Lomba,  Tips

Cara Cerdas Cegah Bersama Peredaran Kosmetika dan Skincare Palsu

Pengalaman pahit kecewa tertipu skincare palsu membuat Molzania kini lebih selektif. Ternyata nama besar e-commerce belum tentu jaminan mutu. Padahal sejak awal sudah mencoba untuk mengusahakan yang terbaik. Membeli hanya di tempat yang terpercaya, biarpun online. Alhamdulillahnya saat itu nggak terjadi apa-apa sama kulit wajah. Molzania masih beruntung tidak mengalami hal-hal yang membahayakan meski menggunakan produk palsu.

Setidaknya ada beberapa jenis kandungan berbahaya yang banyak terdapat dalam skincare dan kosmetik palsu, diantaranya ialah merkuri, hydroquinon, timbal, paraben, asam retinoat dan masih banyak lagi. Ada zat-zat di atas, seperti timbal dan paraben, yang masih aman bila digunakan hingga batas tertentu. Namun bahaya laten penggunaan kandungan berbahaya tersebut bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Ini yang menjadi salah satu kekhawatiran Molzania ketika terpapar produk kosmetika dan skincare palsu.

Bagi seorang wanita, belanja itu ibarat sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Menurut data yang dihimpun oleh Dailysocial dan eIQ, rata-rata perempuan mendominasi 61,6% pengunjung situs di 6 e-commerce terkemuka di Indonesia. Produk-produk kecantikan merupakan hal yang paling dicari oleh perempuan. Itu artinya pangsa pasar kategori “beauty” ini sangatlah menjanjikan. Tak jarang ini pula yang lantas dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melakukan kejahatan.

Baru-baru ini, tahun 2018 lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali merilis produk kecantikan berbahaya. Beberapa di antaranya diendorse oleh artis terkenal, sehingga kasus ini menjadi heboh di masyarakat. Terdapat 113 produk yang berhasil diidentifikasi oleh BPOM. Rata-rata produknya berasal dari negeri tetangga, meski ada juga yang dari Korea. Penemuan ini jelas membuat kita menjadi semakin waspada. Bisa saja korbannya diri sendiri atau orang-orang di sekitar kita.

Lebih Memilih Produk Asli, Meskipun Berharga Mahal

Molzania sering mendengar bahwa banyak beauty youtuber yang melontarkan pernyataan seperti di atas. Menurutnya ketimbang beli murah di online shop, mending beli mahal di tempat terpercaya atau official storenya langsung. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Molzania memang sempat tertipu karena lebih memilih harga produknya yang miring sekali. 

Source: Pixabay.com

Dulu itu Molzania belum tahu kalau di e-commerce yang besar sekalipun, banyak pula marketplace yang menjual produk palsu. Bahkan hingga saat ini, ketika Molzania searching produk palsu yang Molzania beli waktu itu di e-commerce yang sama, masih banyak pula yang menjualnya. Bukan hanya satu dua, melainkan ratusan. Artinya makin banyak yang menjadi korban masker palsu brand terkenal dari Jepang tersebut.

Meskipun demikian, sebenarnya ada nggak sih produk asli namun harganya terjangkau? Kisaran 150ribuan ke bawah? Jawabannya ADA. Solusinya kita menggunakan produk-produk lokal made in Indonesia. Banyak loh produk kita yang bagus dan harganya terjangkau. Mudah pula ditemukan di minimarket dan toko kosmetik. Lantaran belinya di minimarket, sudah pasti produknya asli dan barangnya bisa kita lihat sendiri.

Tapi balik lagi ngomongin skincare itu masalah cocok-cocokan ya. Molzania sendiri tidak bisa setia sama satu merk saja. Pasti dan akan selalu ada yang diperbaharui, karena kondisi wajah dan kantong yang berubah-ubah.

Antisipasi Skincare dan Kosmetika Palsu

Dapat info dari seorang teman sekarang BPOM udah ada aplikasi smartphone-nya. Tinggal download via Playstore atau Apple Store, kita bisa melakukan pencarian produknya. Aplikasinya tergolong ringan, dan cara pemakaiannya mudah. Kita bisa mengetikkan nama produsen, produk, atau langsung nomor registrasinya lalu mulai melakukan pencarian.

 

Contohnya saja ketika Molzania melakukan pencarian untuk produk “Laneige”, maka ada ribuan list yang tersedia. Kita bisa melihat data berupa nomor registrasi, nama dan jenis produk, hingga produsen dan nama perusahaan pendaftar. Sayangnya belum tersedia daftar komposisi bahan produknya. Untuk yang satu ini mungkin kita bisa melihat di kotaknya saja.
 

Selain kosmetik dan skincare, kita juga bisa melakukan pencarian nomor registrasi BPOM untuk produk lainnya. Betul-betul praktis dan mudah, bukan? Dengan memiliki aplikasi ini, kita sebagai konsumen tentunya akan merasa lebih aman. Kalau mau beli di online shop, kita tak akan lagi mudah tertipu.

 Zaman now memang serba canggih ya… mau ngapa-ngapain juga nggak sulit lagi. Semuanya serba online. Cantik di era milenial ya mesti gini dong. Cantik, tapi tetap harus cerdas.

Perhatikan Arti Kode BPOM-nya

Tahukah sobat kalau setiap kode BPOM memiliki arti dan fungsinya tersendiri? Sengaja dibuat seperti itu agar mudah dalam pengklasifikasian produknya. Selama ini mungkin banyak diantara kita yang nggak ngeh. Molzania sendiri selama ini baru tahu tiga saja kode BPOM, yaitu kode makanan MD dan ML. Alasannya sih, pertama kali ngeh dulu itu, karena sering beli snack di supermarket.

Arti kode MD itu untuk produk makanan dalam negeri. Sementara itu ML untuk produk makanan dari luar negeri.  PIRT untuk produk makanan asal UMKM. 

Iseng aja sih sebenarnya, eh, ternyata beneran gitu loh artinya. Nggak nyangka. Nah, sekarang mari kita belajar mengenal kode-kode BPOM lainnya, diantaranya sebagai berikut: 

 Mudah-mudahan artikel ini mampu mengedukasi kita semua. Sampai bertemu di artikel berikutnya. Salam hangat dari Molzania. ^_^ 

190 Views

20 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *