Pengalaman Beli Domain dan Hosting di IDWebhost

Awal Tahun 2014 itu kali pertama Molzania ngeh soal domain TLD. Kegiatan ngeblog yang dari tahun 2009 baru sebatas hobi, tapi Molzania pengen yang lebih dari itu. Bagi seorang blogger, domain TLD ibarat rumah yang merefleksikan kepribadian blogger itu sendiri. Dengan memiliki domain TLD, maka seorang blogger akan terkesan lebih profesional baik dimata para pembaca maupun klien. Tidak hanya itu, domain TLD juga merupakan salah satu hal yang dipersyaratkan untuk penerimaan job, maupun untuk mendaftar Google Adsense.


Maka dimulailah hunting jasa hosting di situs pencarian Google, sembari membaca sedikit pengetahuan tentang domain. Ternyata ada lumayan banyak tersedia yang harganya relatif bervariasi. Waktu itu, situasinya Molzania masih mahasiswa yang belum berkerja, hanya mengandalkan pemasukan yang relatif sedikit dari hasil ikut lomba-lomba dan kuis online. Dalam masa pencarian dan menimbang-nimbang itu dibutuhkan sekitar 3 bulanan.

Adapun hal utama yang menjadi pertimbangan Molzania tentunya adalah biaya. Ada begitu banyak jasa domain di luar sana yang menawarkan harga yang kompetitif. Jujur sempat bingung. Sebagai mahasiswa akuntansi, Molzania berusaha untuk membuat skala prioritas dengan menggunakan sistem alokasi budget. Dari sekian banyak perusahaan yang terjaring, Molzania me-list beberapa diantaranya.


Akhirnya pilihan pun jatuh pada IDWebhost. Mengapa Molzania memilih IDWebhost?? Inilah beberapa pengalaman Molzania selama menggunakan IDWebhost:

1. Harganya yang ramah dan terjangkau
Tahun ini merupakan tahun keempat Molzania menggunakan jasa IDWebhost untuk blog Molzania.com. Menurut Molzania, harga domain di IDWebhost sangat terjangkau. Hanya berkisar Rp. 100 ribuan rupiah untuk masa berlangganan satu tahun. Domain TLD yang Molzania beli waktu itu berakhiran dot com. Sewaktu Molzania membeli domain dulu, malah nggak nyampe Rp. 100 ribu. Benar-benar murah, tapi nggak murahan juga.



2. CS-nya really helpful
Jika ada masalah dengan situs, Molzania biasanya akan segera meminta pertolongan pada csnya. Mereka dengan siap sedia membantu selama 24 jam non stop 7 hari seminggu. Ini salah satu keunggulan IDWebhost sih khususnya yang ditujukan untuk blogger pemula. Nah baru-baru ini Molzania juga berlangganan lagi IDWebhost untuk blog Bubblelatte.com. Molzania bahkan bisa meminta bantuan kalo terjadi apa-apa sama Wordpress blog baru Molzania itu.



3. Unlimited Bandwith dan Gratis Pemasangan SSL
Beli hosting dan domain di IDWebhost itu sudah termasuk SSL. Buat yang belum tahu apa itu SSL, itu gunanya untuk menjamin bahwa blog kita aman dari virus dan malware jahat. Sedangkan bandwith itu ibarat kapasitas maksimum suatu situs dapat melakukan transfer data dalam ukuran detik (sumber: blog unnes). Nah ibaratnya itu seberapa banyaknya pengguna yang mengakses situs kita nggak akan membuat situs kita lemot akibat bandwith kita yang berjenis unlimited. Nah itu penting banget kan untuk peningkatan traffic blog kita?


4. Servernya cepat dan kecepatannya stabil
Memang nggak bisa dipungkiri beberapa kali situs Bubblelatte sempat nggak bisa diakses karena servernya error. Tapi jangan khawatir biasanya akan ada pengumuman kalau ada server IDWebhost yang sedang hang di blog mereka. Seringnya sih alasannya karena IDWebhost sedang melakukan perawatan server secara berkala. Makanya situs kita agak sedikit bermasalah. Pengalaman Molzania kemarin itu cuma beberapa jam dan pernah hanya hitungan menit saja. Setelah itu situsnya kembali normal seperti semula.

Tertarik menggunakan IDWebhost? Kunjungi saja situsnya untuk info lebih lanjut. Sekian dulu review dari Molzania. Kalau sobat kebetulan juga pengguna IDWebhost, jangan sungkan berbagi pengalaman sobat di kolom komentar. Terima kasih telah berkenan membaca hingga akhir. Semoga bermanfaat.

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.