CARA MUDAH BLOKIR SMS BERLANGGANAN XL
Teknologi

Cara Mudah Blokir SMS Berlangganan XL Terbaru

CARA MUDAH BLOKIR LAYANAN SMS BERLANGGANAN XL TERBARU – Sobat pengguna XL yang pernah mengalami pulsa yang tiba-tiba berkurang secara perlahan? Baru isi pulsa, eh, tiba-tiba sudah habis saja.

Molzania sering sekali mengalami hal seperti ini dulu. Beberapa tahun lalu bahkan pernah komplain di dalam artikel Kompasiana dan juga blog ini. Molzania memanggilnya dengan nama sms parasit pulsa.

kesal pulsa habis

Ya, memang sms berlangganan ini merugikan sekali. Padahal nggak pernah sama sekali menyetujui untuk berlangganan. Seperti halnya parasit, sms premium ini menempel secara diam-diam tanpa kita daftar.

Awalnya nggak sama sekali curiga. Tapi makin lama, kok ya pulsa selalu hilang dalam beberapa hari secara gaib. Nah sekitar bulan Juni kemarin terulang kembali rupanya.

Akhirnya Molzania coba menghubungi customer service xl via 123. Kalau nggak salah, sekali nelfon csnya dikenai biaya Rp. 500. Ya udah deh daripada sakit hati pulsa habis melulu, ya mending telfon aja langsung.

Soal layanan pelanggan, XL lumayan lengkap. Mereka punya nomor customer service, sosial media hingga layanan chat. Untuk layanan chat, petugas cs XL punya panggilan tersendiri yaitu Maya.

 

Cara Mudah Blokir / UNREG Layanan SMS Berlangganan XL

Sebagai pengguna XL, Molzania sering mengalami kehilangan pulsa seperti ini. Dulu sempat bikin postingan komplain tentang hal tersebut.

Nelepon csnya, eh malah kita disalahin. Bilangnya kita yang nggak sengaja ngeklik iklan sewaktu browsing. Padahal sih Molzania sendiri nggak merasa.

pulsa habis dongkol

Molzania pun iseng cari cara buat menonaktifkan sms berlangganan. Akhirnya ketemu juga step by stepnya.

Baca Juga:  Solusi Transaksi Antar Bank Tanpa Biaya Administrasi

Jadi pertama sobat mesti tekan *123#. Nanti akan ada pilihan. Selanjutnya tekan angka 7 INFO.

Cara Mudah Berhenti SMS Berlangganan XL (1)

Berikutnya klik angka 1 yang akan mengarahkan kita ke Info Kartu XL-Ku. Di sana bakal ada tertera pilihan Stop Berlangganan. Sobat pilih menu nomor 3 itu.

Sesudah kita klik menu tersebut, akan ada berbagai pilihan paket internet dan sms berlangganan yang sudah aktif. Kebetulan Molzania nggak sedang berlangganan sms, yang terlihat hanyalah paketan internetnya saja.

Cara Mudah Berhenti SMS Berlangganan XL (2)

Sobat yang nggak merasa berlangganan sms atau paket internet, bisa mengklik sms atau paket apa saja yang ingin dihentikan. Setelahnya selesai deh, kita sudah berhenti dari sms berlangganan.

Cara cepatnya tekan saja langsung *123*7*1*3# biar gak pake ribet. Tinggal klik nomor layanan sms berlangganan atau paket internet yang ingin dihentikan.  

 

Cara Cek Transaksi Pemakaian XL

Beberapa bulan lalu Molzania sempat kebingungan. Kok ngecek pemakaian kartu XL via *123*7*1*5*1 ada transaksi mencurigakan.

Cara Cek Transaksi Pemakaian Kartu XL (1)

Cara Cek Transaksi Pemakaian Kartu XL (2)

Beberapa nomor yang tertera gak dikenal dan Molzania nggak merasa sedang berlangganan apapun.

Pulsa pun terkuras percuma. Akhirnya Molzania pun iseng menghubungi cs XL. Minta untuk diblokir seluruh sms berlangganan.

Dikatakan mbak csnya kalau Molzania kembali ‘tidak sengaja’ berlangganan sms parasit karena mengaktifkan pembayaran Google Play Store.

Memang Molzania menggunakan nomor XL untuk membayar pembelian di Google Play Store sih. Tapi Molzania pikir nggak ada masalah.

Ternyata begitu kita mengaktifkan nomor XL untuk membayar Google Play Store pake pulsa secara otomatis kita disuruh menggunakan sms berlangganan meski tanpa persetujuan.

Wah? Kalau begitu gawat banget ya. Hikz. Dengan suara yang tetap tenang, Molzania pun meminta mbak cs untuk menonaktifkan seluruhnya sms berlangganan tersebut. Padahal sih aslinya udah mengkel banget di hati.

Baca Juga:  NINJA XPRESS Review, Solusi Kirim Paket Tanpa Ribet

Mbak CS pun menuruti permintaan Molzania. Konsekuensinya, nomor XL Molzania nggak bisa lagi dipake buat bayar Google Playstore.

So What? Ya nggak masalah-lah. Molzania pun buru-buru menyetujui hal tersebut. Mbak cs pun memberitahu bahwa kita sebenarnya bisa memblokir layanan sms berlangganan XL seluruhnya. 

 

Cara Mudah Blacklist SMS Berlangganan XL

Caranya dengan menekan *500*8#. Di sana bakal ada tiga pilihan; berhenti berlangganan, blacklist dan open blacklist.

Untuk memblokirnya, tekan lagi angka 2 yang akan mengarahkan kita ke pilihan blacklist. Selesai!

Cara Blacklist SMS Berlangganan XL

Tujuan diblacklist ini supaya nggak ada lagi sms berlangganan yang jadi parasit pulsa kita. Konsekuensinya ya itu kita nggak bisa lagi bayar Google Playstore pake pulsa XL kita.

Cara ini nggak menghentikan sms aneh-aneh yang mengajak kita berlangganan sesuatu. Soalnya Molzania pribadi sih masih nerima sms toxic itu setiap hari walau udah diblacklist.

Fyuhh.. ribet juga sih kegiatan blokir dan memblokir sms berlangganan provider XL ini. Tapi hasilnya sepadan.

Hingga sekarang nggak ada lagi deh kejadian pulsa berkurang tanpa persetujuan kita. Semoga nggak terulang lagi kejadian seperti ini.

Hmm.. sebenarnya masih ada satu nomor lagi yang mengganggu. Yaitu nomor 33552. Ternyata kata Mbak CS XLnya, nomor 33552 itu nomor layanan sms banking Mandiri. Ya udah, nggak apa-apa kalo gitu. hehe..

Semoga artikel ini dapat membantu sobat-sobat ya untuk menghentikan layanan sms berlangganan penyedot pulsa. 🙂

240 Views

35 Komentar

  • Fanny_dcatqueen

    SMS langganan ini memang nyebelin banget sih. Hrsnya ya ga bisalah disangkutin gitu aja ke nomor kita tanpa persetujuan. Sama aja kayak mencuri dari pulsa kita ujung2nya.

    Indosatku sejak ga dipake utk pembayaran google play jd aman. Yg Telkomsel aku cuma pake utk nomor cadangan dan lgs aktifin paket internet. Ga pernah didaftarin utk macem2, jd seharusnya msh aman jg 😅. Suami nih yg pake XL. Hrs aku cek ntr.

  • Lidya

    Terima kasih infonya mbak, aku sempat kesal waktu itu gak berlangganan tapi terima terus akhirnya telp minta dihentikan. Nah ini skr mau hentikan punya suami soalnya terganggu banget. Gak usah telp juga bisa ya ternyata

  • lianny

    Wah berguna sekali infonya buat pengguna XL ya. Aku punya pengalaman sama, tapi bukan XL, gak tau kenapa, kok pulsa lama-lama jadi makin dikit saldonya. Akhirnya pergi ke counter langsung dan minta bantuan cs nya. Kata cs nya mungkin gak sengaja klik iklan di Facebook katanya, dan itu auto ngurangi pulsa, duh padahal gak ngerasa klik apapun. Yg penting sdh bereslah, jd harus rajin juga cek pulsa skrg, dulunya jarang ngecek pulsa hehe.

  • Nchie Hanie

    Nah sempet kesel juga kalo SMS berlangganan ini, dulu aku pake xl, sampe pada akhirnya selingkuh dulu ke providder lain. Belom paham banget cara blokir begini.
    Makasih infonya ya Maaak.

  • Oline

    Wah udah ditulisin lengkap ya runutannya.
    apakah efektif pakai step by step ini kita gakkan kena lagi sms yg berlangganan? karena dari yg aku baca2 suka ada provider yg tetep ngirimin sms berlangganan…
    Thanks for sharing..

  • Lisdha

    aku juga pernah mengalami pencurian pulsa ini mbak. dan pas telpon si maya juga dibilang hal serupa. Ya sebel tapi setidaknya si maya-nya ramah, jd nggak sampai adu argumen hehehe. Sejak pakai wifi, aku jd jarang isi pulsa. Skrg fungsi isi pulsa lebih untuk memperpanjang usia kartu

  • Ophi Ziadah

    Wah sharing bermanfaat bgt nih buat pengguna XL. Jaman digutak gini kadnag2 kita suka tanpa sengaja menyetujui akad2 yg kita ga merasa lakukan dan efeknya kyk gt ya. Jangan aku jg gt nih… Sms2 tang ting tung… Ga ngerti gmn ceritanya krnp slalu terima sms.
    Plus biaya ditanggung kita pula sbg penerima

  • halochichie

    Kebetulan no xlku pascabayar dan gak ada sms berlangganan ini tapi ini boleh ku jadikan referensi untuk teman-teman pengguna xl prabayar.

  • Helena

    “begitu kita mengaktifkan nomor XL untuk membayar Google Play Store pake pulsa secara otomatis kita disuruh menggunakan sms berlangganan meski tanpa persetujuan.”

    ih kok gitu sih, seenaknya. Nomer XL-ku juga pernah dipakai buat pembayaran Google Play Store tapi syukur deh ga ada sms parasit gini.

    • Molzania

      iyaa, itu kata csnya sih. makanya langsung minta dicabut tuh google play storenya. huhuu
      kronologinya yang aku bilang sama mbak csnya
      aku nggak merasa berlangganan terus pulsa berkurang karena sms parasit
      tapi terus dikasihtau sama mbak csnya itu gara2 aku sambungin nomornya sama google playstore.
      artinya otomatis sms parasitnya masuk gara2 aku pasang google playstore itu. 🙁

  • Dedew

    Iya memang ribet nih sms jebakan Betmen mbak..aku pernah mendadak langganan nada sambung lagu dangdut dooong beteee..untung habis pulsanya ngga pernah diisi ya ngga ada lahi

  • lendyagasshi

    Sama gak yaa…langkahnya sama provider lain?
    Ibukku juga niih…sering ketilep pulsanya.
    Lalu tiba-tiba telp bilang, “Kok Ibu belum pakai apa-apa…tiba-tiba pulsa nol, dek?”

    • Molzania

      nah kurangtau. molzania pake indosat selama ini aman2 aja sih. dulu pernah kejadian sama indosat tapi udah lamaa bgt .. pas masih sma klo gak salah.

  • Ira duniabiza

    Memang bikin ga enak banget ya mba.. kalau buat mutusin layanan yg ga kita perlukan malah ga segampang waktu daftar.. banyak yg ga fair gini sih emang.. but aniwei makasih banyak lho infonya mba.. membantu banget buat yg sering kena begini..

  • Leyla Hana

    Waduuh kok gitu ya? Jadi ga bisa bayar google Playstore lagi dong? Semua layanan operator kalo mau bayar google Playstore jadi dapat sms berlangganan ya? Harus cek-cek nih.

    • Molzania

      begitulah kata csnya. kalo udah diblacklist gak bisa daftar google playstore lagi. makanya sampe sekarang molzania juga gak pake2 lagi playstorenya

  • dietadeufi

    Wah ini yg saya cari nih, tapi saya yaa no XL. Saya cari yg nomor 3. Itu muncul terus pop up berlangganan. Kalau pas dipegang saya atau abang sih ga masalah, ini dipegang Adek, dia asal pencet aja. Hiks

Tinggalkan Balasan