Mengkaji Surah At-Takwir Mengungkap Tanda-Tanda Hari Kiamat

Hari kiamat tidak diragukan lagi pasti akan terjadi. Entah kapan waktunya, tidak ada yang mengetahui. Tetapi tanda-tanda kiamat sudah dinubuatkan oleh Rasulullah berabad silam. Beberapa diantaranya kita saksikan dengan jelas didepan mata kita. Melalui kajian Kalqulus ODOJ beberapa waktu lalu, Molzania diceritakan lebih jauh mengenai peristiwa kiamat besar yang tertuang dalam surah At-Takwir. 


Ngerii.. itulah yang Molzania rasakan sewaktu mendengarnya. Oh iya, Kalqulus itu merupakan agenda rutin Komunitas ODOJ Palembang yang diselenggarakan sebulan sekali. Kajian tersebut menghadirkan seorang ustadz atau ustadzah sebagai pembicara. Tema yang dibahas pun berubah-ubah setiap bulannya. Biasanya mengupas intisari dari surah-surah yang ada dalam Al-Qur'an. Nah Januari ini kajian Kalqulusnya menghadirkan ustadz Alfan Muttaqien.

Ada dua pokok bahasan tentang kiamat yang dibahas dalam 14 ayat pertama surah At-Takwir. Pertama ercerita mengenai peristiwa kiamat itu sendiri. Kedua membahas mengenai peristiwa setelah kiamat. Jumlah surah dalam At-Takwir seluruhnya berjumlah 29 yang berarti Menggulung. Sampai disini sudah berasa kan horrornya? Apalagi kalau kita kaji lebih jauh. 

Dalam 7 ayat pertama dikisahkan mengenai keadaan alam semesta ketika kiamat menjadi porak poranda. Harta benda termasuk hewan ternak tak lagi diurusi oleh pemiliknya. Semuanya ditinggalkan. Bahkan "lautan pun dipanaskan", nah kata lautan ini merujuk pada tsunami. Tsunami sendiri merupakan peristiwa alam akibat gunung yang meletus di dasar laut. Secara tidak langsung, maka larva yang keluar dari puncak gunung akan memanaskan air laut lalu meluap sehingga terjadilah tsunami. Ini bukti bahwa peristiwa yang digambarkan dalam Al-Quran ilmiah dan rasional. 


Setelah membahas surah At-Takwir, pak Ustadz pun bercerita mengenai hadis Rasulullah mengenai tanda-tanda kiamat. Tanda-tanda tersebut diantaranya ialah "Budak Melahirkan Tuan" dan "Orang Miskin Berkuasa". Masing-masingnya merupakan kalimat kiasan jadi bukan dalam artian yang sebenarnya. Saat ini tanda-tanda ini telah nyata, dan berada di sekitar kita. 

"Budak Melahirkan Tuan" merujuk kepada anak-anak yang durhaka pada kedua orangtuanya. Sementara itu "Orang Miskin Berkuasa" dikiaskan untuk negara timur tengah yang saat ini kaya raya. Dulunya negeri Arab itu sangat miskin, tetapi sejak mereka berhasil menemukan sumber minyak bumi mereka menjadi kaya. Bahkan berlomba-lomba membangun gedung-gedung tinggi.

Dikisahkan pula dalam kajian tersebut mengenai dajjal, imam mahdi, dan turunnya nabi Isa. Konon katanya tanda-tanda dajjal sudah ada di muka bumi ini. Dan nantinya dajjal dan para pengikutnya akan memburu Imam Mahdi hingga ke makkah. Namun mereka tidak dapat masuk kedalamnya. Hanya orang-orang beriman yang bisa masuk. Dan orang-orang beriman inilah yang kelak mengenali imam mahdi dan membaiatnya. Terakhir, nabi Isa pun turun ke muka bumi. Lalu dimulailah perang antara dajjal melawan Imam Mahdi yang pada akhirnya akan dimenangkan oleh Imam Mahdi.


Astaghfirullah sobat! Kiamat sudah dekat. Saatnya kita bertobat dan memohon ampunan pada Allah SWT. Agar kita dijauhkan dari api neraka. Sebenarnya ada banyak cerita tentang kiamat yang disampaikan oleh pak ustadz. Tapi sebagian besar diantaranya sudah dibahas pula oleh Ustadz Zulkifli Muhammad Ali Jadi bagi yang penasaran, bisa segera cek channel youtubenya saja. Sekian cerita Molzania mengenai kegiatan Kalqulus ODOJ. Semoga makin menambah iman kita pada Allah SWT. Aamiin YRA. 

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.