah yang menjadi jalan hidup Molzania. Namun selalu saja terkadang Molzania merasa ada yang kurang. Membayangkan diri ini menjadi orang lain yang sukses di luar sana. Molzania lupa mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Melihat flashback…