Suka Duka Kuliah di Universitas Terbuka: Pengalaman Lengkap Ujian TAP UT S1 Akuntansi Part 6

Setelah lama nggak update cerita tentang pengalaman kuliah di Universitas Terbuka. Kali ini Molzania mau cerita tentang topik yang paling banyak direquest oleh sobat bubblelatte semua. Yaitu cerita tentang pengalaman ujian TAP UT S1 khususnya jurusan Akuntansi. Banyak banget mahasiswa yang sengaja inbox Molzania terkait hal ini. Nggak kehitung deh pokoknya. 


Molzania lulus S1-nya udah lumayan lama yaitu 3 tahun lalu. Terpaksa membongkar lagi ingatan lama untuk menuliskan pengalaman super lengkap ini. Pada dasarnya ujian TAP UT itu sama seperti ujian akhir pada kuliah biasa. Bedanya kalau kuliah normal kita diharuskan untuk membuat skripsi + menghadapi sidang akhir dimana skripsi kita nantinya akan diuji oleh beberapa dosen sekaligus, akan tetapi di UT itu ujian TAP alias Tugas Akhir Programnya itu sifatnya lebih ke ujian biasa.

Ya? Ujian biasa guys. Jadi sebetulnya nggak ada yang mesti dikhawatirin. Nah plusnya di ujian TAP UT itu kita diperbolehkan buka buku. Ujiannya sendiri digelar kalau nggak salah hari sabtu minggu kedua yang memang diperuntukkan untuk ujian praktek. Nah ujiannya sendiri selama 3 jam, jadi memang lebih panjang dari ujian pilihan ganda untuk mata kuliah lainnya. 


Kalau ujian di UT itu biasa dihadirkan dalam bentuk pilihan ganda. Nah pada ujian TAP itu jawabannya dalam bentuk essay. Tantangannya justru lebih ke arah mengefisienkan waktu agar bisa menjawab semua soal. Maksudnya supaya bisa kejawab semua gitu. Dikarenakan soal TAP UT itu lumayan panjang dan banyak. Siapin tangan kalian supaya nggak pegal menulis super cepat.

Banyak adik-adik mahasiswa yang kuliah di UT justru merasa keder dengan sistem TAP ini. Mereka merasa nggak mampu. Untuk Molzania sendiri sih merasa mudah-mudah saja. Dari semua ujian UT S1 Akuntansi, bisa dibilang ujian TAP ini termudah. Ada dua tipe soal ujian TAP; bagian pertama teori, sementara bagian kedua itu soal laboratorium auditing. 


Untuk itu kalian WAJIB punya ketiga modul yang menjadi persyaratan ujian TAP kalau pengin lulus dengan nilai A. Modul-modul itu adalah Auditing II, Teori Akuntansi, Sistem Pengendalian Manajemen dan Laboratorium Auditing. WAJIB juga bawa kalkulator gede yang maksimal 14 digit saat ujian berlangsung, karena soal laboratorium auditing angka hitungannya bisa sampai PULUHAN MILYAR.

Dulu Molzania pernah nggak lulus TAP hanya gara-gara SALAH BAWA KALKULATOR. Jadi hal-hal yang Molzania ketik pakai huruf besar PENTING sekali dan jangan sekali-kali diabaikan. Dulu pas ujian pertama itu, Molzania bawa kalkulator scientific yang biasa buat ngitung-ngitung fisika dan matematika pas SMA. Tapi itu sama sekali nggak muat buat menghitung soal laboratorium auditing pada ujian TAP. Sepele tapi PENTING.



Untuk bagian soal teori ujian TAP UT, yah lumayan mudah sih. Tapi tipsnya sobat harus familier dengan isi bukunya. Jadi begitu dapat soal langsung tahu posisi jawabannya ada di bagian modul yang mana. Usahakan juga mencari terlebih dahulu di halaman index modul. Setelah dapat kalian harus segera menulis, lalu usahakan bagian teorinya selesai dalam waktu 30 menit.

Nah setelah bagian teori sudah selesai, dalam waktu 2,5 jam berikutnya FOKUS di soal laboratorium auditing. Usahakan kita kerjakan dengan benar minimal sampai tahap Neraca Audit. Dengan begitu otomatis nilai A sudah di tangan. Asal jangan ada yang SALAH di bagian teori. 


Dulu sewaktu mengerjakan bagian laboratorium auditing ini, Molzania hanya mampu mengerjakan sampai tahap Neraca Audit. Untuk laporan audit masih setengah dikerjakan, karena waktu udah habis duluan. Hikz. Tapi Alhamdulillah-nya sih nilai TAP Molzania masih dapat A. Sempat ketar-ketir juga khawatir nggak lulus, tapi kenyataannya lulus. :D

Terakhir itu masalah TUTON TAP. Untuk urusan TUTON harus dikerjakan semuanya juga ya sobat. Nilai TUTON itu berpengaruh hingga 30% ke nilai akhir. Jadi tetap kerjakan dengan maksimal. Demikian pengalaman ujian TAP S1 Akuntansi UT Molzania. Sebenarnya ada satu bagian lagi yang mau Molzania ceritakan, yaitu KARYA ILMIAH. Kalau di UT, singkatannya KARIL. 


Namun itu bakalan Molzania ceritain pada part UT selanjutnya. Soalnya tulisan ini sudah kebanyakan. Nanti sobat semua bosan lagi bacanya. Hehe. So, kalau kalian pengen Molzania cerita lagi panjang lebar kaya gini, jangan lupa kasih komen lalu share artikel ini di sosmed kalian supaya makin banyak yang baca. Atau kalian mau request cerita tentang UT yang lain, feel free to comment ya. Sampai jumpa lagi pada cerita berikutnya. Salam hangat dari Molzania. ^_^ 

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.