9 Jenis Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga yang Bisa Bawa Banyak Keuntungan

Para ibu rumah tangga saat ini bisa menjalankan bisnis kecilnya dari rumah. Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Apalagi kini Internet sudah bisa diakses dengan mudah. Sehingga menjalankan bisnis yang berbasis online bisa dengan mudah dilakukan banyak ibu rumah tangga.


Kini, untuk membuka bisnis online, Ibu rumah tangga hanya memerlukan smartphone dan laptop saja. Semuanya bisa dibangun dengan simpel. Mulai dari blog, hingga media sosialnya. Proses jual beli atau pekerjaan lainnya bisa dikerjakan sambil merawat anak. Tidak memerlukan modal besar, tapi bisa memberikan tambahan pemasukan yang cukup.

Berikut adalah 9 bisnis online yang bisa dilakukan untuk ibu rumah tangga:

  • 1. Menjadi Blogger

Jangan meragukan efektivitas dari Blog. Sejak pertama kali Internet ada, blog adalah salah satu sarana untuk menulis dan juga untuk berbisnis. Maka tidak heran, dari dulu hingga kini, blog masih banyak diminati. Cobalah untuk menulis blog harian dengan menggunakan jasa web hosting. Bisa pilih antara blogspot yang gratis atau wordpress hosting yang berbayar. Tema blog pun bisa bermacam-macam. Mulai dari pengalaman dan tips mengurus anak, membuat kerajinan, hingga resep-resep masakan yang dicoba. Sudah banyak ibu rumah tangga yang mendapatkan penghasilan dari blog. Bahkan, tidak sedikit pula yang tulisan blognya diterbitkan menjadi buku. Sangat menjanjikan bukan?


  • 2. Menjadi Youtuber/Vlogger

Sama halnya seperti blog, kini vlog juga sedang menjadi primadona. Hal ini bisa saja dimanfaatkan. Apalagi jika Anda adalah ibu rumah tangga yang senang bercerita langsung, tanpa melalui tulisan. Vlog juga bisa tentang berbagai hal. Apa saja yang disenangi. Bisa berupa resep atau cara memasak, review produk kebutuhan anak, sampai dengan membuat video DIY (Do It Yourself) perabotan atau kebutuhan rumah. Semua ini merupakan video yang banyak dicari orang. Sehingga tentunya, selain bisa menghasilkan biaya tambahan, video juga bisa membantu sesama rekan ibu rumah tangga.



  • 3. Jastip Online

Bagi ibu rumah tangga yang senang berbelanja, mungkin jastip adalah bisnis yang bisa dijalankan. Anda hanya perlu membuat media sosial dan menyebarkan informasi melaluinya jika Anda sedang membuka jasa titip barang.

Biasanya bisnis ini dilakukan dengan metode open PO (pre-order). Atau pembeli yang titip perlu mengirimkan biaya terlebih dahulu sebelum kita memberikan barangnya. Jadi tidak perlu khawatir untuk membutuhkan modal yang besar. Barang yang diperjual belikan bisa beragam. Mulai dari kebutuhan anak, kebutuhan rumah, sampai buku.


  • 4. Buat Kerajinan Tangan

Jika memang Anda adalah tipe ibu rumah tangga yang senang mengerjakan kerajinan tangan, maka bisnis ini cocok untuk Anda. Karena bisnis ini disenangi juga oleh pasar ibu rumah tangga. Buatlah kerajinan tangan yang berguna untuk kebutuhan rumah. Foto hasil kerajinan Anda, dan pamerkan di media sosial. Sesuaikan harga dengan keunikan dan kesulitan pembuatan. Bisnis ini juga bisa dilakukan dengan metode Open PO, sehingga tidak perlu keluar modal sebelum ada yang memesan kerajinan Anda.


  • 5. Fashion dan Apparel

Wanita tentunya tidak pernah lepas dari perkembangan fashion. Maka dari itu, bisnis fashion tampak "tidak ada matinya". Hal ini tentu bisa dimanfaatkan menjadi bisnis rumah tangga. Ibu rumah tangga bisa menjual deretan fashion mulai dari sepatu, baju, rok, hijab, topi, hingga tas. Anda hanya perlu untuk membuat akun media sosial dan mencari supplier yang bisa dipercaya, memiliki kualitas barang bagus, dan menerima sistem dropship. Jangan lupa juga, tidak perlu terpatok pada fashion wanita saja. Karena fashion pria juga banyak peminatnya.


  • 6. Kuliner

Untuk yang senang memasak, bisnis kuliner online bisa menjadi jawaban. Model bisnis yang dibuat bisa seperti model bisnis katering rantang. Dengan menu harian yang bervariasi, pelanggan bisa memesan dengan cara pre-order. Sehingga makanan tetap fresh. Untuk jasa pengiriman, Anda bisa memanfaatkan fitur instant courier yang sekarang banyak tersedia di aplikasi ojek online. Cobalah untuk membuat menu makanan yang sehat. Karena saat ini, tipe makanan sehat dan sedang digemari. Terutama makin banyaknya orang yang ingin memulai gaya hidup sehat.


  • 7. Penerjemah Lepas

Untuk ibu rumah tangga yang memiliki keahlian bahasa selain bahasa Indonesia, menjadi penerjemah bisa menjadi solusi. Kini semakin banyak orang yang membutuhkan jasa penerjemah. Apakah itu bahasa Inggris, Perancis, China, hingga Korea. Anda bisa memasarkan keahlian Anda pada banyak bisnis yang memutuhkan penerjemah. Media sosial profesional LinkedIn bisa menjadi salah satu tempat memasarkan skill menerjemah Anda.


  • 8. Pulsa dan Paket Data

Internet dan telepon kini seakan sudah menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari seseorang. Maka dari itu, pulsa dan juga paket data Internet menjadi sangat penting untuk dimiliki. Problemnya, mereka kerap kali malas untuk membeli dan berjalan ke counter penjual pulsa dan paket data. Kesempatan inilah yang bisa dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga.


  • 9. Tanaman dan Bunga 

Belakangan, bisnis tanaman rumahan bisa menjadi primadona. Apalagi kini rumah cantik dengan tema eco-friendly sedang digemari banyak orang. Jenis tanaman yang bisa dijual mulai dari kerajinan tanaman hias seperti kokedama, bibit pohon, sampai dengan bunga. Bunga-bunga seperti anggrek, mawar, melati, dan lainnya memiliki nilai bisnis yang tinggi. Perlu diperhatikan bagaimana cara pengemasan pengiriman tanaman. Hal ini agar kualitas tanaman terjaga pada proses pengiriman.

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.