Tutorial Cara Mudah Membuat Blog

Sebenarnya tutorial membuat blog gratisan sudah banyak bertebaran di laman mbah Google. Namun masih tetap ada saja visitor blog ini yang bertanya tentang bagaimana cara membuat blog. Well, kali ini Molzania akan membagikan tutorialnya yang mudah menurut versi Molzania. Sobat hanya memerlukan koneksi internet yang lancar dan pengetahuan dasar menggunakan komputer.


Ada beberapa macam platform blog gratisan untuk pemula yang bisa dipilih; diantaranya yang termasuk populer alias banyak pengguna yang pake yaitu Blogspot dan Wordpress. Kenapa Molzania merekomendasikan untuk menggunakan platform tersebut? Tak lain dan tak bukan karena cara membuatnya mudah dan tidak ribet.

Adapun tentang perbedaan dan persamaan keduanya, Molzania pernah membuat postingan tentang hal itu. Judulnya Wordpress atau Blogger pilih mana? Jadi sobat yang penasaran bisa langsung membaca artikelnya saja. Artikel ini hanya akan membahas step by step pembuatan dua platform blog tersebut. Langsung saja ya disimakin cara membuat blog untuk pemula:

Tutorial Pembuatan Blog Menggunakan Platform Blogspot: 

1. Pastikan sobat sudah memiliki alamat email gmail yang aktif. Jika sudah, buka laman berikut: www.blogger.com.


2. Klik Sign In. Masukkan alamat email gmail dan password sobat ke dalam kotak yang tersedia.


3. Setelah masuk ke dalam dashboard blog. Klik Buat Blog Baru.



4. Masukkan Judul Blog sobat dan alamat blog yang sobat inginkan. Semisal judulnya adalah My First Blog dengan alamat blog : blogpertamaku1234.blogspot.com ke dalam kotak yang tersedia. Pastikan alamat blog sobat unik dan tersedia. Lalu pilih tema blog yang diinginkan. Terakhir klik Buat Blog.


5. Blog sobat dengan domain blogpertamaku1234.blogspot.com sudah selesai. Sobat pun bisa langsung mulai mengisinya dengan postingan. Molzania sarankan untuk mulai beradaptasi mengotak-atik blog sendiri agar familiar dengan tools dan widget yang disediakan.

Tutorial Pembuatan Blog Menggunakan Platform Wordpress 

1. Buka link www.wordpress.com lalu klik Sign Up.



2. Isi di kotak yang tersedia nama blog sobat, lalu niche/topik utama blog sobat, lalu centang tujuan utama sobat membuat blog, terakhir kemampuan sobat dalam mengelola blog. Disini Molzania mencontohkan nama blognya My First Blog dengan topik Beauty, bertujuan untuk sharing pengalaman, dan dengan kemampuan beginner alias pemula, maka Molzania memilih nomor 1. Setelah diisi klik Continue.


3. Laman selanjutnya sobat akan dibawa ke laman untuk memilih alamat blog. Disini Molzania mencontohkan alamat blog yang Molzania buat adalah blogpertamaku1234. Sobat bisa memilih nama lainnya sesuai keinginan. Lalu klik Enter. Akan muncul pilihan nama domain berakhiran TLD. Bila sobat menginginkan yang gratis, maka pilih yang pertama berakhiran wordpress.com. Lalu klik Select.



4. Pilih jenis akun Wordpress pilihan sobat. Dalam hal ini Molzania menggunakan platform Wordpress yang gratis atau Free. Maka klik tombol Free. 


5. Selanjutnya sobat akan dibawa pada laman pembuatan akun Wordpress. Masukkan email, nama blog dan password blog sobat. Lalu klik Continue. 


6. Selesai, blog sobat sudah dibuat. Tapi harus dikonfirmasi dulu lewat email. 



7. Selanjutnya kembali dulu ke dashboard email sobat untuk klik email konfirmasi dari Wordpress.
Klik "Click Here To Konfirm".


8. Terakhir setelah sobat mengeklik email konfirmasi dari Wordpress, maka sobat akan dibawa kembali pada dashboard blog Wordpress sobat. Sampai disini blog sobat sudah berhasil dibuat. Saran Molzania sobat harus mulai membiasakan diri dengan berbagai tools dan widget blog sembari memulai menulis artikel pertama sobat.


Itulah beberapa platform blog untuk pemula yang bisa sobat gunakan untuk belajar ngeblog. Bila dirasa kemampuan ngeblog nantinya, maka tidak ada salahnya memiliki domain dan web hosting pribadi. Di Indonesia sendiri, ada beberapa macam web hosting terbaik dengan pilihan harga terjangkau. Salah satunya yang bisa sobat pertimbangkan ialah Niagahoster. Lantas, bagaimana cara memilih hosting terbaik? Jawabannya dengan membaca artikel memilih hosting terbaik untuk pemula

Sekian dulu artikel dari Molzania. Mudah-mudahan bermanfaat untuk sobat sekalian. Dtunggu lagi artikel selanjutnya tentang tips blogging selanjutnya. Salam hangat dari Molzania. ^_^

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.