Wajib Tahu! 20+ Bakery dan Toko Kue Halal MUI di Indonesia

Bakery dan Toko Kue Halal MUI di Indonesia

DAFTAR BAKERY / TOKO KUE HALAL MUI – Mengonsumsi makanan halal menjadi kewajiban bagi seorang muslim. Apapun kulinernya, halal wajib bahan dan cara pembuatannya. Termasuk juga dalam menikmati sajian manis seperti roti dan kue.

Beruntung di Indonesia, sudah ada lembaga halal BPKH yang berkerjasama dengan MUI. Kehadiran lembaga tersebut, bertanggungjawab atas pengawasan serta pendaftaran kuliner dan restoran yang berstatus halal.

Bacaan Lainnya

ilustrasi toko roti dan kue halal mui

Beberapa tahun lalu, Molzania sudah sempat bikin artikel mengenai daftar restoran Jepang yang halal MUI. Pun restoran Korea halal untuk membantu sobat muslim pembaca blog ini. Senang sekali rasanya bisa membantu teman-teman semua!

Daftar Bakery dan Toko Kue Halal MUI di Indonesia

Holland Bakery

Sewaktu Molzania kecil, nama toko kue Holland Bakery sudah populer. Ternyata ini termasuk bakery legendaris di Indonesia. Dulunya sempat mengira ini bakery kepunyaan Belanda. Ternyata kepunyaan orang Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1978.

Toko roti dan kue Holland Bakery menjual berbagai jenis roti dan kue favorit orang Indonesia. Ada lebih dari 450 outlet di bumi pertiwi.  Alhamdulillah! sudah mengantongi Halal MUI juga, jadi muslim Indonesia bisa membelinya tanpa merasa khawatir.

Tous Les Jours

Siapa sangka waralaba Bakery Tous Les Jours ternyata berasal dari Korea Selatan. Gerainya sudah ada sebanyak 1300 buah di wilayah Asia dan Amerika. Dalam Bahasa Korea, bakery ini diucapkan namanya menjadi Tulejure.


Tous Les Jours berdiri pada tahun 1996, namun toko pertamanya baru dibuka setahun setelahnya. Di luar Korea, ada sekitar 124 toko yang tersebar di 8 negara. Alhamdulillah! Di Indonesia, bakery ini sudah halal MUI dengan nomor sertifikat 17200015341214.

Majestyk

Majestyk merupakan toko kue asli Medan yang sudah berdiri sejak tahun 1976. Saat ini sudah tersebar di 5 lokasi di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Surabaya,  Medan, Bali dan Cirebon.

Mengklaim diri sebagai spesialis kue bika ambon, roti tawar, roti isi, dan lapis legit. Toko kue halal MUI milik Ibu Farida ini sudah mempunyai 50 buah outlet di Indonesia.

Dea Bakery

Dea Bakery merupakan bakery halal MUI asal Malang. Sudah beroperasi sejak tahun 2009. Saat ini sudah ada 29 outlet yang tersebar di Jawa Timur, Sumatera Barat, dan Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dea Bakery (@deabakery)

Pemiliknya yang bernama Ibu Dea mengaku awalnya dia merintis bisnisnya dari toko bahan kue. Lalu bisnisnya mulai berkembang menjadi toko kue, setelah ia mulai menerima pesanan kue untuk banyak acara.

Baca Juga:  Kuliner Langka Wong Kito Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia

Exquise Pattiserrie

Satu lagi toko roti dan kue ala Perancis buatan Orang Indonesia. Namanya Exquise Pattiserrie. Kita bisa menemukan bakery halal MUI ini di 4 tokonya di Jakarta. Menjual berbagai aneka bistro camilan manis khas negara Perancis.

Exquise Pattiserrie toko kue halal yang didirikan oleh Andrye Setiawan sejak tahun 2014. Nomor sertifikat MUInya yaitu 00200116230321.

Beard Papa’s

Beard Papa’s beneran toko kue halal MUE asal Jepang kesukaan Molzania. Meski sempat dikabarkan bangkrut, namun Alhamdulillahnya masih tetap eksis sampai sekarang. Molzania biasa membelinya di bandara apabila ke Jakarta. Sekalian buat oleh-oleh tentu saja.

Beard Papa's toko kue halal mui indonesia

Kue kesukaan Molzania tentu saja krim puff isinya yang lembut dan nikmat. Ternyata di luar negeri, kue ini juga menjadi favorit. Terbukti sudah ada 400 gerai yang tersebar di 15 negara. Di negara asalnya, mereka juga punya 250 toko.

Roti Boy

Siapa sih yang tak kenal sama Roti Boy? Bakery ini di Indonesia sudah lumayan populer. Banyak orang yang menyukai roti kopi isi menteganya yang wangi itu, loh. Kini roti ini sudah Halal MUI.

Tahu tidak ternyata Roti Boy ini perusahaan roti asal Malaysia? Didirikan oleh Pak Hiro Tan, kini Roti Boy sukses dengan 100 gerainya yang tersebar di wilayah Asia.

The Harvest Bakery

Berikutnya ada The Harvest Bakery. Toko kue yang satu ini juga favorit Molzania. Cabangnya sudah lumayan banyak di Indonesia. Menjual berbagai macam kue cantik dan roti manis kesukaan kita semua.

Alhamdulillah tahun 2020 ini, The Harvest Bakery ini menjadi toko kue terfavorit versi Top Brand Award. Nggak salah, soalnya sudah mengantongi sertifikat Halal MUI. Jadi makin cinta deh..

Roti Gembul

Roti Gembul ini adalah toko roti asli dari Pontianak. Di kota tersebut, sudah ada sekitar 6 cabang Roti Gembul. Menjual roti sisir beraneka isian dan topping. Tokonya sudah ada sejak tahun 2018.

Telah berdiri selama empat tahun, Ternyata toko roti lokal ini sudah mengantongi sertifikat Halal MUI. Menurut Instagramnya, roti gembul merupakan anak usaha dari yayasan Masjid Kapal Munzalan.

D’ Crepes

Dari pertama kali hadir di kota Palembang, Molzania sudah suka sama D’ Crepes. Ini jajanan wajib beli kalau ke mall. D’ Crepes pelopor crepes di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1996. Pertama kali tokonya dibuka di Plaza Senayan, Jakarta.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dcrepes Official (@d_crepes)

Suka banget sama tekstur crepesnya yang garing dan besar. Toppingnya juga banyak pilihan rasanya. Sekarang mereka punya varian asin dan manis. Syukurlah D’ Crepes sekarang sudah Halal MUI. Seneng banget, deh.

Waroeng Snoepen

Bagi sobat yang tinggal di Kota Bandung, sobat bisa pergi ke Warung Snoepen. Bakery rumahan ini sudah berdiri sejak tahun 2015. Awalnya ada di dekat Kantor Polisi Sukasari. Namun pada tahun 2016, pindah ke daerah Pondok Hijau.

Baca Juga:  Dengan Sariwangi Jumbo Momen Kumpul Keluarga Besar Jadi Spesial

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Waroeng Snoepen (@wsnoepen)

Pemilik toko roti halal ini bernama Djaka & Prima. Mereka berdua mengembangkan bisnis roti dan kue berbekal pengalamannya tinggal di luar negeri. Toko ini menjual aneka pastry, roti dan sandwich. Roti dan kue buatannya menggunakan mentega dari Perancis, Belgia dan New Zealand.

Roti ‘O

Roti ‘O pelopor rotiboy di Indonesia. Favorit Molzania jelas roti topping kopi isi menteganya, yang hadir dengan rasa yang gurih dan manis. Kita bisa menemui toko roti ini di mall-mall. Mereka punya lebih kurang 680 outlet di sini.

Gak cuma rotiboy, mereka jual pastry dan minuman kopi juga. Di Kota Palembang, lumayan banyak nih storenya. Alhamdulillah Roti ‘O kini juga sudah Halal MUI.

Kayu Manis Baked Goods

Kayu Manis Baked Goods adalah bakery yang berlokasi di daerah Ciputat, Tangerang.  Menjual berbagai macam cinnamons rolls dengan aneka isian. Makanya nama toko bakerynya Kayu Manis Baked Goods.

Harga cinnamons rolls di sini bervariasi. Mulai dari Rp. 10.000 saja. Toko bakery ini sudah memiliki logo Halal MUI dan memiliki surat izin edar dari Dinkes.

Dapur Cokelat

Bagi sobat pencinta cokelat, ada nih toko bakery halal yang khusus untuk menjual cokelat. Namanya Dapur Cokelat yang sudah ada sejak tahun 2001. Pemiliknya seorang perempuan bernama Ermey Trisniarty.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dapur Cokelat (@dapurcokelat)

Ibu Ermey mengaku kepada Kompas.com sudah sangat menyukai cokelat dari kecil. Dia pun merintisnya dengan bersekolah kuliner. Lalu menimba ilmu pattiserrie ke luar negeri sejak 2005. Saat ini toko bakery Dapur Cokelat sudah halal MUI.

Chocomory

Chocomory adalah pusat oleh-oleh khas Bogor milik Cimory. Molzania sudah pernah mereview sedikit tentang toko kue halal ini. Bisa dibaca di artikel Cimory Mountain View.

Tidak cuma menjual merchandise, Chocomory juga aneka camilan manis dan bolu kukus bermotif sapi. Alhamdulillah, Chocomory sudah ada logo halal MUI. Jadi kita yang muslim bisa menikmatinya.

Bread Life

Bread Life adalah toko bakery lokal yang sudah ada sejak tahun 2010. Saat ini cabangnya sudah tersebar di 9 kota di Indonesia.

Kita bisa membeli aneka roti dan minuman favorit. Toko roti ini mengusung konsep roti ala-ala Jepang. Rasanya enak dan banyak variannya.

Tsabita Halal Bakery

Nama toko bakerynya sudah halal, masa iya belum punya logo Halal MUI? Ternyata Tsabita Halal Bakery ini toko roti yang ada di Solo. Sudah berdiri sejak tahun 2003. Hmm.. lumayan lama juga, ya?

Tsabita Halal Bakery menjual bermacam-macam roti dan cake seperti cake kenari, bolen blondo, muffin cincin, bolen keju, dan banyak lagi. Sobat yang kebetulan ada di Solo, bisa langsung mampir nih..

Baca Juga:  Big Lunch Ayam Goreng Madu di Kkuldalk Palembang Icon Mall

Amor Cakes & Bakery

Amor Cakes adalah toko bolu halal dari Sukabumi. Pemiliknya bernama Ridwan Darussalam. Saat ini sudah ada sekitar 26 outlet Amor Cakes & Bakery yang ada di 4 kota; Jakarta, Bogor, Depok dan Sukabumi.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Amorcakes & Bakery (@boluamor)

Di sini dijual aneka roti, keik, bolu, donat dan camilan manis lezat lainnya. Toko kue halal lokal ini sudah berdiri sejak tahun 2010.

Animo Bakery

Satu lagi toko roti halal di Jakarta. Toko roti lokal ini sudah memiliki banyak cabang di daerah Jabodetabek. Menjual aneka roti, donat, pastry, dan minuman.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh FLIP BURGER (@flipburger_id)

Konsep toko roti ini lumayan unik. Soalnya menyebut dirinya sebagai Animo Bread Culture Bakery. Meskipun demikian, sobat muslim bisa menikmati aneka camilan roti di sini dengan leluasa.

Bolu Bakar Tunggal

Sesuai dengan namanya, kuliner yang dijual di toko kue Bolu Bakar Tunggal tergolong kekinian. Namanya bolu bakar. Saat ini outletnya banyak di wilayah Bandung dan sekitarnya.

 

Jadi bolunya itu dibikin kayak roti tawar, lalu dipanggang. Kita bisa request isian dan topping sesuai selera. Bandung memang surganya kuliner unik.

Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriang adalah nama toko kue Bogor yang sudah halal MUI. Di sini kita bisa membeli aneka rasa lapis talas khas kota hujan. Tergolong makanan kekinian yang jadi hits. Saat ke Bogor, Molzania tak lupa membeli kue di sini.

Jualanannya cukup beragam. Kue lapis Bogornya enak dan lembut. Ada berbagai macam rasa dan topping. Molzania paling suka lapis bunder coklat dan lapis talas keju. Yummy..

Roti Unyil Venus

Sama seperti Lapis Bogor Sangkuriang, Roti Unyil Venus juga ada di Bogor. Roti unyil sebenarnya sama seperti roti pada umumnya. Tapi bentuknya itu mini, sehingga tampilannya super gemoy.

Roti Unyil Venus tidak hanya menjual roti unyil berbagai rasa. Kita bisa membeli pia, donat, bolen dan roti jenis lainnya. Roti unyilnya dijual mulai dari harga Rp. 1.700 per potong.

Bolu Kukus Siliwangi

Boleh dibilang, bolu kukus Siliwangi adalah bolu khasnya Pasundan yang sudah go nasional. Soalnya kini cabangnya udah ada 19 tersebar di kota-kota besar. Termasuk Kota Palembang.

Sempet jadi langganan para jastipers, bolu kukus Siliwangi lembut dan wangi. Rasa susunya kerasa banget. Tersedia juga dalam aneka rasa dan topping.

Inlilah nomor sertifikat dan tanggal kedaluwarsa masa berlakunya:

Daftar bakery dan toko kue halal MUI di atas akan terus diperbaharui secara berkala. Jadi bagi sobat yang tahu info bakery dan toko kue yang halal MUI, mohon beritahu Molzania di kolom komentar ya. Makasih. ^^

130 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *