Tips dan Trik Lulus Ujian Chartered Accountant Indonesia

Hal-hal kecil dan sedikit akan berpengaruh pada hal besar. Masih ingat pepatah yang satu ini kan? Bahkan presiden pertama kita Bapak Soekarno mengatakan bahwa 10 pemuda saja bisa menggoncangkan dunia. Lihatlah bagaimana keistimewaan hal-hal yang kecil dan sedikit ini jika dikerjakan secara konsisten.


Banyak dari kita yang seringkali meremehkan hal-hal kecil tersebut. Atau terkadang malah sering dilupakan. Padahal kalau dilakukan justru efeknya akan jadi luar biasa. Inilah seringkali tidak kita sadari. Terlalu berfokus pada hal-hal besar, tapi meninggalkan hal-hal kecil. Tadinya ingin terlihat sempurna, tapi malah jadi gak karuan.

Inilah yang dulu sering Molzania lakukan, dan perlahan mau dikurangi. Saat ini Molzania sedang mengikuti ujian Chartered Accountant Indonesia. Pertama kali ikut ujian tersebut pertengahan tahun 2016 lalu. Berbarengan dengan pendidikan profesi Akuntan (PPAK) di Universitas Sriwijaya.


Konon katanya ujian CA itu susahnya minta ampun. Dari kampus Molzania sendiri hanya ada beberapa orang yang bisa lulus. Kebanyakan masih berjuang seperti Molzania sendiri. Beberapa kali ikut ujian gagal melulu. Molzania hampir putus asa. Padahal nih ngerasa kerjanya udah maksimal. Makanya setelah beberapa kali gagal Molzania berusaha untuk merubah strategi. Namanya juga usaha biar bisa lulus. 

Saking kepingin banget bisa lulus, Molzania pernah menghapal 1 buku full. Perhari 1 halaman. Pokoknya menghapal sampai diluar kepala. Kemana-mana selalu bawa buku. Disempet-sempetin untuk menghapal. Dari awal hingga bagian belakang. Pas ujian, ternyata MASIH GAGAL. Banyak soal CA yang tidak ada dibuku. Hikz

Merubah Strategi Perlahan-Lahan


Berikut ini hal-hal kecil yang Molzania lakukan demi lulus ujian Chartered Accountant. Semoga kiat ini bisa membantu teman-teman sesama peserta ujian Chartered Accountant:

1. JANGAN BELAJAR SAMBIL BERGADANG

Dulu masa awal-awal ujian CA, Molzania selalu memaksakan diri untuk bergadang. Ternyata ini kebiasaan buruk loh sobat! Malah bisa memperburuk kesehatan mata. Akibatnya tak jarang mata Molzania menjadi lelah dan mengantuk. Keesokan harinya badan jadi cepat lelah. Bawaannya melulu tak semangat. Kerjaan kantor pun tertunda. Pada malam harinya, nggak bisa belajar lagi.


Makanya kalau belajar, usahakan tidak terlalu malam. Lagipula, tidur itu juga penting loh untuk kesehatan. Minimal 8 jam kita mengistirahatkan badan. Jika sedang terlalu lelah, tidak usah memaksakan diri. Masih banyak waktu untuk belajar guna persiapan ujian. Makanya persiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya. Jangan pernah sistem kebut semalam!

2. MULAI SEDIKIT-SEDIKIT, PERBANYAK MEMBACA MATERI DILUAR MODUL

Nah ini dia salah satu hal yang penting ketika persiapan ujian CA. FYI, ujian CA itu terdiri dari tiga bagian; ada pilihan ganda, essay dan studi kasus. Untuk pilihan ganda, bisalah menebak-nebak jawabannya dengan menggunakan logika. Tapi kalau soal essay dan studi kasus butuh analisa soal yang mendalam.


Maka dari itu, kita tidak boleh bergantung sepenuhnya dengan modul CA. Kebanyakan soal essay dan studi kasus materinya TIDAK ADA di modul. Untuk itu kita butuh tambahan suplemen. Diantaranya harus membaca buku-buku diluar modul. Sebaiknya gunakan buku yang dijadikan referensi modul CA. Alasannya karena beberapa materi ujian diambil darisana.

3. BERMAIN-MAIN DENGAN WARNA

Dari segi ilmiah, warna bisa merangsang daya ingat seseorang. Hal ini disebabkan karena otak kita menyukai segala sesuatu yang berupa gambar dan warna. Selain itu, warna juga mampu meningkatkan konsentrasi dan semangat jiwa.


Maka dari itu ketika belajar, Molzania selalu menggunakan stabilo untuk menandai hal-hal penting. Cara ini efektif bagi Molzania yang kadang kesulitan mengingat. Selain itu, terkadang Molzania juga menulis catatan kecil dalam bahasa sendiri agar lebih mudah memahaminya. :) :) :) 

4. MENGGUNAKAN COLORFUL CALCULATOR

Masih berbicara tentang warna. Molzania mau mengenalkan sesuatu teman mini yang setia menemani dikala persiapan ujian CA. Ini dia kalkulator Casio My Style. Si mungil ini sahabat Molzania banget. Ujian sertifikasi akuntan itu materinya banyak berupa hitung-hitungan. Maka solusinya kita harus memiliki kalkulator #CasioMyStyle yang bisa diandalkan.


Keunggulan lain dari si mungil ini, kalkulator Casio punya banyak pilihan warna. Totalnya ada 10 warna. Tinggal pilih warna yang sesuai dengan selera kalian. Cocok buat kalian yang nggak mau ribet. Keunggulannya lagi si mungil ini praktis dibawa kemana-mana. Harganya juga terjangkau. Kalau Molzania sih milih yang warna pink soalnya itu warna kesukaan.

Bagi sobat bubblelatte yang mau beli Colorful Calculator CASIO seperti Molzania, masukkan kode berikut: CASIOBLOGCG2630 saat melakukan pembelian di Matahari Mall. Tersedia potongan harga senilai 20% untuk pembelian Colorful Calculator CASIO tipe dan warna apa saja. #CASIOMyStyle


5. DISIPLIN DIRI

Terakhir tipsnya yang nggak kalah penting ialah DISIPLIN. Kerjakan semuanya dengan hati yang senang, Insya Allah hasil berkahnya kita akan dapatkan. Belajar sedikit demi sedikit lebih baik daripada kebut semalam. Sesuai dengan motto CA Tentukan Kesuksesanmu. Kitalah yang mampu mengejar kesuksesan kita, maka kuncinya ialah tekun dan jangan lupa berdo'a memohon pertolongan Allah SWT karena apalah arti kita di dunia ini tanpa pertolongan Allah SWT!

Saat ini Molzania sudah berhasil lulus sebanyak 2 mata ujian.
Doakan bisa lulus 5 pelajaran lagi sampai batas waktu tahun depan.
Semangat ya sobat semua, FIGHTING!

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.