Pinjam E-book Indonesia Ala Perpustakaan Lewat Androidmu!

Nemunya secara nggak sengaja, beneran deh! Ternyata bermanfaat banget aplikasi androidnya. Molzania jadi tidak perlu susah-susah buat ke perpustakaan untuk pinjam buku. Tinggal unduh via Google Store klik sana, dan sini. Udah bisa langsung baca dan nikmati buku favoritmu. Eh, tau kan kalau orang Indonesia index membacanya cukup memprihatinkan? Dengan cara ini mungkin sobat bisa mengubahnya perlahan-lahan.


Pada penasaran kan? Nama aplikasinya iPusNas. Aplikasi ini resmi dari pemerintah dan badan perpustakaan nasional. Sesuai dengan tujuannya untuk mengubah nilai index membaca rakyat Indonesia, lewat aplikasi ini kita bisa mendownload ribuan e-book berbahasa Indonesia. Koleksinya lumayan banyak dan lengkap. Kita bisa memilih e-book sesuai dengan kategori yang diinginkan.

Dikarenakan sistemnya ala perpustakaan, jadi e-booknya tidak bisa kita nikmati seutuhnya. Melainkan dengan cara dipinjam. Sekali meminjam, kita bisa membacanya selama dua hari. Setelah masa pinjamannya habis, e-booknya akan terhapus secara otomatis dari koleksi kita. Lalu untuk membacanya kembali, kita bisa meminjamnya ulang. Tuh, mirip kan sama kalo kita meminjam buku di perpustakaan?


Secara yang mengeluarkan aplikasi ini berasal dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Anyway, thanks banget loh untuk pihak yang sudah bersusah payah menelorkan aplikasi ini. Haruslah kita dukung bersama. Jangan sampai aplikasi ini distop gara-gara kurang peminat. Sejauh ini Molzania cukup puas dengan tampilan e-booknya. Walaupun untuk membaca lewat e-book membuat mata ini suka lelah. Hehe.

Oiya, kalau kita meminjam e-book via aplikasi ini, pastikan stoknya tersedia ya? Soalnya kadang ada beberapa buku yang stoknya habis karena banyaknya peminjam. Terutama nih yang berkategori novel lumayan banyak peminatnya. Jika kebetulan e-book yang kita mau pinjam sudah habis, kita bisa menunggu antrian. Jika sudah tersedia, maka akan diberitahu lewat notifikasi android kita.\


Tapi Molzania nggak pernah tuh kehabisan stok e-book. Mungkin karena e-book yang Molzania pinjam sepi peminat ya. Soalnya lumayan berat-berat sih bacaannya hehe. Nah untungnya sih semua kategori mulai dari bacaan ringan ala novel dan komik hingga bacaan berat seperti filsafat dan sejarah, semuanya tersedia. Bahkan ada buku-buku yang pernah Molzania baca di Perpusda, ada juga e-booknya di iPusnas. Jadi kalau mau baca ulang, ya tinggal download aja di sana. Hehe. 

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kita pertama kali harus register via sosial media. Maksimal buku yang bisa kita pinjam per koleksinya itu dua buah. Jika sudah selesai atau merasa bosan, e-booknya bisa langsung kita kembalikan juga. Lalu setelahnya kita bisa meminjam e-book yang ingin kita baca.


Sayangnya aplikasi ini tidak dilengkapi dengan audio booknya. Padahal sih jika ada fasilitas audio booknya akan lebih baik. Jadi kalau udah ngantuk baca, bisa sekalian dibacain oleh aplikasinya. Teman-teman yang tuna netra juga bisa ikutan baca. Hehe. 

Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi iPusnas sobat yang malas baca, bisa semangat lagi deh bacanya. Mudah-mudahan pula dengan ulasan ini koleksi bukunya bisa juga bertambah banyak karena penggunanya juga semakin banyak. Yuk, mulai membaca lewat iPusnas! Salam hangat dari Molzania. ^^  

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.