Sejarah Lengkap Nama Blog Molzania

Sebenarnya terkait dengan asal-usul nama Molzania sudah pernah dibahas beberapa tahun yang lalu. Tetapi karena ini untuk keperluan lomba blog Blogger Perempuan, ya sudahlah ya Molzania akan bahas lagi secara singkat saja.


Jadi dari Molzania SD sudah kepikiran untuk membuat nama pena. Entah kelas berapa lebih tepatnya. Gara-garanya Molzania dulu belajar sejarah. Nah disana diceritakan tentang sosok Multatuli yang tak lain nama pena dari Douwes Dekker. Multatuli ini sering menerbitkan karya yang isinya mengkritik kebiadaban penjajahan bangsa Belanda. Terinspirasi dari situ, Molzania lalu bertekad untuk memiliki nama pena juga. Kesannya seru aja gitu loh. Bergaya sok-sokan misterius. 

Proses benar-benar mencari itu kalau nggak salah dari SMP akhir atau SMA awal. Pas kelas 10, diputuskan nama penanya "Molz". Selang beberapa bulan diganti karena teman cowok Molzania ada yang salah nyebut jadi Mules. Nggak mau dong nama pena aneh. Masa keren-keren panggilannya malah mules?? Huhuu...


Lalu Molzania pun terus mencari nama pena yang tak kunjung ketemu. Sampai akhirnya di suatu siang, ada acara berita di televisi yang menayangkan tentang tempat permainan anak baru di Jakarta. Namanya Kidzania. Taraa!! Molzania kan lagi mengerjakan tugas di kamar langsung muncul ide. Oh iya, namanya Molzania saja.

Nama asli Molzania itu Firsty Ukhti Molyndi. Panggilannya Molly. Jadi Molzania itu ibarat Molly + Kidzania. Maka jadilah Molzania. Kidzania adalah wahana permainan anak yang menyenangkan. Kita bisa menyamar jadi apapun disana. Merasakan pengalaman pekerjaan ala orang dewasa. Maka situs Molzania.com tempat Molly bisa menyalurkan hobi dan sarana berekspresi sebebas-bebasnya. Tanpa takut dengan apapun dan siapapun. 

Aku harap dengan adanya Molzania, aku bisa bebas untuk mengekspresikan apapun yang aku suka. Sebebas anak-anak yang bermain di Kidzania. Sebebas-bebasku untuk menyalurkan bakat, hobiku dan semua-muanya... Molzania hanya untuk Molly karena ia adalah dunia Molly. Tak seorangpun boleh memiliki dan masuk kedalamnya. Kepingin deh di masa depan bisa membuat hak paten untuk nama Molzania. Hahaa... kata orang sih nama penaku itu unik dan lucu. Hehee ..

Jadi itulah cerita versi yang lebih lengkap tentang sejarah nama pena Molzania. Semua prosesnya yang terlihat serba dadakan, tapi sebenarnya pemikirannya sudah sangat matang. Dari SD ingin punya nama pena, tapi baru kesampaian pas SMA. Tahun 2014, Molzania pun membuat domain Molzania.com untuk blog ini. 

Itulah sekelumit kisah dibalik pembuatan nama blog Molzania.com. Semoga menginspirasi ya. :) 

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.