BloggerDay 2022, Hari Para Bloger Kumpul Bareng Bloggercrony Community

thumbnail bloggerday 2022

Seneng banget waktu dapat email pemberitahuan kalau Molzania terpilih jadi peserta BloggerDay 2022. FYI, BloggerDay adalah event tahunan eksklusif milik Bloggercrony Community, komunitas bloger terpopuler di Indonesia, yang mengundang para bloger keren dari seluruh Indonesia. Tahu infonya dari Instagram @bloggercrony.

Pertama kali diselenggarakan pada tanggal 24 Februari 2015 bertepatan dengan kelahiran Bloggercrony Community sendiri. Tahun 2022 ini, BloggerDay sudah memasuki usia ke-7 tahun. Enggak afdal rasanya menyebut diri sebagai bloger, tapi belum ikutan acara ini.

Bacaan Lainnya

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh 🌺MOLZANIA🌺 (@molzania)

Berhubung sedang berada di awal tahun, biasanya memang banyak acara-acara seru yang diadakan oleh komunitas bloger. Nah saat #7thBloggercrony tahun ini, Molzania terpilih jadi salah satu dari 100 bloger peserta BloggerDay.

Wah, bahagianya. Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Ini acara BloggerDay dari Komunitas Bloggercrony Indonesia pertama yang Molzania ikuti. Dari 3 tahun lalu daftar, tapi enggak terpilih. Ternyata rezekinya baru tahun ini.

Kata beberapa teman bloger, acaranya bloger Indonesia ini meriah. Materi yang dibawakan narasumbernya bergizi. Banyak hadiahnya pula. Dua tahun ini diselenggarakan secara luring acaranya. Alasannya karena masih pandemi.

Awal Mula Kenal Sama Bloggercrony Community (BCC)

Sebenarnya BloggerDay bukan kegiatan pertama yang Molzania ikuti bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia. Sebelum pandemi, mereka sudah beberapa kali mengadakan acara luring di Palembang yang juga mengundang para bloger. Molzania kalau enggak salah pernah ikut dua atau tiga kali. Semua acaranya itu bergizi dan seru. Menambah wawasan dan pengetahuan kita sebagai narablog Indonesia.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh 🌺MOLZANIA🌺 (@molzania)

Oh ya, Bloggercrony Community itu komunitas bloger multiplatform di Indonesia yang didirikan tahun 2015. Pendirinya mbak Wawa alias mba Wardah Fajri dan suaminya Pak Satto Raji yang akrab dipanggil Pak Lur. Selain itu ada pula Mbak Anesa yang juga menjadi wakil pendiri sekaligus sekretarisnya. Mereka semua termasuk bloger senior di bidangnya masing-masing. Nah kita yang menjadi anggota komunitas ini mendapat sebutan BCC Squad.

Menurut kak Satto, Komunitas Bloggercrony Indonesia sudah melalui proses yang sangat panjang. Saat ini sudah terdaftar resmi sebagai komunitas di Kemenkumham. Penamaannya Bloggercrony berasal dari dua kata; bloger dan kroni. Dalam Bahasa Indonesia, kroni berarti kawan dekat yang mana istilah tersebut berkonotasi negatif. Makanya kata kroni diubah menjadi crony.  

Selain BloggerDay, komunitas bloger Indonesia ini punya banyak program untuk mendukung kegiatan dan aktivitas menulis blog. Ada Blogger Hangout, ajang hangoutnya para bloger yang rutin diselenggarakan setiap bulannya. Setelahnya ada pula Blogger Preneur yang menampung usaha-usaha para member bloger.

Selain itu komunitas ini juga punya program Blogger View. Program ini memberikan kesempatan bagi BCC Squad untuk terlibat dengan kegiatan BCC dan berbagai perusahaan atau brand. Tidak hanya itu, komunitas narablog ini juga memiliki kegiatan berbagi rezeki untuk anak yatim piatu dalam BloggerCare. Lengkap banget ya.

 

 

Bergabung dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia akan memberikan manfaat yang positif. Bermula dari grup Facebook, Molzania jadi punya networking yang luas. Di sana, grupnya lumayan aktif. Bisa setor tulisan blog untuk promosi, mengobrol bareng temen-temen bloger, dan banyak lagi.

Baca Juga:  Belanja di Qlapa Majukan UMKM Indonesia

Meskipun kegiatan bloger rata-rata, kan, banyak di dunia maya. Maklum, bloger daerah seperti Molzania ini susah kalau mesti ke Jakarta. Padahal komunitas bloger Indonesia kebanyakan di sana.

Seseruan BloggerDay 2022, Bertabur Ilmu dan Hadiah

Pertama dapat kabar terpilih jadi peserta saja sudah seneng betul. Dikabarin lagi kalau bakal dapat hadiah merchandise buat kenang-kenangan. Wah penasaran isinya apa? Sayangnya hadiahnya baru datang H+1 acara. Isi merchandise yang Molzania dapet ialah kantong belanja daur ulang, masker, tempelan kertas sama pin. Semua suvenir dan hadiah kaos yang dibagikan oleh Bloggercrony Community buatan Cera Production.

Merchandise Eksklusif BloggerDay 2022
Merchandise eksklusif BloggerDay 2022. Dapat banyak hadiah.

Jadi Cera Production itu perusahaan yang bergerak di bidang jasa produksi. Mereka membuat berbagai suvenir kantor, premium gift set, seminar kit kantor, seragam kerja dan percetakan untuk kantor swasta dan instansi. Saat ini Cera Production telah ada di 13 kota di Indonesia. Mereka juga telah dipercayai oleh lebih dari 350 kantor dan perusahaan selama 10 tahun lebih berdiri di sini.

Ketua BloggerDay tahun ini dipegang oleh kak Akbar Muhibar. Ulang tahunnya Komunitas Bloggercrony Indonesia tahun ini seru banget. Para undangan diajak berdiskusi tentang banyak hal. Mulai dari bincang tentang teknologi, dunia blog, hingga sesi pengembangan diri bersama psikolog. Enggak kebayang kalau acaranya luring, pasti bakal lebih seru.

Kak Akbar Muhibar, Ketua BloggerDay 2022
Penampakan Kak Akbar Muhibar, Ketua BloggerDay 2022.

Mudah-mudahan pandemi segera berakhir. Biar tahun depan, semua bloger bisa kumpul bareng secara langsung! Oh ya, kru BCC syutingnya dari Hotel Aston Simatupang Jakarta. Hotel ini menyediakan internet cepat dan fasilitas rapat yang super keren!

Bincang Teknologi Metaverse Terbaru yang Buat Dunia Jadi Serba Virtual 

Merindukan momen di mana nantinya kita bisa menjelajahi luar angkasa dan melakukan berbagai aktivitas hanya dengan menggunakan perangkat jemala virtual atau kacamata komputer? Nah teknologi metaverse memungkinkan kita untuk memasuki dunia serba virtual yang juga terkoneksi dengan dunia nyata.

Untuk diketahui, teknologi Metaverse adalah teknologi terbaru yang saat ini sedang dikembangkan oleh Facebook. Perusahaan milik Mark Zuckerberg berambisi bahwa ini akan menjadi realita yang akan kita hadapi di masa depan.

Tidak tanggung-tanggung, menurut laman CNBC Indonesia, berbagai perusahaan mulai dari Apple, Microsoft, Google telah mulai merilis perangkat lunak dan keras untuk mendukung dunia baru ini. Bahkan saat ini, berdasarkan situs Merdeka.com, pemerintah Indonesia pun sedang merampungkan ibu kota negara baru yang terintegrasi pula dengan dunia Metaverse.

Sebagai pencinta teknologi, Molzania merasa ngeri ngeri sedap. Iya, pada dasarnya teknologi Metaverse dibuat untuk memudahkan umat manusia. Tetapi di sisi lain, keberadaan teknologi juga akan memberikan dampak negatif. Belum lagi dari sisi keuangan, pasti hanya akan menguntungkan kelompok tertentu.

Hal inilah yang dibahas pada materi pertama dari diskusi BloggerDay 2022 kemarin. Temu bincang soal Metaverse kali ini dikomandoi oleh kak Fawwaz Ibrahim, yang juga jadi manajer sumber daya manusia Bloggercrony Networks (BCN). Menghadirkan dua orang narasumber yaitu Bapak Tuhu Nugraha, seorang konsultan dan pelatih Bisnis Digital, dan Bapak Anwari Natari yang berprofesi sebagai editor dan dosen Bahasa Indonesia.

Sesi Webinar Tentang Metaverse
Sesi Webinar Tentang Metaverse bersama Anwari Natari dan Tuhu Nugraha.

Diskusi soal Metaverse ini bisa dibilang seru banget dan jadi sesi favorit Molzania. Kedua pakar membahas dari dua sisi; positif dan negatif. Bagaimanapun nantinya jika teknologi ini berhasil diwujudkan sepenuhnya, pihak yang menggunakan pertama kali tentunya generasi muda. Khususnya generasi Z dan Alfa.

Tugasnya kita sebagai milenial hendaknya bisa memberikan edukasi dan pemahaman yang menyeluruh pada generasi yang lebih muda. Untuk itu, kita tidak boleh lengah terhadap perkembangan dunia teknologi apapun bentuknya. Kaum milenial mesti melek dan tidak menganggap remeh kehadiran Metaverse.

Baca Juga:  Pahlawan Dunia Akhirat

Kalau di masa sekarang saja, kehadiran teknologi internet di era 4.0 sudah bisa memberikan dampak negatif ke generasi muda. Sebut saja pornografi, kata-kata kasar, perundungan hingga kejahatan seksual. Maka bukan tidak mungkin, kehadiran Metaverse bisa memperparah hal tersebut.

Soalnya Metaverse tak lagi memberikan kita batasan dalam berinteraksi dengan semua orang. Kita bisa melakukan kegiatan bekerja, belajar dan bermain di dunia serba virtual itu. Nantinya semua benda yang kita lihat di dunia nyata akan dipindahkan ke dunia Metaverse. Ibaratnya Metaverse ini akan menciptakan dunia barunya sendiri.

Di masa depan jika teknologi ini benar terwujud, akan ada banyak perubahan yang membuat kita manusia harus kembali beradaptasi. Mungkin salah satunya revisi Undang-Undang ITE untuk menampung banyak pelanggaran yang bakal terjadi.

Boleh jadi hanya ada satu hal yang tak bisa berubah yaitu terkait aturan beragama. Terutama menyangkut agama Islam. Meski Arab Saudi meluncurkan Kakbah dan Masjidilharam virtual yang diperuntukkan sebagai simulasi. Namun bukan berarti kegiatan ibadah dan haji bisa dipindahkan pula ke dunia Metaverse.

Berbagi Pengalaman dengan Narablog Senior Indonesia

Berikutnya acara dilanjutkan dengan sesi berbagi pengalaman dengan dua narablog senior di Indonesia. Ada Bapak Matahari Timoer, pemilik blog mataharitimoer.com dan Joe Chandra, pemilik blog joechandra.com. Mereka bisa dibilang senior karena udah bertahun-tahun konsisten jadi bloger.

Sesi Webinar Bareng Blogger Suhu
Sesi webinar tentang pengalaman menjadi bloger bareng Pak Matahari Timoer dan Joe Chandra.

Bapak Matahari Timoer sudah menulis di blog dari tahun 2000-an. Beliau banyak mengangkat isu politik dan sosial dalam tulisan blognya. Sejak awal menjadi bloger, tidak mau memasang tarif pada blognya. Beliau lebih suka menulis, ketimbang menjadikan blog sebagai ladang penghasilan.

Bernama asli Eddy Prayitno, pria yang juga akrab disapa MT mengistilahkan dua kriteria bloger; bloger habit dan bloger karier. Sesuai istilahnya, bloger habit menjadikan menulis di blog sebagai hobi atau rutinitas harian. Tak ada yang salah dari keduanya. Tergantung komitmen dan konsisten dalam menjalaninya.

Disamping menjadi bloger, Pak MT ikut serta memberdayakan warga sekitar lingkungannya. Beliau banyak berperan dalam pembentukan situs jurnalisme warga bernama balebengong.id.

Sesi Webinar Bareng Pak Matahari Timoe
Sesi Webinar Bareng Pak Matahari Timoer. Dikira nama asli, tidak tahunya nama pena.

Melalui situs itu, Pak MT bersama rekan-rekannya mengajak warga Bali untuk menjadi bloger yang melaporkan semua informasi tentang Bali. Tidak usah takut untuk menyampaikan kritik sosial untuk pembangunan daerah.

Aksinya berhasil memikat banyak warga Bali untuk bergabung menjadi jurnalis warga. Saat ini balebengong pun menjadi situs yang aktif menyuarakan isu sosial dan budaya khususnya di provinsi tersebut.

Beda lagi dengan Joe Chandra. Biarpun usianya jauh lebih muda dari Pak MT, tetapi pengalamannya dalam mengikuti lomba blog sangatlah banyak. Joe sudah memenangi banyak lomba blog. Pokoknya Molzania sendiri salut sama anak muda yang satu ini.

Dalam kesempatan tersebut, Joe menceritakan pengalamannya dalam mengikuti lomba menulis blog. Tidak hanya itu, dia juga berbagi tips kepada bloger lainnya bagaimana supaya tulisan kita bisa dilirik oleh juri.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh 🌺MOLZANIA🌺 (@molzania)

Menurutnya, kita mesti banyak belajar dan membaca tulisan-tulisan mereka yang sudah lebih dulu menang. Selain itu kita mesti tahu penyelenggara apa dan jurinya itu siapa. Dari situ kita bisa menentukan gaya tulisan lomba yang akan kita buat.

Perhatikan pula soal desain dan pemilihan warna. Sesuaikan dengan warna yang dipakai brand selaku penyelenggara. Terakhir jangan lupa untuk terus belajar menulis. Ajak orang lain atau teman yang dirasa lebih jago dan berpengalaman untuk membaca tulisan kita, lalu minta pendapat mereka.

Baca Juga:  [Mozaik Blog Competition 2014] Aku Bangga Menjadi Penulis

Gali Potensi dan Mengembangkan Diri Pada Usia Dewasa

Meskipun biasanya tutorial menggali potensi dan pengembangan diri menyasar kaum remaja dan dewasa muda. Tapi rata-rata bloger saat ini, banyak yang sudah memasuki usia milenial alias dewasa aktif. Maka dari itu, Bloggercrony Community mengundang praktisi psikologi pendidikan asal Palembang, mbak Tsurayya Zain untuk memberikan edukasi dan pencerahan.

Sesi sharing dengan psikolog
Sesi berbagi ilmu dengan praktisi psikologi pendidikan tentang cara menggali potensi pada usia dewasa.

Berdasarkan data Indonesia Career Center Network tahun 2017, sebanyak 87 persen mahasiswa merasa salah jurusan kuliah, dan 71,7 persen pekerja bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan pendidikannya. Inilah mengapa penting banget untuk kita mengenali diri sendiri, meski sudah memasuki usia dewasa.

Untuk itu terlebih dahulu kita mesti menentukan minat dan motivasi diri sendiri. Terkait dengan ini, ada 3 unsur yang memengaruhi minat seseorang; faktor internal yang berasal dari kepribadian diri, faktor eksternal yang berasal dari orang sekitar dan faktor emosional berupa pengalaman yang melekat.

6 Tipe Kepribadian menurut John Holland, sobat tipe yang mana?

Menurut mbak Tsurayya, ada total 6 buah kepribadian yang dimiliki oleh manusia. Masing-masingnya bisa memengaruhi minat dan bakat seseorang. Setiap orang hendaknya tidak usah takut dan ragu mencoba berbagai hal. Hingga dia berhasil menemukan potensi yang dimilikinya dan #ScaleUpYourSkill.

Seperti halnya pengalaman yang dimiliki Mbak Ayya sendiri. Sehabis menikah, beliau merantau ikut suami ke Palembang. Di kotanya yang baru ini, Mbak Ayya kebingungan dalam mencari pekerjaan. Ibu muda lulusan S2 ini sudah melamar di banyak perguruan tinggi, tapi belum ada yang menerima.

Mengenal Bakat dan Minat untuk Menggali Potensi Diri
Bagaimana cara mengenali bakat dan minat untuk menemukan potensi diri?

Akhirnya mbak Tsurayya bergabung di komunitas bloger yang ada di kota Palembang. Dari situ, beliau pun menemukan potensi sebagai bloger yang menulis tentang pendidikan anak dan pola asuh. Dari blognya, wanita itu pun mulai melakukan penjenamaan diri. Kini, mbak Tsurayya dikenal sebagai bloger dan konten kreator yang membahas isu pendidikan anak.

Dari contoh di atas, Mbak Ayya menerapkan pikiran yang bertumbuh. Dengan memiliki pemikiran yang bertumbuh, maka kita akan senantiasa memperbaiki diri dan belajar dari kesalahan. Selain itu kita tidak akan gampang putus asa dan percaya diri bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Growth Mindset vs Fixed Mindset
Dengan memiliki pemikiran yang bertumbuh, seseorang tidak akan mudah putus asa.

Semua Senang, Semuanya Menang

Menariknya di sela-sela acara, Komunitas Bloggercrony Indonesia juga bagi-bagi rezeki untuk para peserta. Mulai dari undian, hingga kuis berhadiah. Awalnya Molzania tidak begitu mengharapkan dapat hadiah. Soalnya jarang beruntung di sistem undian. Nama Molzania jarang keluar sebagai pemenang. Ada yang senasib sama Molzania?

Tapi ternyata Molzania menang menjadi pemenang dari lomba share materi acara Instagram Story. Hadiahnya uang digital sebesar Rp. 50.000. Alhamdulillah, lumayan untuk jajan bakso. Ha ha. Ternyata semua peserta dapat hadiah. Minimal kebagian uang digital Rp. 25.000.

Menang lomba Instagram Story. Alhamdulillah.. .
Menang lomba Instagram Story. Alhamdulillah.. .

Belum lagi ada pula lima peserta yang dapat kaos eksklusif BloggerDay 2022. Oh iya, pada saat acara juga diumumkan penghargaan Most Wanted Blogger 2022. Pemenangnya yaitu Mbak Dewi Puspasari dari bloger perempuan pemilik situs dewipuspasari.net. Penghargaan ini diberikan pada bloger yang rutin menulis blog dan membagikan tulisannya di grup Facebook Bloggercrony.

Mbak Dewi sudah memulai ngeblog sejak 2008, dan terus menulis setiap hari. Saat ini sudah ada sekitar 1500 lebih tulisan di blog pribadinya. Masya Allah! Inspiratif sekali. Enggak heran bisa menjadi pemenang Most Wanted Blogger 2022. Semoga Molzania bisa menyusul tahun depan. Amin.

Blog milik mbak Dewi Puspasari
Laman blog milik mbak Dewi Puspasari. Konsisten menulis, berbuah manis.

Kemesraan ini janganlah cepat berlalu. Kemesraan ini akan kukenang selalu. Kira-kira beginilah senandung dalam hati Molzania. Keseruan BloggerDay 2022 akan jadi kenangan manis. Semoga tahun depan bisa berpartisipasi kembali. Sukses selalu untuk Komunitas Bloggercrony Indonesia dan kita semua! ^^

1,780 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 Komentar

  1. Wah acara BloggerDaynya meriah sekali ya kak. Isinya daging semua tuh sharring para narasumbernya. Keren Saya juga ikut tuh BloggerDaynya. Asli kece abis

  2. wahhh seru banget ya mbak, aku ga bisa move on juga nih
    ilmu yang didapet banyak, ehh masih dapet doorprize juga
    semoga tahun depan bisa offline ya, dan aku bisa ikutan, dan bisa ketemu temen temen yang lain secara langsung

  3. Wah asik banget mbak bisa ikutan acara keren ini, aku jadi ikutan seseruan saat baca tulisanmu yang enak dibaca, jelas, dan pastinya gak pelit berbagi informasi, terutama materi gimana supaya tulisan dilirik juri. Good..