Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Makanan yang kaya akan asam folat untuk ibu hamil dan menyusui merupakan salah satu nutrisi yang harus dikonsumsi. Asam folat sendiri merupakan salah satu zat yang bermanfaat sebagai pembentuk sel dan darah secara alami. Menurut Lembaga Kesehatan untuk Kehamilan Amerika Serikat di dalam situsnya menyebutkan jumlah konsumsi asam folat bagi ibu hamil mencapai 0,4-0,8 mg per hari.

Asam Folat untuk Ibu Hamil

Beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat yang baik dikonsumsi selama kehamilan  dan menyusui diantaranya sebagai berikut; sayuran hijau seperti bayam, jus jeruk, kacang-kacangan, roti, nasi, pasta dan cereal. Sebaiknya asam folat mulai dikonsumsi baik satu bulan sebelum program hamil dijalankan hingga trisemester pertama kehamilan. Alasannya pada masa itu, janin sedang dalam tahap perkembangan sel dan otak sehingga membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi yang mengandung asam folat.

Selain itu konsumsi asam folat juga bisa dilakukan melalui obat-obatan kimia. Tentunya bila cara ini diterapkan harus sesuai dengan resep dokter. Pentingnya ibu hamil dan menyusui menjaga asupan nutrisinya akan membantu dalam menjaga kesehatan bayinya. Asam folat merupakan salah satu zat dalam makanan yang harus rutin dikonsumsi. Nah, sekarang penasaran bukan apa saja manfaat asam folat? Berikut lima manfaat asam folat bagi ibu hamil :

1. Mencegah Keguguran dan Bayi Lahir Prematur
Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, bayi lahir prematur yang berusia hingga 37 minggu kehamilan merupakan penyebab utama janin meninggal dunia. Sebabnya janin lahir prematur belum memiliki organ yang sempurna untuk bertahan hidup. Perempuan utamanya sejak menikah seharusnya sudah rutin mengonsumi makanan yang mengandung asam folat. Ini penting dan bermanfaat untuk kehamilan nantinya. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang rajin mengonsumsi asam folat selama kurang lebih setahun sebelum hamil mengurangi risiko keguguran dan bayi lahir prematur hingga 50 persen lebih.


2. Menurunkan Risiko Janin Lahir Cacat
Sebagaimana diketahui kalau asam folat bermanfaat untuk perkembangan otak dan sel darah pada janin. Hal ini sekaligus mencegah dari risiko kematian pada janin karena otak dan sel yang tidak berkembang dengan sempurna. Sementara itu, asam folat juga mencegah risiko bayi lahir dengan berat badan yang kurang. 

3. Mencegah Anemia
Selama kehamilan, kebutuhan sel darah pada ibu hamil mengalami peningkatan. Hal ini cenderung akan menyebabkan anemia karena terjadi penurunan hemoglobin. Asam folat membantu karena dapat memproduksi sel darah merah yang membantu pengangkutan oksigen di dalam darah. Anemia karena kekurangan asam folat termasuk anemia megaloblastik karena disebabkan pertumbuhan yang tidak sempurna pada sel darah merah.


4. Membantu Proses Perkembangan Bayi
Tidak hanya bagi ibu saja, asam folat yang dikonsumsi ibu menyusui juga baik untuk kesehatan bayinya. Asam folat merangsang pertumbuhan imun yang membuat bayi tumbuh sehat dan kuat. Bayi memperoleh manfaat tersebut dari ASI yang kaya akan asam folat dan zat lainnya. Selain itu, asam folat juga baik untuk perkembangan otak bayi. 

5. Membantu Menjaga Kesehatan Ibu Menyusui
Menurut situs hamil[dot]co[dot]id, asam folat dapat mengatur kadar homocysteine yang terdapat dalam darah. Hormon ini tergolong asam amino yang membantu menstabilkan tekanan darah, sehingga berpotensi terhindar dari resiko serangan jantung, stroke dan pembekuan darah.


Nah itulah beberapa manfaat asam folat bagi ibu hamil dan menyusui. Mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat bubblelatte. Jangan lupa selain asam folat, konsumsi juga makanan bernutrisi lainnya ya demi kesehatan ibu dan bayinya. Salam hangat dari Molzania. ^_^

Source:
http://americanpregnancy[dot]org/pregnancy-health/folic-acid/
https://www.webmd[dot]com/baby/folic-acid-and-pregnancy#2
https://www.alodokter[dot]com/anemia-defisiensi-vitamin-b12-dan-folat
https://hamil[dot]co[dot]id/pasca-hamil/menyusui/manfaat-asam-folat-untuk-ibu-menyusui-2
https://www.emedicinehealth[dot]com/homocysteine/article_em.htm#what_are_the_health_risks_for_elevated_homocysteine_levels


Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.