Hal yang Harus Dihapal Blogger di Luar Kepala

Jadi blogger mudah? Kata siapa? Setidaknya banyak hal yang sudah Molzania pelajari selama bertahun-tahun menjadi blogger. Dan ini tidaklah mudah. Benar, pengalaman guru berharga. Menjadi blogger pun juga harus belajar banyak hal. Apalagi jika ingin menjadikan blog sebagai ladang penghasilan. Asal tau aja ya, blogger jaman now bukan hanya tulis menulis saja pekerjaannya. Seorang blogger minimal harus menguasai 3 hal selain menulis; graphic design, web developer dan internet marketing.


Selain itu, ini dia ilmu yang akan Molzania bagikan tentang dunia blogging. Setidaknya ini yang sudah Molzania sendiri kuasai berkat pengalaman ngeblog selama ini. Tidak hanya pelajar, blogger professional pun juga ada hapalannya loh. Mau tahu? Berikut ini hal-hal yang harus dihapal blogger di luar kepala:

1. Blogger Itu Harus Hapal Nomor KTP
Alasannya demi kemudahan, seorang blogger diwajibkan untuk hapal setidaknya nomor KTP. Molzania sendiri sudah menghapalnya sejak bertahun-tahun lalu. Bagi seorang blogger, terkadang untuk mendapatkan job dari klien mereka meminta nomor KTP. Sering pula jika blogger menang suatu lomba, pihak penyelenggara pun juga meminta nomor KTP. Menurut Molzania sih daripada harus bolak-balik mengambil KTP untuk melihat nomornya, lebih baik dihapalkan saja. Lebih praktis bukan?

Jadi nomor KTP tidak hanya dibutuhkan untuk registrasi simcard saja. Bagi seorang blogger, KTP dibutuhkan untuk mendapat pekerjaan. Jadi kalau suatu saat ditanya sama klien, tinggal jawab langsung aja gak pake cek dulu. Bahkan tidak hanya nomor KTP, Molzania sendiri juga sudah hapal nomor KK. Thanks to pemerintah yang telah mewajibkan registrasi simcard. By the way, sobat sendiri sudah pada registrasi simcard belom nih?


2. Blogger Itu Harus Hapal Nomor Rekening Bank
Kayaknya sih tidak hanya blogger, tapi seluruh pencari penghasilan lewat internet juga mesti hapal. Nggak lucu aja gitu kalau ada klien yang minta nomor rekening, eh kita mesti masih ubek-ubek laci karena nggak hapal. Makanya blogger itu wajib hapalan nomor rekening bank miliknya. Biar cepet aja gitu urusannya. Tinggal nerima pencairan dana deh. Klien puas, blogger pun senang.

3. Blogger Itu Harus Hapal Nomor NPWP
Ini nggak wajib juga sih. Sendirinya Molzania belum mempunyai NPWP. Tapi ini termasuk nomor penting juga yang kadang diminta klien blog. Khususnya klien dari perusahaan besar cenderung meminta nomor NPWP. Keuntungan memiliki nomor NPWP, penghasilan yang kita dapatkan dipotong 2,5% saja. Kalau belum punya NPWP, maka potongannya sebesar 3%. Jumlahnya mungkin nggak worth, jika penghasilannya masih kecil. Tapi kalo nominalnya sudah jutaan, ya besaran pajaknya juga lumayan. Jadi saran Molzania untuk blogger yang udah punya NPWP, lebih baik dihapalkan saja nomornya.

4. Blogger Itu Harus Hapal Nomor Hp
Masih ada gitu jaman sekarang gak hapal nomor hp? Setidaknya beberapa orang yang Molzania temui nggak hapal nomor hpnya sendiri. Duh yang bener? Iya beneran kok. Untuk seorang blogger, ini BIG NO NO deh. Ngambil job di dunia blogger itu kadang butuh kecepatan dan akselerasi yang mumpuni. Sekalinya ada yang posting job, udah ada banyak yang nungguin. Salah satu hal yang sering ditanyakan oleh klien itu nomor hp. Jadi bagi seorang blogger, ini tuh penting sekali buat dihapal di luar kepala. Tujuannya biar kita nggak keduluan yang lain.

Nah itu dia beberapa hal yang harus dihapal blogger di luar kepala. Kelihatannya sih sepele, tapi bagi Molzania sendiri itu penting untuk dikuasai. Tentunya hapalnya nggak sks ya, tetapi seiring berjalannya waktu. Oke deh, mudah-mudahan bisa menjadi tambahan ilmu buat kalian sobat bubblelatte. Kalau kalian punya ide lain, sok tulis di kolom komentar. Ditunggu artikel selanjutnya. Salam hangat dari Molzania. ^_^

19 comments :

  1. Dari semua itu...saya cuma hapal nomor hape
    hahaha...

    gak apalah, jarang dapat klien juga
    :D

    ReplyDelete
  2. Satu lagi yang penting jadi seorang blogger harus hafal tata letak keyboard biar cepet bikin artikel nya Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas masukannya, nanti Molzania tambahin diatas ya ^^

      Delete
  3. ngomongin NPWP udah lapor SPT belum ya

    ReplyDelete
  4. No KTP dan no rek bank ga apal hehhehe

    ReplyDelete
  5. Hihihi saya cuma hapalnya no HP aja mba. Klo ktp n npwp gtu suka memang slalu bawa do dompet

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kalo mau isi form yang diminta ktp, mesti bolak balik ambil dompet ? hehe

      Delete
  6. Muahahahaha.
    Aku semuanya gak hapal lho, tapi ada contekannya dan capture-nya di hape sih.

    Jangan lupa selalu siapkan tanda tangan digital biar gesit kalo disuruh bikin invoice hehehe.

    ReplyDelete
  7. Aku nomor ktp sama no rekening hapal sih. Tapi kalau npwp masih nggak hapal

    ReplyDelete
  8. Haduh nggak apal, mesti ubek2 dompet dulu kalau ditanyain wkwkwkw. Apalagi ktp n rekening,

    ReplyDelete
  9. walaaah saya cuma hafal nomor hp doank. selebihnya saya simpan di kontak hape.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan disimpan di kontak hp mbak. nanti kalo hpnya hilang data kita bisa disalahgunakan.. :(

      Delete
  10. Wah iyaa no NPWP nih belum hafal padahal termasuk sering dimintain ya hahahaha

    dini@sejenakberceloteh.com

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

My Instagram

Copyright © BuBBLeLaTTe . Made with by Molzania Design