Makan Es Krim Italia di Ragusa Ice Cream

Sewaktu ke Jakarta, Molzania sempat juga berwisata kuliner. Nggak banyak sih, tapi lumayan berkesan. Biasanya barengan mulu sama mimi dan ayah kemana-mana, nah kemarin itu bareng temen sesama pemenang lomba blog Kominfo. Kesini baru sekali ini, padahal udah tahu dari bertahun-tahun lalu. Tahu kafe ini dari acara wisata kuliner entah pada tahun berapa. Nah beberapa hari lalu berkesempatan untuk datang kesini.


Nama kafenya Es Krim Italia Ragusa. Letaknya berada di kawasan wisata Monas di Jakarta. Suasana disini mengingatkan suasana kota Jakarta tempo dulu. Namanya juga kafe jadul. Kafe ini berdiri sejak tahun 1932, jauh sebelum era kemerdekaan Indonesia. Disini mereka khusus menjual es krim. Ya, cuma es krim. Tetapi konon kafe ini tetap ramai pengunjung.



Ada berbagai varian es krim yang bisa dipilih. Baik yang size kecil, ataupun size besar. Mereka membuat es krim sendiri yang tanpa tambahan bahan pengawet. Jadi es krim disini masih bercita rasa tradisional. Pilihan rasa es krimnya nggak terlalu banyak. Untuk size regular, mereka hanya menjual es krim rasa vanilla, coklat, stroberi, durian, mocca, nougat, dan mint raisin. Harganya lumayan terjangkau untuk kelas kafe. Hanya Rp. 15.000,00 per satu scoop.


Disini Molzania memesan menu es krim yang paling spesial. Namanya Spaghetti Ice Cream dan Cassata Siciliana. Menu Spaghetti Ice Cream pada dasarnya merupakan es krim vanilla biasa yang dibikin menyerupai mie ditambah taburan kacang, kismis dan sukade. Sementara itu Cassata Siciliana merupakan potongan bolu sponge cake pandan dan es krim 3 rasa yang dibikin satu. Ketiga rasa es krim itu ialah coklat, strawberry, vanilla.



Sekilas dipandang tampaknya sungguh menggugah selera. Tetapi bagaimana dengan rasanya? Ternyata rasanya memang sangat tradisional dan homemade. Es krimnya itu sama seperti ketika kita membuat air susu yang didinginkan di kulkas. Cita rasanya lembut dan tidak terlalu manis. Taburan kacang dan sukadenya itu over banget menurut Molzania. Saat dimakan perpaduan es krim dan isinya itu bikin crispy di mulut. Mungkin karena Molzania memang nggak terlalu suka kacang kali ya.. hahaa..


Untuk menu Cassata Siciliana, rasanya sama aja sih. Tapi Molzania suka sama sponge cake pandannya. Over all disini es krimnya layak buat diacungi jempol. Dan Molzania salut banget lho sama kafe ini. Meski ditengah kemajuan zaman, mereka tetap mempertahankan ciri khasnya yaitu es krim.


Untuk yang merasa masih kurang kenyang, di sebelah kafe ini ada yang jual makanan loh. Sebenarnya kafe yang jual makanan ini masih satu grup sama Ragusa. Tetapi mereka khusus jualan makanan. Secara tidak langsung, kafe Ragusa ini juga menyediakan makanan, tapi mereka jualannya terpisah gitu. Kemarin Molzania sempat beli siomaynya. Harganya cukup mahal yaitu Rp. 30.000. So, kalau ingin kesini sebaiknya beli es krimnya saja ya untuk menghemat budget.


Kesimpulannya rasa es krim disini lumayan enak. Benar kok reviewnya Pak Bondan. Kekurangannya mungkin pada harga. Oiya disini setelah pesan es krim, kita juga diberi segelas kecil air putih dingin. Maksudnya biar rasa di mulut kita netral lagi kali ya usai minum air putih. Kita bisa minum air putih sepuasnya. Tinggal minta sama waitersnya saja. Karyawan kafe disini juga berpakaian biasa loh, jadi nggak usah segan meminta bantuannya. :D


Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.