Blogger Events : Yay or Nay ?

Seiring dengan bertambahnya persaingan di dunia bisnis, maka seiring pula banyaknya perusahaan yang berdiri. Untuk memperkenalkan produk terbarunya di pasar, management perusahaan tersebut tak jarang memanfaatkan dunia internet. Salah satu yang kebanjiran job dari perusahaan-perusahaan ini ialah blogger. Yap, dewasa ini kegiatan blogging sedang menjadi kegiatan yang cukup menjanjikan.


Tau dengan istilah blogger events? Para blogger yang diundang inilah yang biasanya disebut dengan Blogger Events. Mereka yang ikut meramaikan acara-acara launching produk perusahaan tersebut. Previlege yang didapatkan oleh perusahaan tentu saja melalui postingan dan foto-foto para blogger yang diundang. Setidaknya teman-teman dan follower sosial media blogger tahu bahwa perusahaan tersebut sedang melaunching produk baru.

Sah-sah saja menjadi blogger events. Bagaimanapun itulah tujuan membangun networking dalam kapasitas sebagai seorang blogger professional. Molzania sendiri sering menghadiri events jika kebetulan acaranya menarik dan waktunya memungkinkan. Selain mendapatkan sejumlah pengalaman, kita juga bertemu dengan banyak orang baru. Tak jarang pula, perusahaan juga memberikan previlege lain. Entah dalam bentuk produk, voucher, ataupun fee sejumlah tertentu. Itulah salah satu hal yang mengasyikkan dari kegiatan dimana blogger diundang.


Ada beberapa hal yang setidaknya harus diperhatikan oleh Blogger Events ketika menghadiri sebuah acara. Salah satunya melihat apakah acara tersebut sesuai dengan niche blog yang kita miliki. Nggak lucu ketika blogger kuliner diundang untuk menghadiri acara launching mobil misalnya. Selain nggak sesuai niche, blogger kuliner pastinya akan bengong karena nggak mengerti apa yang disampaikan dalam acara tersebut. Jika memang terpaksa, ya sebaiknya nggak perlu ditulis dalam postingan blog. Cukup mengupload foto-foto di sosmed untuk kepentingan publikasi.

Itu menurut Molzania sih, kalau menurut kalian bagaimana ?

Hal lain yang harus diperhatikan ialah jeda postingan events di blog kita. Kebanyakan ngeblog berkaitan dengan events itu juga harus dihindari. Kenapa? Karena ini akan berpengaruh pada image blogger kita ternyata. Citra yang dibangun akan berdampak negatif. Menurut sebagian orang, postingan blog yang melulu tentang events membuat blog kita terkesan murahan. What?


Molzania sih sedikit nggak setuju dengan kalimat ini. Tapi ya whateverlah ya namanya juga penilaian orang. Jadi Molzania sendiri kalau lagi banyak events biasanya akan dijeda postingannya minimal satu minggu sekali. Tujuannya untuk menghindari penilaian negatif dari orang-orang. Nggak takut keduluan orang lain? Nope. Alasannya karena gaya menulis blogger tidak semua sama. Selain itu sasaran pembacanya juga nggak bakalan ada yang sama.

Jadi maksudnya gini semisalnya ada dua blogger yang sama-sama menghadiri acara A. Kedua-duanya pun juga memiliki niche blog yang sama. Anggap saja mereka dari blogger lifestyle. Tapi sasaran pembaca mereka nggak mungkin bakalan sama juga. Alasannya karena teman-teman mereka berdua berbeda. Follower sosial media mereka pun walau angkanya sama misalnya pasti akunnya berbeda.


Apalagi nih Google juga memiliki kebijakan yang berbeda dalam menentukan posisi artikel. Blogger A dan B yang sama-sama menulis tentang acara A, di mata mbah Google mereka berbeda. Nah salah satu tugas kita ialah pintar-pintar memilih keyword biar penilaian mbah Googlenya bagus. Kunci memenangkan hati mbah Google ialah tulislah apa yang orang lain cari.

Caranya tentu saja dengan riset Keyword !!!

Jadi blogger events itu nggak mudah tahu! Untuk mendapatkan undangan saja terkadang butuh perjuangan. Belum lagi harus bersaing dari blogger teman kita sendiri. Kesimpulannya datang ke events bagi blogger it's okelah, asal kita pandai memanagemen diri agar citra kita tetap positif di mata pembaca. ;)

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.