Alasan Kenapa Postingan Blog Butuh Ilustrasi dan Gambar

Dulu sewaktu awal-awal mengelola blog, Molzania sama sekali hanya mengandalkan tulisan tanpa gambar. Alasannya karena waktu itu Molzania lebih suka menulis ketimbang menggambar. Non sense? Setidaknya itulah hal yang berada dalam pikiran bocah yang baru tamat SMA.


Molzania lebih mudah menumpahkan segala sesuatu lewat kata-kata, ketimbang lewat gambaran pribadi. Waktu itu, Molzania lebih suka menulis karya sastra, seperti puisi dan cerpen. Plus pada waktu itu ngeblog hanya kegiatan untuk suka-suka. Bukan dalam rangka pekerjaan seperti saat ini.

Seiring waktu berlalu, gaya ngeblog pun berubah seratus delapan puluh derajat. Molzania mulai memasukkan satu dua gambar di dalam tulisan. Darisitu, mulai banyak manfaat yang dirasakan. Antara postingan yang punya satu dua gambar dibandingkan yang hanya mengandalkan tulisan ternyata berbeda. Apa saja sih manfaat membuat postingan blog dengan gambar? Berikut beberapa diantaranya:


1. Mempercantik Postingan Blog

Fungsi pertama dari sebuah ilustrasi atau gambar pada postingan blog tak lain untuk memperindah. Postingan yang dilengkapi dengan gambar, bagaimanapun akan terlihat lebih cantik ketimbang yang tidak menggunakan sama sekali. Apalagi jika kita mencoba untuk membagikan postingan tersebut ke sosial media, semisal Facebook dan Google Plus. Maka akan ada thumbnail atau snippet yang muncul pada artikel yang kita bagikan.



2. Membantu Memahami Data Lebih Baik Lewat Info Grafis
Hal ini dikarenakan otak kita cara kerjanya dipengaruhi oleh warna. Lebih jauh, berbagi info lewat grafis membuat kita cenderung lebih memahami ketimbang dalam bentuk kalimat deskriptif. Contohnya saja ketika menyajikan bagan alur atau proses.

Contoh Info Grafis

3. Memperjelas Ide Cerita/Narasi
Maksudnya gambar ilustrasi akan mampu memberikan gambaran singkat tentang isi cerita atau ide yang akan disampaikan. Contohnya saja penggambaran yang disajikan dalam bentuk komik atau manga. Lebih jauh lagi, sebuah karya cerita biasanya dilengkapi dengan ilustrasi. Nah ilustrasi ini akan mewakili isi cerita tersebut sehingga pembaca mengerti maksudnya.

Contoh Ilustrasi Gambar Komik

4. Memperkuat Argumen Diri / Pengalaman yang Dirasakan
Ilustrasi juga dimaksudkan sebagai sarana untuk mengungkapkan pengalaman yang kemudian divisualisasikan dalam benntuk gambar. Tujuannya tak lain untuk memperkuat pengalaman tersebut sehingga pembaca sepenuhnya hanyut ke dalam peristiwa yang kita rasakan tersebut.

Contoh Ilustrasi Pengalaman Orang Berbelanja

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa postingan blog butuh ilustrasi. Sobat bisa memanfaatkan aneka situs yang tersedia. Baik yang berbayar maupun yang gratis. Atau bisa juga hanya dengan melakukan pencarian search engine semisal Google Images. Jangan lupa bila mengambil gambar gratis khususnya dari Google Images, harap sertakan sumber situs gambar yang kita ambil.

Untuk sobat yang punya budget lebih, tidak ada salahnya memilih ilustrasi/gambar yang berbayar. Kalian bisa menggunakan Jasa Agenshutterstock bila berminat. Agenshutterstock(dot)com adalah bagian dari IDCopy.  Pilihannya tentu lebih banyak, beragam dan tanpa watermark. Terakhir, jangan lupa share postingan ini jika dirasa bermanfaat. Salam hangat dari Molzania. ^_^

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.