Cara Pesan Tiket Kereta Api dengan Mudah
Tips

Pemesanan Tiket Kereta Makin Praktis Dengan Kemajuan Teknologi

Saat ini dengan kemajuan teknologi yang ada, semuanya terbukti serba mudah. Apalagi ketika sobat merencanakan untuk pergi berlibur dengan menggunakan moda transportasi kereta api. Hilangkan semua pikiran bahwa mempersiapkan perjalanan liburan itu merepotkan dan akan banyak mengeluarkan tenaga, waktu, dan biaya yang sangat banyak.

Sobat tidak perlu khawatir dengan kesemua hal tersebut yang saat ini semuanya sudah mampu dibuat ringan dengan kehadiran teknologi. Sobat akan lebih mudah di dalam pembelian tiket dan pembeliannya pun bisa disesuaikan dengan budget yang sudah sobat persiapkan. Yakni dengan melalui Traveloka, cek tiket kai disini dapat membuat sobat untuk memilih tarif tiket yang sesuai dengan keinginan sobat.

pesan tiket kereta api mudah

Selain itu dengan adanya teknologi, juga bisa untuk menghemat waktu bagi sobat di dalam membandingkan harga akomodasi, baik dari tiket hingga penginapan hanya dengan menggunakan satu platform atau satu aplikasi saja.

Tentunya yang tak kalah penting adalah dari segi kepraktisan yang membuat banyak orang dapat terbantu. Hanya dengan membutuhkan smartphone dan jaringan internet yang mendukung, maka proses pemesanan tiket dapat berjalan dengan lancar hingga sobat mendapatkan e-ticket-nya.

Cara Pesan Tiket Kereta Di Traveloka

Bagi sobat yang belum pernah melakukan pemesanan tiket secara online melalui Traveloka, beginilah proses pemesanannya.

1. Download Aplikasi Traveloka

Download-lah aplikasi Traveloka menggunakan smartphone sobat melalui Playstore.

2. Mencari Kereta

Jika sudah ditemukan pencarian tentang pemesanan tiket kereta api, sobat perlu untuk mengisi beberapa data, seperti kota atau stasiun asal sobat, tujuan, tanggal perjalanan, dan jumlah penumpang bersama sobat.

3. Pilihlah Dan Pesanlah Tiket Sobat

Ceklah detail dari kereta, baik nama kereta, jadwalnya, tarif, dan sebagainya. Setelah selesai mengecek dan mempertimbangkan, pilihlah salah satu tiket yang sesuai dengan kebutuhan sobat.

Baca Juga:  Cara Mudah Menjaga Kesehatan Wajah untuk Kulit Berminyak

4. Pengisian Informasi Kontak dan Detail Penumpang

Isilah mengenai informasi kontak dan detail dari penumpang yang bersama sobat. Pastikan agar semua data sudah benar.

5. Pembayaran

Dalam tahapan ini lakukanlah transaksi pembayaran sesuai dengan metode yang sobat inginkan. Bisa menggunakan transfer ATM, e-banking, atau pun melalui minimarket, seperti Alfamart. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan.

6. Penerimaan E-Ticket

Setelah sobat melakukan transaksi pembayaran, e-ticket akan dikirimkan kepada sobat melalui e-mail dalam jangka waktu 20 menit.

7. Proses Cetak Boarding Pass dan Check In

Setelah e-ticket berhasil sobat dapatkan, ketika sudah tiba waktu keberangkatan sobat, maka sobat perlu untuk mencetak boarding pass sobat dan segera melakukan check in. Bagaimanakah prosesnya?

8. Carilah Mesin Untuk Mencetak Boarding Pass Di Stasiun

Sobat bisa melakukan pencetakan boarding pass 12 jam sampai dengan 10 menit sebelum keberangkatan kereta api. Jika di luar waktu tersebut, maka boarding pass Sobat akan hangus.

Setelah menemukan mesin cetak boarding pass, masukkanlah kode booking yang terdapat di dalam e-ticket sobat. Ketika mesin sudah menampilkan data diri sobat, lakukan pengecekan ulang untuk memastikan semuanya benar. Boarding pass yang sobat cetak akan tertera nama dan ID penumpang, kode booking, nama kereta api, tujuan, dan jadwal keberangkatan.

9. Pemeriksaan Petugas

Ketika akan memasuki ruang tunggu keberangkatan, sobat harus menyerahkan boarding pass dan kartu identitas sobat untuk dilakukan pengecekan mengenai kecocokannya. 

10. Menunggu Di Ruang Tunggu

Ketika sudah di ruang tunggu, dengarkan secara seksama ketika ada informasi dari petugas mengenai kedatangan kereta sobat. Sehingga sobat bisa segera bersiap-siap.

Baca Juga:  Tips Berburu Promo Belanja Online Menjelang Lebaran

11. Masuk Ke Kereta

Setelah memasuki kereta, carilah tempat duduk sobat sesuai dengan yang terdapat di dalam boarding pass sobat.

12. Boarding Pass Jangan Dibuang

Boarding pass sobat jangan dibuang terlebih dahulu. Karena jika sewaktu-waktu petugas berkeliling untuk kembali mengecek boarding pass penumpang, maka harus segera ditunjukkan.

Sangat mudah bukan melakukan pengecekan tiket kereta api yang akan sobat pesan hingga kemudian sobat melakukan check in? Sedari awal harus benar-benar sobat pastikan identitasnya secara teliti.

Ketidakcocokan data diri sobat dengan kartu identitas dapat berakibat fatal ketika sobat sudah tiba di stasiun. Perjalanan sobat untuk berlibur bisa saja terhambat hanya karena masalah yang sangat sepele. Sehingga pastikan secara detail semua informasi mengenai diri sendiri dan penumpang lain yang bersama dengan sobat.

409 Views

10 Komentar

Tinggalkan Balasan