Friday, January 5, 2018

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Finansial Sobat Sudah Merdeka

Posted by with 6 comments
Mencari uang semakin sulit di zaman modern ini. Pernyataan tersebut tentu sering sobat dengan dari orang-orang sekitar. Atau mungkin sobat sendiri yang kerap mengatakannya?

Sebenarnya hal tersebut tak akan sobat alami bila sobat cerdas mengelola kondisi finansial. Setidaknya sobat bisa mengukur kemerdekaan kondisi finansial sobat melalui 5 tanda berikut ini:

  • Memiliki Sumber Pendapatan Selain Gaji
Seseorang yang merdeka secara finansial tentu tak hanya mengandalkan gaji sebagai sumber pendapatan. Memiliki bisnis atau pekerjaan sampingan adalah hal yang baik untuk menunjang kondisi finansial. Alangkah lebih baik lagi bila bisnis atau pekerjaan sampingan sobat menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada pendapatan utama.



  • Sudah Memiliki Hunian Pribadi
Tak ada kata terlalu dini untuk memiliki hunian pribadi. Karena hunian pribadi adalah salah satu aset investasi berharga. Nilainya senantiasa meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Jika sobat belum ingin menempati hunian pribadi sobat, maka sobat bisa menyewakannya untuk mendapatkan penghasilan pendapatan.



  • Mampu Berinvestasi Secara Teratur
Selain mengandalkan deposito atau reksadana, sobat juga bisa melirik investasi pada usaha kecil. Seperti model investasi yang dikembangkan oleh Mekar.id. Kini Mekar.id memberlakukan konsep peer to peer lending yang tak kalah baik dibandingkan investasi syariah. Dana yang sobat investasikan akan dijadikan pinjaman tambahan modal bagi sektor usaha kecil yang potensial. Bukan hanya sobat yang akan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil usaha, pengembang usaha kecil tersebut pun tak akan mengalami kesulitan modal.



  • Mempunyai Jaminan Kesehatan
Sehat itu mahal harganya. Hal inilah yang akan sobat rasakan ketika sakit. Berobat jalan saja sudah membutuhkan biaya yang berkisar dari ratusan hingga jutaan rupiah. Apalagi jika sobat sakit parah dan harus diopname. Setidaknya sobat membutuhkan uang di atas 10 juta rupiah. Inilah yang membuat sobat harus memiliki jaminan kesehatan memadai untuk menjaga kondisi finansial sobat.



  • Tak Ragu Membeli Barang Bermerek
Barang bermerek bukan cuma sekadar untuk bergaya semata. Lebih dari itu, menggunakan barang bermerek akan membuat penampilan sobat tampak lebih menarik. Barang-barang berkualitas yang sobat beli dengan harga cukup mahal pasti lebih tahan lama dan tak mudah rusak. Sehingga secara tak langsung hal ini mendukung upaya penghematan sobat.



Sudahkah Anda memiliki 5 tanda tersebut saat ini? Jika belum, sobat masih punya banyak waktu untuk mencapai kestabilan kondisi finansial. Jangan malas bekerja dan berinvestasi demi mewujudkan kehidupan yang lebih mapan di masa mendatang.

6 comments :

  1. Hunian pribadi yang mungkin belum saya miliki
    untuk kalangan milenial seprti saya, sepertinya sangat dulit memiliki hunian pribadi di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangat demi bisa beli rumah pribadi!

      Delete
  2. wah simpel tapi menarik ya artikelnya, jadi bisa dibuat pegangan nih... salam kenal mba..

    ReplyDelete
  3. Semoga aja tahun ini bisa melengkapi kelima tanda di atas. :)

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...