Nongkrong Asyik Sambil Baca Buku di Perpusda Palembang

Bicara nongkrong asyik sama Molzania dipastiin kalian yang hobi membaca pasti bakalan suka juga. Soalnya Molzania suka banget nongkrong di perpustakaan. Inget banget dulu sewaktu masih balita, ayah sudah ajakin Molzania ke perpustakaan. Makin besar sempat sih hilang, mulai jarang ke perpustakaan. Soalnya masa sekolah dulu, kalau mau baca langsung ke perpustakaan sekolah. Sayangnya dulu sekolah Molzania perpustakaannya berada di lantai atas. Kalau mau pinjam ya Molzania minta bantuan sama teman untuk minjem buku kesana.


Di Palembang, salah satu perpustakaan yang wajib dikunjungi ya perpustakaan daerah. Lokasinya berada di Jalan Demang Lebar Daun, Lorok Pakjo. Koleksinya lumayan lengkap disini. Untuk jadi tempat kongkow boleh banget. Soalnya udah ada fasilitas wifi dan AC-nya pula yang disediakan gratis oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan.

Sebenarnya ada dua atau tiga lantai, sayangnya belum ada fasilitas lift. Begitu masuk perpustakaan, kita sudah disambut ke bagian pendaftaran dan tempat pengembalian buku. Di lantai pertama, ada dua ruang baca yang koleksi bukunya beda-beda. Sebelah kiri untuk tempat bagian fiksi, dan sebelah kanan tempat bagian non fiksi.


Kalau mau lebih mudah mencari buku yang kita inginkan, tinggal cari lewat komputer biar nggak bingung lokasi bukunya berada dimana. Kebetulan waktu itu Molzania lagi kepingin baca buku tentang psikologi, jadi Molzania langsung cari dibagian koleksi buku psikologi deh.  Sebelum meminjam, pastiin kalian sudah mendaftar jadi anggota perpustakaan ya. Gratis kok pendaftarannya. Nanti kita isi data dulu di komputer, lalu nanti difoto di bagian pendaftaran. Setelah itu nunggu kartunya dicetak, bentuknya persis KTP gitu. Sehari langsung kelar kok kartunya kalau nggak salah. 

Molzania kalau kesini biasanya langsung pinjam untuk dibawa pulang. Batas maksimal jumlah buku yang bisa dibawa pulang itu tiga dan lama waktu meminjamnya sebenarnya seminggu. Soalnya buku yang Molzania pinjam biasanya kan tebal-tebal, jadi kalo seminggu rasanya kurng. Jadi Molzania suka balikinnya sebulan sekali hehe.. Nggak didenda kok, yang penting sih dibalikin bukunya.



Jam buka Perpustakaan Daerah Palembang lumayan lama. Saran Molzania sih lebih baik kesininya pagi biar otak masih fresh. Hari biasa Perpusda buka dari Senin hingga Jumat buka dari pukul 8.00 WIB - 18.00 WIB. Sabtu dan Minggu tetap buka dari pukul 8.00 WIB - 14.30 WIB. Perpusda hanya akan tutup jika tanggal merah atau hari libur. 

Untuk koleksi buku anak-anak, tersedia di bagian depan gedung. Terpisah dari tempat koleksi buku fiksi dan non fiksi. Kalau mau minjam, tetap ke gedung utamanya dulu. Nanti bukunya langsung discanning di komputer sama petugasnya, baru deh buku boleh dibawa pulang. Semenjak beberapa tahun belakangan, perpusda Palembang makin canggih lho. Dulu waktu awal-awal, mereka masih menggunakan teknik manual dicatet di kartu kertas. Tapi makin kesini, peralatannya makin canggih. Fasilitasnya juga diperlengkap. Salut sama kinerja Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.


Lagi-lagi tetap ada kekurangan. Disini fasilitas untuk disable masih sangat kurang. Terutama untuk disable mobilitas yang susah berjalan seperti Molzania. Untuk masuk ke dalam, perpusda masih menggunakan beberapa anak tangga. Ada baiknya ditambah jalan masuk untuk kursi roda. Supaya disable mobilitas tidak kesulitan untuk masuk ke perpustakaan. Oiya kalau kalian kebetulan haus setelah pilih-pilih buku, disini udah disediakan berbagai minuman dingin yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Tapi hari minggu waktu Molzania kesini, petugasnya sedang tidak bertugas jadi gak bisa dibeli deh.  

*tulisan ini juga diikutsertakan dalam event Collaborative Blog "Komunitas Emak Blogger" Kelompok Dian Sastro dengan trigger post "Tempat Nongkrong Seru di Rangkasbitung" karya Erin Herlina #KEBBloggingCollab 

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.