Jadi Blogger Produktif, Yuk!

Istilah produktif erat kaitannya tentang masukan dan keluaran. Maksudnya kalau berbicara dari segi produktivitas, maka berarti kita sedang membicarakan tentang usaha dan karya yang kita hasilkan. Usaha yang baik dan maksimal, maka karya yang kita hasilkan juga terbaik. Begitu pula dalam dunia blogging.



Seorang blogger dituntut untuk dapat menghasilkan suatu karya kreatif yang dapat bermanfaat untuk banyak orang. Membuat karya kreatif itu tentu tidaklah mudah. Sebuah proses yang tidak sebentar dan membutuhkan waktu. Setelah konten tersebut kita hasilkan, masih harus berpikir bagaimana menempatkannya menjadi posisi yang teratas pada mesin pencari. Barulah sebagai hasil akhirnya, karya yang kita buat dapat dinikmati dan dibaca oleh masyarakat luas.

Alur di atas baru soal input, lantas bagaimana dengan output? Membahas output tidak melulu membicarakan soal materi. Melainkan branding positif yang jauh lebih penting bagi seorang blogger. Jika berhasil membangun branding kita kuat dan positif, maka hal-hal lain hanya tinggal mengikut saja. Termasuk persoalan materi.




Lantas apa yang harus kita para blogger lakukan untuk dapat selalu produktif? Simak beberapa caranya di bawah:

  • 1. Belajar, Belajar, Belajar
Sebagaimana istilah dalam Bahasa Arab, “Tuntutlah ilmu dari ayunan hingga ke liang lahat”, seorang blogger juga diharuskan menimba ilmu. Baik itu berkaitan dengan hal-hal teknis seperti cara menulis, maupun dari segi pemikiran. Blogger yang baik dimulai dari tulisan yang baik, positif serta terhindar dari hoax dan ujaran kebencian. Cara terbaik untuk memulai ialah dengan membaca.



  • 2. Fokus pada Tujuan
Kalau mau jadi blogger yang produktif, ya kita harus fokus pada tujuan. Bertanyalah pada diri sendiri apa tujuan sobat ngeblog? Apakah itu hanya sekedar untuk berbagi pengalaman ataukah tujuan lain semisal mau ikutan lomba atau kerjaan. Biasanya kita akan lebih santai bila itu ngeblog hanya untuk berbagi kisah. Lain halnya bila itu ikut lomba atau kerjaan, maka ngeblog kita akan lebih terarah karena akan ada rules/aturan yang wajib kita jalani.

  • 3. Komitmen
Selain fokus, kita juga harus punya komitmen. Blogger produktif ialah blogger yang mampu menghasilkan konten yang bagus. Artinya kita harus sungguh-sungguh mengerjakannya. Tidak boleh tanggung dan setengah-setengah. Tulisan yang dihasilkan dari niat akan berbeda dari tulisan kita yang asal-asalan. Untuk itu sebelum memulai ngeblog, tanamkan terlebih dahulu pada diri sendiri bahwa kita akan menjadi blogger yang produktif untuk ke depannya.



  • 4. Tidak Pernah Merasa Puas
Menang lomba sekali atau dipuji pembaca karena tulisan kita bagus, lantas kita lalu merasa senang? Boleh saja. Hal itu manusiawi. Tapi euforianya untuk sesaat saja ya. Molzania sendiri menetapkan batas waktu merasa senang atau sedih selama 1 hari penuh. Bila 24 jam telah lewat, saatnya kita untuk move on dan memulai lagi membuat konten blog yang berkualitas.

  • 5.Refreshing
Hal terakhir yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga produktivitas ialah refreshing. Adakalanya setelah beberapa lama nulis, kita merasa jenuh dan bosan. Saran Molzania jangan paksa diri untuk terus menulis. Otak juga butuh penyegaran alias refreshing. Lakukan saja hal-hal yang bikin senang selama beberapa saat. Tapi ingat jangan kelamaan juga. Blog kita butuh asupan artikel baru agar bisa tetap eksis di dunia maya.



Itulah beberapa tips meningkatkan produktivitas ngeblog versi Molzania. Mudah-mudahan menjadi tambahan pengetahuan buat sobat bubblelatte yang membacanya. Salam hangat dari Molzania. ^^

*tulisan ini juga diikutsertakan dalam event Collaborative Blog "Komunitas Emak Blogger" Kelompok Dian Sastro dengan trigger post "Meningkatkan Produktivitas Ngeblog Meski Sibuk" karya Intan Novriza Kemala Sari #KEBBloggingCollab 

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.