Paid Events vs Unpaid Events: It's All Not About Money

Mengenal Blogger Events 

Setahun belakangan ini, Molzania disibukkan oleh kegiatan baru di dunia blogger. Tepatnya ialah menghadiri berbagai undangan event untuk blogger. Mulai dari kegiatan seminar, workshop, sampai acara resmi dari kepemerintahan. Sejujurnya Molzania sangat menyukai kegiatan yang positif seperti ini. Molzania seperti menemukan dunia baru yang dari dulu Molzania inginkan.


Biarpun capek, tapi fun. Kebanyakan event yang ada itu free, bahkan ada yang juga terbuka untuk umum. Nggak jarang ada pula yang mengundang kita dengan tujuan khusus dengan imbalan.Tapi ya yang namanya event datangnya nggak setiap hari. Tapi berdasarkan undangan. Untuk mendapatkannya pun kita harus mengeluarkan usaha. Baik itu melalui teman atau WAG. Nah di postingan ini Molzania akan membahas mengenai event yang dua itu. Tapi sebelum itu, mari kita bahas apa sih keuntungan dan kelebihan di antara keduanya.

Terdapat dua kriteria; paid events vs unpaid events. Keduanya sama-sama memiliki keuntungan dan kelebihan. Biasanya keduanya pun kadang memiliki hak dan kewajiban. Banyak pro dan kontra bila membahas antara keduanya. Postingan ini tidak ditujukan untuk membahas hal tersebut. Tapi sekedar menjabarkan antara keuntungan dan kekurangan menurut Molzania. ^^

Kelebihan dan Kekurangan Paid Events

Dari segi kelebihan sesuai namanya ini event yang dibayar. Nominalnya bisa bermacam-macam, tergantung dari pihak penyelenggara. Tak jarang penyelenggara juga membawakan kita oleh-oleh berupa goodiebag yang berisi produk milik mereka. Asyiknya lagi biasanya kita nggak sendirian diundang, tapi bersama-sama dengan teman-teman blogger yang lain.


Di acara-acara resmi seperti ini, para blogger akan diperlakukan secara khusus. Kita disiapkan jamuan, dan lokasi yang nyaman. Bahkan ada yang diajak jalan-jalan dan menginap di hotel. Berasa seperti orang penting. Namun nggak selalu seperti ini juga. Tergantung tema acara yang kita hadiri. 

Keuntungan lainnya pada events yang dibayar, ada tambahan ilmu yang dibahas khusus untuk blogger. Dapet teman-teman baru juga yang memperkaya kita dari segi networking. Selain itu bahasan yang berkaitan dengan agenda utama mereka. Lagi-lagi tidak semua events seperti ini. Ada juga yang hanya membahas full tentang promo dan agenda dari pihak penyelenggara saja.


Tapi konsekuensi dibayar itu berarti kita dikenai hak dan kewajiban sama mereka. Ada semacam deadline kerjaan yang harus kita penuhi. Kalau nggak bisa dipenuhi, resikonya siap-siap diblacklist pihak penyelenggara. Tapi biasanya sih kita dimaklumi jika sanggup memberikan alasan yang tepat. 

Kekurangan dari paid events ialah terkait dalam hal pembayaran. Beberapa kali Molzania merasakan sendiri prosesnya mandek hingga berbulan-bulan. Jujur itu sama sekali buat nggak nyaman. Apalagi kita sudah berusaha untuk mengerjakan tugas-tugas dengan sebaik mungkin. Mau diprotes pun serba salah. Terkadang apa yang kita sampaikan, tanggapan dari pihak brand berbeda. Padahal kita ingin pembayaran lekas dilaksanakan, sehingga sama-sama enak.

Kamu Sendiri Pernah Dipending Berapa Lama? ^^

Kelebihan dan Kekurangan Unpaid Events

Unpaid Events sesuai namanya event ini berarti bersifat free. Biasanya ditujukan untuk umum juga, tidak hanya untuk blogger. Namun alih-alih memberikan fee, ada pula yang memberikan substitusi lain berupa barang, goodie bag, produk atau sekedar buat ongkos. Asiknya events ini kita nggak diwajibkan untuk membuat tulisan. Tapi jika acara tersebut sesuai niche blog dan kita ingin membuatnya, ya nggak masalah.


Dengan membuatnya menjadi postingan blog, otomatis kita dapat cerita baru untuk blog kita. Selain itu jika kita optimasi lagi tulisannya, blog kita akan dikunjungi oleh lebih banyak pengunjung. Misalnya tulisan kita berhasil dishare oleh sosmed pihak penyelenggara events, maka followers mereka akan tertarik untuk membaca blog kita. Mungkin saja suatu hari nanti, kita bakalan dihire pula perusahaan mereka karena statistik postingan kita tentang acara mereka itu bagus.

Hal yang terbaik dari unpaid events ialah ilmu dan pengalaman yang kita dapat dari events tersebut. Menurut Molzania itu lebih penting dari apapun. Biarpun yang namanya unpaid atau malah kita yang disuruh bayar, menjadi seorang blogger juga harus belajar dan terus belajar tentang banyak hal. Untuk acara-acara seperti ini, Molzania memilih yang sesuai sama hobi dan minat Molzania saja. Atau kalau misalnya nggak minat, tapi kira-kira bagus buat ditulis di blog, ya ikutan juga.


Kesimpulan

Apapun events yang kita datangi, tetap jaga sikap profesionalisme sebagai seorang blogger. Biasakan datang tepat waktu dan mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin. Insha Allah rezeki akan berdatangan. Mudah-mudahan menambah pengetahuan teman-teman mengenai dunia blogging. Salam hangat dari Molzania. ^_^

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.