Mendulang Rezeki Dari Hobi Menulis di Internet

Kamu suka nulis dan bercita-cita menjadi penulis? Tak ada salahnya mencoba peruntungan di dunia online. Salah satu channelnya adalah mencoba menulis di saluran berita citizen journalism. Situs citizen journalism menawarkan keuntungan bagi orang biasa untuk dapat menulis dengan mudah. Disana kalian bisa memulai untuk membuat tulisan apa saja baik itu opini, reportase, cerpen dan lain-lain.


Tidak seperti blog, menulis di situs citizen journalism seperti ini relatif mudah untuk mendapatkan visitor. Kenapa? Karena sudah banyak orang yang mengakses situs tersebut. Kalau di blog kita perlu mengoptimasi untuk mendapatkan visitor dan itu membutuhkan komitmen tinggi dan pengetahuan tersendiri. Nggak semua orang mau melakukan hal yang merepotkan tersebut. Terlebih jika sobat sendiri orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk mengoptimasi blog.

Ada kalanya situs citizen journalism tersebut juga menawarkan reward kepada penulisnya bila tulisannya digemari oleh visitor. Dalam artian banyak pengunjung yang membaca dan memperoleh manfaat dari tulisannya. Insentif reward ini biasa dalam bentuk uang tunai yang ditransfer ke rekening kita. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Steemit
Situs jejaring sosial dan blogging berbahasa Inggris yang baru-baru ini sedang booming di dunia. Disini sobat akan dibayar pake dollar atau mata uang kripto ala Bitcoin per tulisan yang kita buat berdasarkan jumlah pengunjung dan kepopulerannya. Untuk bisa mendaftar sebagai konten kreator, kita bisa melakukan dua opsi. Bisa berbayar atau gratis tapi syaratnya kita harus menunggu selama beberapa minggu untuk diverifikasi secara manual oleh administratornya. 


2. Pluk Me
Buat sobat yang suka nulis cerpen atau novel, sobat bisa mulai nulis di situs blogging yang satu ini. Namanya pluk me. Disini untuk setiap visitor yang membaca tulisan kita dihitung 1 saldo pluk dan dihargai 1 rupiah. Setiap pendapatan yang kita peroleh dapat langsung diketahui secara transparan. Tidak hanya tulisan, kita juga bisa membuka online shop dan menjual berbagai macam barang.


 3. Kompasiana
Siapa yang tidak kenal dengan situs citizen journalism buatan penerbit harian Kompas yang satu ini? Boleh dibilang situs ini merupakan citizen journalism paling terkenal di Indonesia. Khusus sobat yang mau menulis tentang materi yang lebih serius bisa mencoba peruntungan disini. Pilihan topik tulisannya lebih luas dan relatif berbobot. Ada banyak lomba menulis berhadiah yang digelar secara cuma-cuma juga. Ada yang namanya K-Reward berupa uang tunai setiap bulannya untuk tulisan yang mengundang visitor yang banyak.


4. Sweek
Sama halnya dengan Pluk Me, disini kalian bisa posting cerpen atau novel. Hanya saja Sweek juga memuat cerpen dan novel dalam puluhan bahasa dari berbagai pengguna global. Ada ratusan lomba menulis cerita yang bisa kita pilih. Selain menjadi penulis, kita juga bisa menjadi pembaca. Bagi sobat yang suka baca novel atau cerpen, disini sobat bisa puaskan hasrat membaca.


Nah itulah tadi beberapa situs yang bisa puaskan hasrat menulismu, sekaligus dapat mendulang rupiah juga. Kuncinya jelas harus tetap konsisten menulis ya. Jangan lupa bagikan artikel ini pada temanmu biar sama-sama tahu. Bila kalian punya info tentang situs menulis yang bisa menghasilkan rupiah lainnya, silahkan komen dibawah ya. Semoga membantu dan menginspirasimu untuk jadi penulis yang keren. Salam hangat dari Molzania ^^

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.