Es Kacang Merah, Minuman Segar dan Sehat Khas Palembang

Kalau ditanya tentang minuman segar khas Palembang, wong kito galo akan kompak menyebut Es Kacang Merah. Minuman ini disajikan dalam keadaan dingin yang enak dinikmati saat hari panas. Saat ini di bulan September, Palembang cuacanya masih sangat terik. Untuk menetralisir rasa gerah, cocoklah jika Es Kacang Merah disajikan di hadapan sobat.


Es Kacang Merah khas Palembang terdiri dari isian sehat dengan harganya terjangkau. Sobat bisa menemui banyak penjual yang menyajikan penganan ini. Baik itu di restoran pempek atau di pinggir jalan. Tentu penjual abangan pinggir jalan, harganya relatif murah dibandingkan dengan yang ada di restoran. Sebagai perbandingan, harga Es Kacang Merah kaki lima dibandrol dengan harga Rp. 7.000 per gelas, sementara bila di restoran minuman ini dijual dengan harga Rp. 15.000 dan bisa lebih mahal lagi.

Salah satu tanda es kacang merah yang enak ialah kacang merah rebusnya terasa lembut. Sehari sebelum dimasak, hendaknya kacang merah direndam terlebih dahulu semalaman hingga mengembang dan terasa empuk. Cara merebus kacang merah yang benar disesuaikan dengan kondisi kacang merah itu sendiri yang relatif berbeda. Maka waktu perebusannya juga berbeda, tetapi umumnya sampai kacang merah terasa lunak ketika disentuh. Tidak perlu ditambah dengan gula pasir atau garam. Cukup direbus di dalam air mendidih hingga lembut.


Setelah kacang merah jadi, mulailah membuat kuah untuk Es Kacang Merah. Larutan kuah Es Kacang Merah tersebut bisa menggunakan susu ataupun santan sesuai selera. Sebelum direbus, tambahkan larutan tepung maizena agar kuah mengental. Setelah itu barulah direbus. Diusahakan tetap mengaduk agar kuah santan dan susu tersebut tidak pecah.  

Setelah semua bahan tersedia, maka siap untuk disajikan. Taruh kacang merah sesuai selera kedalam mangkuk atau gelas, lalu tambahkan kuahnya. Terakhir, beri es serut sesuai selera. Es kacang merah minuman dingin nan menyegarkan khas Palembang siap untuk dimakan. Agar lebih mantap, tuangkan susu kental manis coklat ke atas es serut. Nikmati selagi dingin.

Kacang merah termasuk biji-bijian yang kaya akan manfaat. Banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Diantaranya vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, vitamin D, magnesium, vitamin B6 dan vitamin B12. Kalori yang terdapat pada kacang merah tergolong rendah yaitu hanya 332 kalori per 100 gramnya, sehingga cocok untuk sobat yang ingin diet. 

Berikut manfaat Kacang Merah yang Baik Untuk Kesehatan

1. Mencegah Sembelit dan BAB Berdarah

Kacang merah mengandung serat alami yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, terdapat kandungan serat tak larut yang bermanfaat untuk memperlancar BAB. 


2. Mencegah Terjadinya Risiko Terkena Serangan Jantung
Kacang merah merupakan jenis kacang-kacangan yang tanpa kandungan kolesterol dan bebas lemak. Ini akan menghindari sobat dari penyakit kolesterol dan jantung yang merupakan pembunuh nomor satu di dunia.

3. Mencegah Diabetes dan Mengendalikan Nafsu Makan

Dikarenakan kandungan serat, protein dan karbohidrat yang tinggi, maka kacang merah akan membantu mengendalikan rasa kenyang yang bertahan lama. Selain itu kandungan serat yang tinggi juga membantu mengontrol glukosa dalam darah sehingga memperkecil risiko terkena diabetes.

  
Dalam bahasa Inggris, kacang merah dinamakan Red Kidney Bean yang berasal dari jenis kacang-kacangan bernama latin Vigna Angularis. Banyak masakan Indonesia yang menggunakan kacang merah. Diantaranya Es Kacang Merah yang nikmat namun tetap sehat yang patut jadi idola di musim panas. 

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.