Pentingnya Blogger Gabung Komunitas

Well, Molzania mau membuat pengakuan. Sebenarnya Molzania dulu itu blogger yang cuek banget. Nulis ya nulis aja. Nggak peduli dan nggak mau tau apapun. Niatnya cuma mau berbagi info aja sama readers dan terus berbagi. Sudah bergabung ke beberapa komunitas, itupun sekedarnya saja. Tapi tahun lalu Molzania membuat perubahan. Tentunya ke arah yang bermanfaat. Molzania mulai rajin gabung ke banyak komunitas blogger Indonesia.


Telat pake banget. Setelah lebih kurang delapan tahunan ngeblog, baru kepikiran untuk gabung di komunitas blogger. Menyesal? Sedikit. Nggak ada gunanya juga tapi terus-terusan nyesel. Lebih baik kita fokus ke masa depan. Salah satu komunitas blogger Indonesia yang Molzania ikuti ialah komunitas Blogger Perempuan Network (BPN).

Sesuai namanya, anggota BPN ya mesti perempuan. Saat ini member grup Facebooknya sudah mencapai ribuan orang. Banyak banget kan? Disini lumayan aktif kok pengurusnya. Setiap hari disediakan tempat khusus untuk kita posting link update blog terbaru. Asiknya lagi temanya berbeda-beda setiap harinya. Biar gak bosen.

Logo Blogger Perempuan Network (BPN)
Source: Komunitas BPN 
Cara tercepat meraih visitor blog ya itu, memasang link update postingan blog kita di grup-grup blogger. Otomatis ya pembacanya sesama blogger juga yang mungkin sedang butuh info dan tertarik untuk membaca postingan kita.

Sebenarnya di Indonesia saat ini sudah lumayan banyak komunitas blogger. Mereka rata-rata memiliki semua akun sosial media. Masing-masingnya tergabung dalam sebuah grup facebook dan whatsapp. Kitanya aja yang butuh meluangkan waktu untuk search komunitas blog Indonesia secara manual. Ada pula komunitas khusus niche tertentu, semisal food, beauty dan travel. Itu niche blog yang paling banyak anggotanya.


Beragam manfaat kita rasakan ketika gabung di komunitas blogger. Selain mencari visitor, juga mencari pertemanan. Dikarenakan anggota komunitasnya sudah ribuan, otomatis kita jadi mengenal sesiapa saja temen-temen blogger yang lebih dulu bergabung. Asal kita harus aktif juga ya membangun pertemanan disana. Jangan jadi blogger pasif, malu dong ahh!

Untuk waktu-waktu tertentu, akan diadakan meet up alias temu blogger di masing-masing daerah. Jadwalnya juga disebarkan hanya di grup komunitas. Jadi bisa kopdaran dong sama blogger hits dari daerah kita sendiri. Beneran loh, menjalin pertemanan dengan mereka yang satu hobi betul-betul menyenangkan. Banyak ilmu mereka yang bisa kita serap. Terakhir ya nambah follower real sosial media juga kan? Hehe.


Psstt.. selanjutnya ini rahasia. Gabung komunitas juga salah satu cara blogger buat dapetin job. Makanya segera gabung komunitas yuk! Jangan jadi Molzania yang super telat.. :( 

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.