Jasa Pengiriman Barang Ninja Xpress
Info Seru

Tips Bijak Memilih Jasa Pengiriman Termurah dan Dapat Diandalkan

Seiring dengan semakin menanjaknya jual beli secara online di Indonesia, maka semakin subur pula perusahaan ekspedisi untuk pengiriman barang. Terkadang sebagai konsumen merasa bingung untuk memilih. Apalagi untuk Anda yang juga membuka usaha online. Sebenarnya manakah ekspedisi pengiriman yang pas untuk bisnis saya yang sedang tumbuh pesat ini?

Asal tau saja, respon cepat dan layanan pengiriman barang yang tepat waktu akan menyenangkan konsumen anda karena barang mereka akan diterima lebih cepat. Potensi usaha online anda untuk tumbuh pun kian meningkat. Untuk itulah, pada artikel ini saya akan membagikan tips memilih jasa pengiriman yang baik untuk bisnis anda.

Berikut hal-hal yang harus anda pertimbangkan ketika menggunakan jasa pengiriman :

1. Waktu Pengiriman

Pilihlah jasa pengiriman yang menawarkan durasi pengiriman yang sesuai untuk produk yang anda jual. Semisal anda berbisnis makanan siap saji, tentu membutuhkan proses pengiriman yang cepat. Maka anda diharuskan memilih layanan kirim barang sehari sampai. Menjadi salah jika anda memilih pengiriman yang bersifat regular. Alasannya karena pengiriman regular biasanya memakan waktu kirim maksimal tiga hari.

2. Tarif Pengiriman

Tarif ongkos kirim merupakan hal kedua yang harus dipikirkan. Masing-masing ekspedisi menawarkan biaya yang berbeda-beda tergantung lokasi dan lamanya pengiriman. Untuk mengetahuinya, anda bisa cek tarif di situs resmi jasa pengiriman. Sebagian besar perusahaan ekspedisi di Indonesia telah memiliki layanan situs cek tarif yang dapat diakses secara realtime.

3. Cakupan Wilayah Pengiriman

Demi efektivitas pengiriman barang anda, pilihlah jasa pengiriman yang menawarkan jangkauan pengiriman yang luas dan terpercaya. Minimal telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pikirkan pula untuk memilih jasa ekspedisi yang bisa menjangkau baik dalam maupun luar negeri. Apalagi bila usaha anda telah memiliki banyak konsumen internasional.

Baca Juga:  Pempek Palembang Jumbo Enak dan Murah Meriah

4. Kehandalan Teknologi

Salah satu yang patut dipertimbangkan ketika memilih kurir logistik ialah teknologi yang mereka gunakan untuk menjangkau pelanggan. Saat ini beberapa perusahaan logistik telah dilengkapi dengan aplikasi smartphone tersendiri yang memudahkan kita dalam membuat dan mengatur pesanan. Di sana kita bisa tracking paket secara realtime dan mengecek tarif sebelum membuat pesanan. Bahkan ada pula yang dilengkapi dengan fasilitas antar jemput yang bisa dipesan lewat aplikasi.

 

LIMA PERUSAHAAN LOGISTIK TERBESAR DI INDONESIA

Supaya anda tidak perlu susah payah mencari tahu apa-apa saja perusahaan logistik yang ada di Indonesia, di bawah ini Molzania sajikan ulasan beberapa di antaranya;

1. POS INDONESIA

Boleh jadi, Pos Indonesia merupakan perusahaan logistik tertua di Indonesia. Kantor pos pertama kali didirikan pada jaman Belanda tepatnya tanggal 17 Agustus 1946. Saat ini, Pos Indonesia telah menjangkau 100 persen kota/kabupaten di Indonesia, termasuk diantaranya 940 lokasi transmigrasi terpencil. 

Beberapa layanan yang terdapat di Pos Indonesia yaitu pilihan jasa pengiriman paket retail atau kargo, dengan area coverage yang menjangkau pasar domestik dan internasional.

2. JNE TIKI

Jalur Nugraha Ekakurir berdiri pada tanggal 26 November 1990 oleh Soeprapto Soeparno. JNE berfokus pada pengiriman domestik dan saat ini memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Beberapa layanan yang dimiliki oleh JNE ialah memiliki berbagai pilihan pengiriman yang disesuaikan dengan budget konsumen, customer service yang dapat dihubungi secara online, dan layanan tracking paket online. 

3. TIKI

TIKI awalnya bergabung dengan JNE sebelum akhirnya memutuskan untuk berdiri sendiri pada tahun 1972. Pada mulanya TIKI hanya mendirikan dua cabang di Kota Pangkalpinang dan Semarang. Namun perusahaan ini terus berkembang dan memiliki ribuan gerai yang melayani 98% kode pos di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Mengenal Tunik: Sejarah dan Model Tunik Populer

Fitur serta layanan yang dimiliki oleh TIKI ialah memiliki aplikasi smartphone serbaguna, dengan berbagai kemudahan dalam pengiriman paket seperti fitur real time tracking, membership, asuransi dan lain-lain.

4. Ninja Xpress

Walaupun tergolong pengiriman baru di Indonesia, namun Ninja Xpress sukses menjadi jasa pengiriman andalan di sejumlah negara kawasan Asia Tenggara. Berdiri di Indonesia pada tahun 2015, Ninja Xpress kini mampu menjangkau pengiriman hingga seluruh Indonesia. Terus berkomitmen menjadi jasa pengiriman barang termurah Ninja Xpress.

Sejumlah fitur unggulan yang dimiliki oleh Ninja Xpress antara lain fitur COD, real time tracking, jasa antar jemput,  dan customer service 24 jam siap sedia melayani.

5. Si Cepat

Jasa pengiriman Si Cepat pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2004. Saat itu perusahaan ekspedisi ini mengoperasikan pelayanan transportasi ekspedisi udara dan laut. Sepuluh tahun berkiprah di Indonesia, Si Cepat menggandeng sejumlah toko online sebagai partnernya.

Jasa Pengiriman Barang Ninja Xpress

Si Cepat mempunyai beberapa fitur dan layanan yang memberikan kemudahan bagi pelanggannya yaitu, fitur COD dan nomor resi tinggal scan yang dibuat dalam bentuk barcode.

Perbandingan Tarif Ongkos Kirim Perusahaan Logistik di Indonesia

 

 

           Tarif Ongkos Kirim

 

 

Perusahaan

Palembang – Jakarta Pusat

Jakarta Pusat – Palembang

Logistik

Reg

Fast

Day

Reg

Fast

Day

Pos Indonesia

16500

33500

21500

45000

JNE

15000

17000

31000

20000

22000

46000

TIKI

14000

16000

30000

20000

22000

45000

Ninja Xpress

17000

22000

Si Cepat

22000

17000

Itulah dia info mengenai tips bijak memilih jasa pengiriman barang termurah dan dapat diandalkan, disertai ulasan tentang beberapa perusahaan jasa pengiriman di Indonesia. Mudah-mudahan dapat membantu anda semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca Juga:  Tips Berdonasi Online Secara Aman dan Nyaman

1.136 Views

2 Komentar

Tinggalkan Balasan