Sunday, December 10, 2017

Menginspirasi Tak Sekedar Memberi

Posted by with No comments
Tahun 2017 ini genap 60 tahun sudah PT. Astra International berkiprah di Indonesia. Lewat semangat Catur Darma yang diembannya, perusahaan ini senantiasa memberikan yang terbaik. Tidak hanya bagi pelanggan, melainkan juga memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Sebuah filosofi yang dianut oleh pendiri Astra William Soeryadjaja: "Berikan Kail Bukan Ikan", perjalanan yang telah ditempuh selama ini mampu memberikan sumbangsih yang besar bagi anak negeri.


Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) adalah salah satunya. Didirikan tahun 2009 sebagai bentuk manifestasi PT Astra International dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Lewat yayasan ini, perusahaan membina generasi muda Indonesia dan melakukan pelatihan terhadap para guru. Utamanya pelajar dan guru yang berada di daerah-daerah prasejahtera.

Selain bantuan akademis, siswa-siswi dan guru binaan YPA-MDR juga diikutsertakan dalam kegiatan pengembangan karakter. Kegiatan ini tidak hanya dikemas secara edukatif tapi juga menghibur. Salah satu kegiatan yang baru saja dilakukan tahun ini yaitu Kemah Prestasi. Kemah Prestasi sendiri yang telah diadakan pada akhir November lalu, tahun ini mengikutsertakan 200 siswa dari sekolah binaan YPA-MDR. Dalam kegiatan ini, siswa dan guru diajak untuk mengembangkan potensi diri lewat pentas seni dan berbagai lomba.

Kegiatan Kemah Prestasi Astra
Source: Republika
Kemah Prestasi ini merupakan aksi nyata PT Astra Internasional yang diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang unggul dan menjadi kebanggaan bangsa. Hal ini sesuai dengan salah satu butir prinsip Catur Darma nomor satu yaitu "menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara". Dalam Kemah Prestasi tersebut diselenggarakan berbagai lomba, diantaranya yaitu debat bahasa Inggris, pentas seni tari, story telling, dan lomba matematika.

Sementara itu dalam bidang literasi perusahaan membentuk program Sahabat Pena YPA-MDR. Program ini ditujukan bagi siswa-siswi binaan yang terpilih. Para siswa terpilih tersebut akan diberikan pelatihan mengenai jurnalistik secara langsung. Mereka diberi kesempatan untuk mengunjungi perwakilan media cetak untuk sharing ilmu dengan para jurnalis yang bertugas.

Kegiatan Sahabat Pena YPA-MDR
Source: Radar Bogor
Apa yang coba untuk dikemukakan lewat program Sahabat Pena ini akan memberikan pengalaman berkesan bagi siswa dan siswi. Ini akan menjadi bekal kehidupan yang akan mereka arungi di masa depan. Kegiatan-kegiatan yang positif di masa muda tentunya akan memberikan dampak bagi generasi penerus bangsa. 

Saran Molzania PT. Astra International diharapkan mampu memperbanyak kegiatan-kegiatan edukatif semacam ini. Semakin banyak anak-anak yang dilibatkan akan semakin bagus.  Tidak hanya di beberapa daerah terpencil saja, tetapi juga di seluruh Indonesia. Molzania sendiri sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT. Astra International. Kiranya pada perjalanan usia yang ke-60 tahun ini, perusahaan dapat memberikan inspirasi yang tak sekedar memberi, namun juga diwujudkan dalam pembuktian yang berkelanjutan. 

*tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Anugerah Pewarta Astra 2017*

Sumber Berita: 
[1] Astra.co.id. Sejarah Astra. https://www.astra.co.id/About-Astra/History-Of-Astra [diakses tanggal 8 Desember 2017]
[2] RadarBogor.id. Siswa Binaan YPA-MDR ke Graha Pena. http://www.radarbogor.id/2017/11/28/siswa-binaan-ypa-mdr-ke-graha-pena/ [diakses tanggal 7 Desember 2017] 
[3] YPAMDR-Astra.com. Bentuk Generasi Muda Unggul : Ratusan Siswa-Siswi Binaan Ikuti Kemah Prestasi YPA-MDR. http://www.ypamdr-astra.com/BERITA/YPA-MDR/YPA-Umum/BENTUK-GENERASI-MUDA-UNGGULRATUSAN-SISWA-SISWI-BINAAN-IKUTI-KEMAH-PRESTASI-YPA-MDR.html [diakses tanggal 9 Desember 2017]

Sumber Gambar :
[1] Madani, Mohamad Amin. 2017. In Picture: 220 Siswa se-Indonesia Ikuti Kemah Prestasi YPA. http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/17/11/25/ozydnd283-220-siswa-seindonesia-ikuti-kemah-prestasi-ypa [diakses tanggal 8 Desember 2017] 
[2] YPAMDR-Astra.com. Bentuk Generasi Muda Unggul : Ratusan Siswa-Siswi Binaan Ikuti Kemah Prestasi YPA-MDR. http://www.ypamdr-astra.com/BERITA/YPA-MDR/YPA-Umum/BENTUK-GENERASI-MUDA-UNGGULRATUSAN-SISWA-SISWI-BINAAN-IKUTI-KEMAH-PRESTASI-YPA-MDR.html [diakses tanggal 9 Desember 2017]

Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...