Teknologi

Aplikasi Game Balita Belajar Puasa Ramadan

Belajar puasa lewat games? Why not? Setelah kemarin Molzania membahas tips belajar puasa untuk balita, nah sekarang Molzania akan membahas tentang aplikasi games belajar puasa untuk balita. Tips dari Molzania kemarin ialah memperkenalkan puasa pada balita dengan cara yang menyenangkan. Baca Juga: Tips Mengenalkan Puasa untuk Balita

Emang ada? Molzania iseng liat Playstore. Ternyata ada beberapa aplikasi games seru untuk belajar puasa untuk balita. Gamesnya lumayan menyenangkan dan mudah dimainkan balita. Penasaran? Berikut beberapa diantaranya:

1. Marbel Spesial Ramadhan

Game ini merupakan game interaktif yang cocok untuk balita usia 3 tahun ke atas. Asli buatan anak bangsa. Pengembangnya Educa Studio perusahaan games asal Jawa Tengah. Didirikan oleh Andi Taru, jebolan IT dari Kota Salatiga. Games Marbel ini aslinya terdiri dari beberapa seri. Salah satunya edisi spesial Ramadhan.

Di dalam games dikisahkan sepasang karakter anak-anak perempuan dan laki-laki yang berpakaian islami. Kedua bocah tersebut berpetualang sembari melaksanakan berbagai ritual ibadah puasa. Mulai dari bangun tidur, menjalani sahur hingga berbuka. Tugas anak mengumpulkan bintang untuk progress ke cerita baru.

2. Ibadah

Satu lagi games seru untuk belajar puasa bagi balita usia 1 tahun ke atas. Nama gamesnya Baby Moslem : Ibadah buatan pengembang PT. Akal Interaktif. Tidak seperti games Marbel, games ini relatif lebih sederhana. Anak hanya cukup mengetuk dan menggeser layar untuk memainkan gamesnya.

Di dalam games, ada tiga cerita ramadan yang dapat dimainkan. Ketiganya yaitu tatacara wudhu, shalat dan puasa. Games Ibadah ini mengutamakan kekuatan cerita dibandingkan interaksi. Bunda atau ayah dapat mendampingi si anak di kala bermain, sembari menjelaskan isi ceritanya secara lebih lengkap.

3. Nisa dan Musa 

Baca Juga:  Pakai Shopback Nabung Sedikit-Sedikit, Lama-Lama Jadi Bukit

Bercerita tentang dua karakter anak perempuan dan laki-laki bernama Nisa dan Musa. Pertama anak akan disuruh untuk memilih karakter Nisa atau Musa. Sama seperti Games Marbel, games ini juga bersifat interaktif. Anak diminta untuk berpetualang di dunia Nisa dan Musa, lalu menamatkan misi mendapatkan bintang dan diamond sebanyak mungkin. Nantinya bintang dan diamond yang dikumpulkan dapat dibelanjakan barang-barang tertentu.

Untuk menjalankan games, anak diminta untuk menekan kursor di layar hape. Saat ini games sudah memiliki jumlah level yang lumayan. Grafiknya sudah cukup bagus, mengingatkan pada games serupa Harvest Moon. Menurut Molzania games ini cocok dimainkan oleh balita di atas 3 tahun. Ohya, games ini lagi-lagi buatan anak bangsa. Dikembangkan oleh Gambir Studio asal Sleman, Yogyakarta.

Nah, itulah dia beberapa aplikasi games balita belajar puasa ramadan. Semua games diatas dapat dicari dan didownload via Google Play Store. Semoga bermanfaat untuk bunda-bunda semuanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam hangat dari Molzania. ^^

1.246 Views

Tinggalkan Balasan