Cara Membuat Surat Keterangan Disabilitas di Puskesmas
Disabilitas

Cara Membuat Surat Keterangan Disabilitas di Puskesmas

Setelah beberapa tahun lalu, Molzania bikin surat keterangan disabilitas dari rumah sakit, Rupanya tahun 2021 ini ada peraturan baru nih. Untuk seleksi CPNS tahun 2021 ini, kita bisa bikin surat keterangan disabilitas di puskesmas. Ini tentunya akan makin mempermudah kaum disabilitas untuk mengikuti seleksi CPNS. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang.

Buat kalian yang penasaran gimana caranya buat surat keterangan disabilitas di puskesmas, gak perlu bingung lagi. Molzania sendiri pas pergi ke puskesmas, ternyata buatnya itu mudah. Apalagi sekarang juga gak butuh biaya apapun alias free. Waktunya juga sebentar, nggak begitu lama. Asal kita datangnya pas puskesmas lagi sepi. Kalo rame ya, mesti ikutan antri dulu.

Di bawah ini Molzania akan menceritakan pengalaman Molzania untuk membuat surat keterangan disabilitas di puskesmas.

Cara Membuat Surat Keterangan Disabilitas di Puskesmas

Berikut step by step cara membuat surat disabilitas di Puskesmas:

  1. Kalian datang ke puskesmas terdekat
  2. Siapkan KTP (Ini wajib! karena petugas puskes akan menulis identitas suratnya berdasarkan data KTP)
  3. Petugas akan menanyakan status disabilitas kita. Pastikan memintanya untuk menuliskan jenis dan derajat disabilitas.
  4. Menunggu sekitar 30 menit – 1 jam untuk petugas mengetik suratnya.

Gimana? Mudah sekali bukan? Ohya, Molzania waktu itu pergi ke puskesmas yang sesuai sama BPJS. Jadi memang puskesmas yang dekat rumah saja. Nggak perlu ribet atau pusing harus ke puskesmas mana. Kalau belum ada kartu BPJS, surat disabilitasnya dibuat di puskesmas terdekat.

Pastikan kita mesti tahu ya format surat disabilitas yang sesuai dengan ketentuan seleksi penerimaan CPNS-nya. Molzania sempat dua kali bikin surat. Pas pertama kali bikin, Molzania lupa mencantumkan jenis dan tingkat disabilitasnya. Cari-cari di google, ketemu surat dalam bentuk formulir pertanyaan. Jadi terpaksa bikin lagi.

Baca Juga:  Bukan Tokoh Utama, Sosok Wanita Disabilitas Tangguh Drakor Ini Menginspirasi

Pas datang yang kedua kali, Molzania malah disuruh bikin surat keterangan disabilitas sendiri di rumah. Pas di puskesmas, petugas tinggal mengisinya. Plus membubuhkan cap dan tanda tangan. Ini bisa jadi alternatif juga nih untuk kalian yang mau bikin surat. Sekaligus membantu petugas puskesnya. Soalnya musim pandemi gini, puskesmas kadang rame.

Keuntungan membuat suket disabilitas dari puskesmas, kita bisa request untuk minta tanpa expired. Bilang aja sama petugasnya gak usah pake tanggal kadaluwarsa suratnya. Molzania malah disuruh untuk pake surat keterangannya untuk seumur hidup. Hihihii.. artinya suratnya berlaku untuk selamanya. Nggak perlu minta lagi. Kalo bikin di RS dulu, mesti bayar. Masa berlakunya juga cuma tiga bulan saja. Ini berdasarkan pengalaman Molzania saja.

Mungkin bisa jadi berbeda tergantung kota tempat tinggal teman-teman. Peraturannya pun kadang berubah-ubah. Molzania saat ini tinggal di Palembang. Tahun 2019 dulu, Molzania malah ditolak pas mau bikin suket disabilitas di puskesmas. Tapi tahun ini nggak. Molzania malah ditolaknya pas bikin suket di RSMH Palembang. Katanya disuruh bikin di puskesmas aja. Kalo di RSMH, mesti minta surat rujukan dulu dari puskesmas.

CONTOH Surat Keterangan Disabilitas dari Puskesmas

Buat yang masih bingung dengan format surat disabilitas dari puskesmas. Berikut Molzania kasih contohnya. Pada dasarnya kata-katanya sama aja sih kayak surat dari rsmh dulu. Tapi diubah kop suratnya saja. Menyesuaikan dengan puskesmas mana yang kalian datangi. Molzania bikin dua jenis surat disabilitas. Surat pertama, tanpa keterangan derajat disabilitasnya. Nah yang kedua pakai format formulir.

contoh format surat keterangan disabilitas

Surat Keterangan Disabilitas jenis dan derajat disabilitas

Sobat kalau mau bikin, ya tinggal contoh aja sih kata-katanya kaya Molzania di atas. Nanti pas nyampe puskesmas, tinggal suruh petugasnya isi dan tanda tangan. Beres. Semoga bermanfaat ya. Mudah-mudahan bisa membantu sobat ikut seleksi CPNS atau penerimaan pegawai apa saja. Bila ada pertanyaan, silahkan tulis di bawah ya. Salam hangat Molzania. ^^

273 Views

Tinggalkan Balasan