Diary

Berusaha Menjadi Lebih Professional

Kalau dulu, sewaktu awal-awal ngeblog, target ngeblog Molzania ialah terus konsisten menulis. Semenjak satu tahun belakangan ini, Molzania bertekad menjadi full time blogger. Full time artinya bertindak sebagai seorang blogger professional. Bukan lagi sebatas menulis karena hobi semata.

Salah satu ciri blogger professional ialah terus menerus belajar. Apapun. Tentunya yang berhubungan dengan blogging dan semisalnya. Tema blog ini berfokus pada konten dengan niche tekno, blogging dan perempuan. Semua itu dirangkum menjadi tentang gaya hidup atau lifestyle.

Setelah menasbihkan diri sebagai blogger professional, Molzania menyadari satu hal. Ternyata masih banyak banget yang harus dipelajari. Konsiten menulis tidaklah cukup. Menghasilkan konten yang berkualitas ternyata tidaklah mudah. Ada banyak godaannya.

Terkadang Molzania masih mempertanyakan kapasitas diri. Benarkah sudah menjadi professional? Sejauh mana ilmu blogging Molzania sendiri? Bukankah menjadi professional berarti blognya harus bagus? Dalam artian kontennya harus panjang, masuk halaman pertama Google, memiliki jutaan pengunjung, gajian Adsense tiap hari, dan segala hal keren lainnya.

Oh, tentu bukan yang seperti itu sobat. Molzania menganggap professional lebih kepada komitmen. Komitmen untuk terus-menerus menggali ilmu. Percuma kalau blogger pro yang memiliki ciri-ciri di atas, tetapi kemudian tidak memperbaharui ilmunya. Teknologi termasuk salah satu hal yang terus-menerus berubah.

Tidak hanya di dunia maya, blogger professional juga harus membangun networking. Ini yang sedang Molzania lakukan selama setahun belakangan. Molzania berusaha mengenal lingkungan blogger dari dekat. Berteman dengan para blogger hebat membuat Molzania belajar banyak dari mereka. Jika berbatas jarak, maka sosial media bisa menjadi perantara meski tidak bertatap muka.

Tahun depan, masih ada banyak ilmu blogging yang ingin Molzania explore lebih jauh. Saat ini targetnya ialah membangun blog baru dengan niche yang lebih spesifik. Sudah dibuat. Tinggal dipraktekan dan digali lagi ilmunya. Mohon doakan agar istiqomah! Molzania sungguh bukan apa-apa daripada blogger hebat lainnya. Tapi belajar dan mencoba menjadi blogger hebat, siapa tau ilmu mereka bisa ikutan nular.  ^_^

70 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *