5 Tips Hidup Sehat Jauhi Narkoba Bagi Remaja

Indonesia darurat narkoba. Setiap harinya ribuan korban narkoba berjatuhan. Menurut situs Okezone, tak kurang dari 5,9 juta anak Indonesia jadi pengonsumsi barang haram tersebut. Lebih dari 11.071 penduduk Indonesia tewas gara-gara narkoba (Sumber: Tribunnews). Tak jarang generasi muda negeri ini menjadi pecandu narkoba. Sebabnya pemuda usia belasan masih memiliki jiwa yang labil dan mudah terkena bujuk rayu.


Saat ini penyebaran narkoba makin masif dan terstruktur. Pemerintah dan pihak kepolisian belum sepenuhnya bisa mengatasi penyebaran nakoba. Semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa, baik wanita maupun laki-laki tercatat sebagai pengguna narkoba. Tidak ketinggalan artis dan publik figur tak luput puls jadi pecandu. Baru-baru ini, pihak kepolisian mengungkap penyelundupan narkoba seberat 1,6 ton dari negara Tiongkok yang menjadi negara pengekspor narkoba terbesar ke Indonesia. (sumber: Liputan6) Konon jumlah kasus yang belum terungkap masih sangat besar. Mengingat pengguna narkoba yang banyak di Indonesia.

Baru-baru ini, Molzania mengikuti seminar anti narkoba yang dilakukan oleh BNN Sumsel. Disana diketahui bahwa masyarakat pesisir rentan menjadi pengedar dan kurir narkoba. Alasannya dikarenakan pengiriman narkoba dilakukan dengan menggunakan kapal langsung ke pelabuhan. Penduduk yang tinggal di sekitarnya beserta petugas pelabuhan menjadi target bagi peredaran narkoba.


Untuk itu Molzania mau berikan warning bagi adik-adik Molzania yang saat ini masih sekolah agar menjauh dari narkoba. Jangan pernah sesekali tergiur mengonsumsi narkoba. Soalnya sekalinya terjerat, maka akan berlaku untuk selamanya. Hidup loe bisa hancur berantakan. Lebih baik ikuti tips-tips cerdas yang harus sobat lakukan agar terhindar dari bahaya narkoba:

1. Kenali dan Pelajari Bahaya Narkoba

Punya smartphone itu buat kita jadi smart. Punya kuota mestinya buat kita jadi makin pintar. Bukan malah sebaliknya. Di Google coba sobat sesekali searching mengenai ciri-ciri dan jenis-jenis narkoba. Tak lupa searching pula pengalaman teman sebaya yang sudah pernah terjerat narkoba.


Dengan begitu kita jadi tahu apa itu narkoba, macam-macamnya, dan termasuk bahaya mengonsumsinya. Bahkan zaman now, narkoba sudah makin canggih. Pembalut bekas aja bisa bikin teler. Hal yang paling mengerikan ialah narkoba bisa bikin kita MATI. Mati itu artinya mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita di hadapan Allah swt. Di akherat nggak ada yang namanya jalan kembali ke dunia. Hii.. seremm..  

2. Pilih-Pilih Teman

Ini penting banget, menjadi abegeh artinya kita harus mulai pintar memilih teman. Apalagi bila lu tinggal di kota besar yang notabene pergaulannya jadi makin bebas. Mau gaul sama temen-temen ya nggak papa, asal pastikan dulu temen kalian itu berkualitas. Baik akhlak, perawakan dan kesehariannya. Teman yang berpenampilan baik memang belum tentu yang terbaik. Tapi setidaknya kita menghindari hal-hal yang nantinya malah menjerumuskan.


Lebih baik dicap kuper, daripada diajak ke arah yang negatif. Bila sudah mendapati ada teman yang berperilaku menyimpang, lebih baik beritahukan guru untuk dinasehati. Jangan lupa perdalam ilmu agama agar kita tahu perbuatan yang benar dan salah. 

3. Tegas pada Diri Sendiri

Say NO to drugs. Kita mesti tegas pada diri sendiri. Selalu tanamkan di otak untuk katakan TIDAK pada narkoba. Mending isi hari kita dengan berbagai kegiatan yang positif. Daripada ngegosip dan nongkrong di tempat yang nggak jelas. Daripada cuma buang-buang duit orangtua. Lebih baik stay di perpustakaan baca buku atau belajar di rumah. Lebih baik streaming film edukasi and dengerin lagu religi di rumah, daripada pergi ke bar dan kafe bergadang sampe pagi.

4. Bergabung dengan Komunitas Positif

Gaul itu WAJIB bagi abegeh. Tapi sekali lagi yang positif. Di Facebook ada banyak grup-grup dan komunitas dari berbagai hobi yang positif untuk kita masuki. Kalo lu ngaku hobi Kekorean, gabung komunitas bahasa Korea. Kalo lu hobi ngedit video dan photo, gabung komunitas photoshop dan adobe premiere pro. Buat lu yang bercita-cita jadi penulis, ada komunitas menulis di Facebook menanti kehadiran lu. Pokoknya jauhi pikiran negatif, keep positive thinking dimanapun lu berada.

5. Jangan Malu Rehabilitasi

BNN sendiri menyediakan 5 pusat rehabilitasi narkoba gratis di seluruh Indonesia. Ada pula pusat rehabilitasi narkoba yang diselenggarakan oleh pihak swasta dan rumah sakit di berbagai daerah. Selalu ada jalan untuk lu kembali pulang. Kuncinya komit ke diri lu sendiri. Lu mau benar-benar berubah menjadi lebih baik. Kesalahan di masa lalu jangan terulang. Meski sulit, coba pelan-pelan yakinin diri lu bahwa lu harus menjadi pribadi yang sukses di masa depan. Caranya jangan pernah kembali ke narkoba.


Nah itulah nasihat dari Molzania untuk adik-adik pengunjung blog Molzania.com. Jangan lupa share ya ke temen-temen laen biar makin banyak yang sadar bahaya narkoba. Salam generasi sehat anti narkoba!

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.