Tips

Cara Menghilangkan Ketombe pada Anak

Ketombe pada dasarnya kulit mati yang berukuran sangat kecil di kulit kepala. Bisa menyebabkan rasa gatal dan kemerahan sehingga membuat tak nyaman. Efek jangka panjangnya dapat mengakibatkan rambut rontok. Ketombe berwarna putih dan kekuningan. Pada anak-anak seringkali terlihat ia menggaruk-garuk kepalanya. Atau mengalami kerontokan rambut.
Jika buah hati terserang ketombe, jangan panik dulu. Lantas bagaimana sih cara mengatasinya? Artikel di bawah ini akan menjelaskannya lebih jauh. Berikut cara mengatasi ketombe pada anak:
1. Langkah Pencucian Rambut pada Anak
Sebelum mencuci rambut, hendaknya kepala anak disikat dengan lembut terlebih dahulu. Ini akan menghilangkan kulit mati sekaligus membuat shampoo jadi lebih meresap. Gunakan shampo setiap hari atau beberapa hari sekali tergantung kebutuhan dengan shampo khusus ketombe yang mengandung salicylic acid. Untuk hari-hari biasa, gunakan shampo bayi yang mengandung formula lebih lembut. Hendaknya hindari menggunakan kondisioner karena akan meninggalkan residu.
2. Bahan Alami Pembasmi Ketombe
Beberapa bahan alami bermanfaat untuk membasmi ketombe. Kita bisa membuat sendiri ramuannya di rumah. Diantaranya menggunakan air lemon yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Balurkan air lemon ke kepala buah hati, lalu diamkan selama 10 menit. Setelahnya cuci hingga bersih. Cara ini berguna namun tidak boleh terlalu sering karena lemon juga bisa membuat kulit menjadi kering.
Cara lainnya bisa menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Sifatnya yang melembabkan kulit akan mendinginkan kulit kepala dan mengobati luka akibat garukan. Bisa pula menggunakan baking soda atau minyak kelapa yang bermanfaat sebagai anti jamur. Sobat bisa pula menggunakan tetesan minyak tea tree oil lalu campurkan ke shampo anti ketombe.
3. Hubungi Dokter Bila Semakin Parah
Bila masih tidak ada perubahan dalam 2-3 minggu, hubungi dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.
Demikianlah sedikit tips dari Molzania. Semoga bermanfaat untuk sobat bubblelatte semua. Jangan sungkan pula untuk menulis pengalaman sobat dalam membasmi ketombe buah hati di kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam hangat dari Molzania. ^^
(sumber artikel: momjunction)
95 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *