Kisi-Kisi Ujian Chartered Accountant (CA) Manajemen Perpajakan

Balik lagi dengan konten ujian Chartered Accountant (CA). Hari ini Molzania mau membagikan kisi-kisi ujian untuk mata pelajaran Manajemen Perpajakan. Well, Molzania ujian ini lebih tepatnya bulan April lalu. Tapi baru sempat nulis di blog ini pada hari ini. Sedikit telat, tapi ya mau gimana ya. Soalnya Molzania banyak deadline yang harus diurus terlebih dahulu. Hehe.


Tapi tenang aja, Molzania udah ngelist kisi-kisinya. Pada dasarnya, soal ujian CA itu bersifat random. Soalnya bisa sulit atau mudah. Itu tergantung keberuntungan kalian. Bisa jadi nih soal ujian periode lalu, kalian merasa mampu menjawab soalnya dengan benar. Padahal kenyataan ujian yang kalian hadapi saat ini ternyata sulit. Apalagi untuk mata pelajaran Manajemen Perpajakan. 

Khusus mata pelajaran Manajemen Perpajakan, kalian harus siap dengan soal-soal hitungan. Hampir 90% soal yang Molzania kerjakan kemarin itu sifatnya menghitung. Baik itu pilihan ganda, essay ataupun studi kasus. Dan itu ampun dije, rumus hitung-hitungannya nggak ada di modul. Kalau kalian biasa dengan hitung-hitungan perpajakan baik nasional ataupun internasional, mungkin akan jauh lebih mudah.


Pada saat Molzania ujian CA, terjadi hal konyol yang Molzania lakukan. Saat ujian berakhir, Molzania sempat meminta pada pengawas soalnya untuk Molzania foto. Tahu nggak apa jawaban pengawas? Jelas nggak boleh. Haha. Ini demi kalian semua guys. Demi kelangsungan blog ini juga. Molzania bela-belain untuk mencatat dan mengingat-ingat materi. Meski ya soalnya itu banyak banget.

Seperti biasa guys, Molzania hanya membagikan kisi-kisi soal essay dan studi kasus saja. Itupun nggak semua, karena soal ujiannya itu kemarin banyak. Nggak mungkinlah Molzania bisa hapal keseluruhan soal yang berlembar-lembar itu.  Hikz. Ini dia, Molzania dibawah ini udah rangkumin kisi-kisinya untuk kalian. Bisa dilihat pertanyaannya di bawah ini:



Ohiya, saran Molzania untuk kalian yang mau ikutan ujian Manajemen Perpajakan diharapkan untuk membawa kalkulator gede yang nominalnya maksimal. Maksudnya diatas 12 digit gitu. Alasannya materi ujiannya nanti bisa mencapai angka milyaran hingga puluhan milyar. Jadi sedia payung sebelum hujan saja. Jangan sampai nanti pas ujian kita kelabakan hitung-menghitung karena jumlahan angkanya nggak muat di kalkulator. :)

Well, done. Apa lagi ya yang mau dishare? Terkait modul tambahan Molzania saranin kalian untuk beli buku Manajemen Perpajakan karya siapapun di luaran sana untuk referensi soal hitung-hitungannya. Molzania sendiri menggunakan buku Perpajakan Teori & Kasus oleh Siti Resmi. Belinya di Bukalapak biar lebih murah. Soalnya nggak mungkin kita cuma ngandalin modul, karena di modul IAI itu sendiri minim soal hitungan.



Akhir kata, selamat belajar. Semoga kita semua bisa lulus semua ujian CA tepat waktu. Oiya, jangan lupa buat kalian yang belum bergabung dengan grup Chartered Accountant Indonesia di Facebook, kalian bisa segera bergabung disana. Soalnya di grup itu ada kumpulan album berisi soal-soal ujian CA lengkap. Jadi kalian bisa belajar dari sana. Salam hangat dari Molzania. ^_^

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.