Inilah Hal-hal Yang Harus Bunda Perhatikan Saat Membeli Perlengkapan Bayi

Perasaan senang yang bercampur tegang, tentu saja akan dirasakan oleh para calon ibu yang sebentar lagi akan melahirkan seorang bayi. Perasaan tersebut juga tak hanya dirasakan oleh oleh calon ibu, melainkan calon ayah pun akan merasakannya. Untuk menyambut lahirnya si buah hati ke dunia, sebagai orang tua tentunya kita harus berbelanja perlengkapan bayi mulai dari pakaian, popok, mainan, kelambu, dan lain sebagainya.


Apabila bunda hanya mengikuti hasrat dalam berbelanja, maka bisa dipastikan bahwa biaya yang dikeluarkan akan membengkak! Bahkan yang lebih parahnya lagi, tak jarang banyak barang-barang yang sudah dibeli tersebut pada akhirnya tidak terpakai sama sekali alias mubazir lho. 

Maka dari itu, sangat disarankan bagi bunda untuk meprioritaskan dulu barang-barang perlengkapan bayi yang paling penting saja ya. Ketika hendak membeli perlengkapan bayi ke toko atau supermarket, biasanya kita akan mudah tergoda dengan banyaknya barang-barang yang lucu dan imut. Ya, terutama jika barang tersebut sedang ada promo. Ada beberapa kebutuhan mendasar untuk si kecil yang harus bunda ketahui seperti di bawah ini:


  • Pakaian yang terdiri dari baju atas lengan pendek & lengan panjang, celana panjang & pendek, serta body suit (jumper) yang masing-masing minimalnya 6 pcs.
  • Kaos kaki dan kaos tangan bayi.
  • Topi bayi.
  • Baju hangat.
  • Celemek makanan bayi.
  • Handuk mandi dan handuk kecil untuk mengelap saat si kecil muntah.
  • Kain alas perlak.
  • Popok.

Pada minggu pertama pasca persalinan, mungkin bunda masih perlu beradaptasi dengan aktifitas perawatan bayi baru lahir dalam memulihkan kondisi fisik usai melahirkan. Saat momen tersebut, ada baiknya jika si kecil menggunakan popok sekali pakai sehingga dapat memudahkan pekerjaan bunda. 

Tak hanya itu, jika selanjutnya bunda ingin memakaikan si kecil dengan popok kain yang dapat dicuci dan dipakai ulang, maka akan lebih baik lagi dikarenakan bisa menghemat pengeluaran. Alhasil, bunda pun tidak perlu lagi membeli popok yang baru. Dalam hal ini bunda tidak perlu khawatir, sebab ada tersedia banyak pilihan popok kain di pasaran. Bahkan, ada sebagian diantaranya yang mempunyai daya tampung hingga 2 – 3 jam, tanpa menimbulkan iritasi pada kulit si kecil.



Jangan lupa juga untuk menyediakan perlak alas sebagai pengganti popok untuk dirumah, maupun saat berpergian. Seandainya memang memungkinkan, sebaiknya siapkan pula tempat khusus untuk mengganti popok di rumah sehingga bunda tidak perlu banyak membungkuk. Pasalnya, dalam pergantian popok bayi itu biasanya akan berlangsung sebanyak 10 sampai 12 kali per harinya lho!

1. Perlengkapan Untuk Menyusui


ASI merupakan makanan sekaligus minuman terbaik untuk si kecil yang baru lahir, hingga usianya mencapai 6 bulan. Untuk mendapatkan kenyamanan saat menyusui, sebaiknya bunda menyiapkan beberapa bra khusus menyusui atau breast pads sehingga baju bunda tidak akan basah saat menyusuinya. Tak hanya itu, bunda juga disarankan untuk menyediakan baju berkancing. Pasalnya, baju yang berkancing tersebut akan mempermudah dan memberikan kenyamanan saat bunda menyusui si kecil.

Jika bunda termasuk seorang wanita karir, maka siapkan juga persediaan ASI untuk konsumsi bayi ketika cuti hamil berkahir nanti. Disamping itu, persiapkan peralatan menyusui lainnya seperti pompa ASI, steriliser, botol penyimpanan ASI, dan lain sebagainya.

2. Perlengkapan Mandi Bayi


Memandikan bayi yang baru lahir merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan, sekaligus juga menegangkan. Oleh karena itu, bunda harus lebih berhati-hati lagi dalam memandikan si kecil. Lengkapilah kebutuhan dasar untuk mandi bayi mulai dari sabun mandi, shampoo khusus bayi, waslap, handuk mandi, dan bak mandi khusus bayi. Untuk handuknya, disarankan bagi bunda menggunakan handuk yang bertekstur lembut.

3. Perlengkapan Tidur Bayi


Siapkan pula tempat tidur bayi yang aman dan bersih, sehingga si kecil dapat tidur dengan nyenyak. Dengan begitu, tentunya bunda pun akan merasa lebih tenang dan bisa beristirahat sejenak. Apabila sudah membeli box bayi, maka lengkapilah dengan kasur dan sprei berbahan katun lembut. Box bayi tersebut juga dapat digunakan dirumah maupun saat berpergian. Untuk terhindar dari gigitan berbagai jenis serangga seperti nyamuk dan sebagainya, lengkapi pula dengan kelambu ya!

4. Car Seat


Car seat ini termasuk kedalam kebutuhan yang cukup penting untuk bunda, terutama bagi bunda yang sering berpergian. Ya, dengan menggunakan car seat, tentunya si kecil akan merasa lebih nyaman saat berada dalam mobil. Selain itu, car seat juga dapat membuat posisi tubuhnya tetap ditempat sehingga bunda tidak perlu lagi cemas saat terjadi goncangan. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi bunda untuk memilih car seat yang sesuai dengan kendaraan mobilnya. Perlu bunda ketahui juga, bahwa pemasangan car seat ini harus berada di bagian jok belakang. Soalnya, hal itu bertujuan untuk menghindari himpitan bantal udara saat terjadi benturan keras atau kecelakaan fatal.

5. Kereta Dorong Bayi


Ketika bunda hendak membeli kereta dorong bayi, pastikan bahwa model yang bunda pilih itu bisa di stel untuk posisi tidur. Ya, hal itu bertujuan untuk melindungi tulang belakang si kecil yang masih lunak, agar tidak menghambat proses pertumbuhannya.

6. Berbelanja Hemat Perlengkapan Bayi


Dalam hal ini, bunda bisa meminta rekomendasi kepada sahabat maupun kerabat mengenai tempat belanja perlengkapan bayi yang lengkap dan murah. Perlu bunda ketahui juga, bahwa harga yang murah itu tidak selalu memberikan kualitas yang buruk ya! Bunda hanya tinggal memperhatikan beberapa hal penting seperti bahan dasar pembuatan produknya, car anti – toxid, atau pilihan bahan pakaian yang nyaman serta dapat menyerap keringat dengan cepat.

Memanfaatkan program promo merupakan pilihan yang tepat dalam berbelanja perlengkapan bayi, sehingga bunda bisa membelinya dengan harga yang jauh lebih murah lagi. Selain tersedia di toko-toko perlengkapan bayi, tak sedikit pula situs-situs belanja online yang menawarkan harga diskon menarik lho. Ya, salah satunya adalah ilotte.com, yang merupakan salah satu situs marketplace terbesar dan terpercaya di Indonesia. 

Kelengkapan produk-produk kebutuhan bayi di ilotte.com sangatlah lengkap, sehingga bisa dengan leluasa dalam memilihnya. Belum lagi dengan harga diskon yang ditawarkannya, yang tentu saja jangan sampai bunda lewatkan. Maka dari itu, segera berbelanja di ilotte.com sekarang juga sebelum kehabisan lho!

7. Kado Bayi


Pada dasarnya, kado bayi ini memang tidak penting-penting amat kok! Namun wajar, apabila bunda meminta kado bayi pada orang-orang terdekat seperti kerabat maupun sahabat. Tapi bunda tidak perlu meminta, biasanya mereka akan inisiatif membawa kado saat menjenguk si kecil ke rumah.

Itulah beberapa hal yang harus bunda perhatikan dalam membeli perlengkapan bayi, yang semoga saja bisa dijadikan bahan referensi.

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

My Instagram

Copyright © BuBBLeLaTTe . Made with by Molzania Design