Solusi Investasi Sekaligus Menambah Pahala dari Sunlife Indonesia

Awal bulan November ini, Molzania diundang oleh Sun Life Financial Indonesia untuk sosialisasi mengenai produk asuransi terbaru mereka. Namanya Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (ABHM). Buat yang belum tahu apa itu asuransi wakaf syariah, maksudnya selain berinvestasi dalam wujud asuransi jiwa kita juga bisa sekaligus berwakaf. Jadi manfaatnya tidak hanya kita rasakan di dunia, namun juga untuk kebaikan akhirat.


Sunlife Indonesia merupakan perusahaan asal Kanada yang sudah 23 tahun berdiri di Indonesia. Asuransi Brilliance Hasanah Maxima merupakan terobosan baru dalam asuransi syariah. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dengan menggabungkan manfaat asuransi dan kemudahan dalam berwakaf. Maka kini mengelola uang dengan wakaf tak lagi sulit.

Pada kesempatan tersebut, hadir Bapak Norman Nugraha selaku Chief of Sharia Business utusan dari Sunlife Indonesia. Dengan dipandu oleh MC yang sekaligus juga travel blogger mbak Tiara acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam itu berlangsung seru dan meriah. Bangga sekali Molzania bisa turut hadir menyaksikan acara yang penuh dengan manfaat tersebut. Dapet lagi deh ilmu baru sekaligus refreshin’ my mind terhadap materi kuliah dulu. Hehe..


Selama ini kita sebagian dari kita mungkin ada yang sering terkecoh dengan perbedaan wakaf, zakat dan infaq. Tujuan pokokmya sih sama, yaitu untuk berbagi kepada sesama. Meskipun hukumnya sama-sama sunnah, akan tetapi ternyata fungsi dan sifatnya berbeda-beda.

Zakat itu besaran dan yang berhak menerimanya sudah ditentukan. Jumlahnya 2,5% dari keseluruhan harta. Hukumnya wajib dikeluarkan bagi umat muslim setiap tahunnya. Sementara itu infaq wujudnya berupa harta untuk kepentingan ummat. Misalnya memberikan sedikit uang untuk kepentingan masjid atau fakir miskin.

Akan tetapi bila berbicara soal wakaf, maka ruang lingkupnya lebih luas. Wakaf terbagi dua yaitu wakaf bergerak dan tidak bergerak. Menurut Undang-Undang Syariah, yang dimaksud wakaf bergerak bendanya bisa berupa uang, emas dan perak, tanaman, dan benda bergerak lainnya. Sementara itu wakaf tidak bergerak berupa tanah dan bangunan.


Ditengah-tengah acara diadakan kuis dan live tweet berhadiah bagi peserta. 

Manfaat dan hikmah berwakaf bukan untuk sekedar pemberian, tetapi juga sebagai pendorong kemajuan ummat dan agama Islam. Wakaf bisa juga dimanfaatkan untuk hasil yang lebih produktif. Contohnya saja membangun masjid di suatu daerah terpencil atau menyumbangkan Al-Qur’an braille untuk tuna netra. Tahun 2018 ini, Sunlife bersama Dompet Dhuafa menyalurkan dana wakaf ke RS. Dhuafa AK. Medika Sri Bhawono di Lampung Timur.

Asyiknya lagi asuransi dari Sunlife ini sudah berlabel syariah dan mendapat pengakuan dari Majelis Ulama Indonesia. Asuransi jenis ini tentu lebih baik. Sebagaimana yang Molzania pernah tulis dalam sebuah artikel beberapa tahun yang lalu, potensi bisnis syariah di Indonesia ini sangatlah besar. Mencapai 180 Trilyun jumlahnya. Negeri kita merupakan mayoritas muslim.


Akan tetapi realitanya baru 400 Milyar dana yang terkumpul. Tentu masih kalah dibandingkan bisnis konvensional. Justru di Eropa yang tergolong negara muslim minoritas, bisnis syariah di sana lebih populer. Maka dari itu, muslim Indonesia jangan mau kalah ayo bergabung dengan industri syariah. Dalam bisnis syariah, unsur ribanya dapat dihilangkan daripada bisnis konvensional.

Lewat acara temu blogger Sun Life Indonesia ini, Molzania jadi lebih mengetahui bahwa wakaf tidak hanya berupa bangunan dan tanah. Melainkan juga untuk mencerdaskan dan mensejahterakan ummat, bahkan juga bisa dimanfaatkan untuk pembangunan negara ini.

Nantinya dana para nasabah yang terhimpun dalam produk asuransi, sebagian digunakan untuk manfaat asuransi itu sendiri. Sedangkan sisanya akan disalurkan kepada lembaga-lembaga penerima wakaf di Indonesia yang sudah terpercaya, seperti Rumah Wakaf, Dompet Dhuafa dan 175 lembaga lainnya.

Pada sesi terakhir merupakan sesi yang ditunggu. Lima orang teman Blogger Molzania terpilih sebagai pemenang kuis live tweet. Meskipun belum beruntung, tapi Molzania tadi berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Pak Noorman. Hadiahnya berupa uang tunai Rp. 100.000. Hehe. Lumayanlah untuk ongkos pulang pergi.. Hehe.


Setelahnya kami para blogger diajak berfoto bersama dilanjutkan dengan makan siang bareng. Perut yang keroncongan pun diisi kembali. Alhamdulillah terima kasih Sunlife Indonesia telah memberikan Molzania kesempatan yang penuh kehangatan tersebut. Kiranya jangan bosan untuk mengundang blogger Palembang kembali.


Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.