Tuesday, December 12, 2017

Cara Melihat Kepribadian Lewat Tulisan Tangan. Ini Lho Ciri-Ciri Psikopat!

Posted by with 12 comments
Sesuai janji Molzania minggu lalu, saatnya Molzania akan membagikan ilmu seputar grafologi. Mungkin kalian bertanya-tanya mengenai apa sih grafologi itu, untuk mengetahui jawabannya silahkan cek pada artikel "Ketika Tulisan Tangan Mampu Berkata-Kata". Jadi pada artikel ini Molzania hanya membahas ilmu yang didapat saja. Lebih tepatnya sharing sih sama sobat bubblelatte. 


Apa yang akan Molzania bahas dibawah ini murni ilmu ya. Sobat semua boleh merasa cocok atau nggak cocok. Jadi buat kalian yang merasa cocok, ya dijalanin aja sarannya. Kalau nggak ya tinggalkan saja. Basic dari ilmu grafologi itu sendiri pada dasarnya mengungkap kepribadian kita dari tiga aspek yaitu fisik, mental dan emosi. Sesuai dengan judul diatas, salah satu bahasannya ialah mengungkap sisi kepribadian psikopat. Apa kalian termasuk salah satunya mari kita buktikan ?? 

Pertama kalian harus menyiapkan terlebih dahulu sebuah kertas kosong ukuran A3. Setelah itu kalian tulis mengenai diri kalian sendiri dengan tulisan tangan. Terserah mau nulis apa yang penting isinya mengenai identitas kalian, semisal nama lengkap, hobi, minat, cita-cita, dsb. Tulisannya nggak perlu bagus, yang penting bisa dibaca aja. Isinya minimal setengah halaman kertas A3 tersebut. Jika sudah mari kita cocokkan keterangannya di bawah:
  • Berdasarkan Margin Kiri
Analisis margin kiri itu dapat mengetahui tentang bagaimana sobat menghandle beban masa lalu. Ambil mistar lalu ukur jarak antara pinggiran kertas bagian kiri dengan awal tulisan sobat. Jika jarak tulisan dengan pinggiran kertasnya kurang dari 1 cm maka sobat memiliki beban masa lalu. Sebaliknya jika cenderung melebar atau lebih dari 1 cm, maka sobat sedang memendam beban masa lalu. Perhatikan contohnya dibawah:


Perhatikan lagi bentuk margin kiri tulisan sobat. Jika semakin ke bawah semakin menyempit, berarti sobat sudah berusaha menyelesaikan beban masa lalu tersebut, tetapi belum clear. Sebaliknya jika semakin ke bawah semakin melebar, berarti sobat memiliki rasa tidak enakan kepada orang-orang yang dekat secara emosional. 


  • Berdasarkan Margin Kanan

Analisis margin kanan untuk menggambarkan hubungan tentang cara pandang sobat tentang masa depan dan kemampuan mengaturnya. Sekarang perhatikan margin kanan tulisan sobat, ukur dengan mistar apakah hasilnya kurang dari 1 cm, lebih dari 1 cm, persis 1 cm atau malah mepet banget dengan ujung kertas. 

Jika dominan lebar atau lebih dari 1 cm, maka sobat kurang yakin atau merasa khawatir tentang masa depannya. Sebaliknya jika mepet banget atau kurang dari 0,5 cm, artinya sobat termasuk orang yang ambisius dan menghalalkan segala cara. Adapun jika dominan berada diantara 0,5 cm - 1 cm berarti sobat sudah yakin dengan masa depannya, dan ada percepatan dalam pencapaiannya. Jika marginnya gak beraturan alias campur-campur, cek saja persentasenya banyakan mana.

  • Berdasarkan Base Line
Analisis base line berarti garis dasar tulisan menunjukkan motivasi sobat. Secara umum ada beberapa tipe tulisan berdasarkan base line, yaitu:


1. Base line normal atau lurus, berarti sobat memiliki motivasi yang stabil.


2. Base line Menanjak, berarti sobat memiliki motivasi yang bersemangat.


3. Base line bergelombang, berarti sobat memiliki motivasi yang cenderung moody.


4. Base line menurun, berarti sobat memiliki motivasi yang menurun alias depresi.


5. Base line cembung, berarti sobat memiliki tingkat motivasi yang semangat di awal.


6. Base line cekung, berarti sobat memiliki tingkat motivasi semangat di akhir.


Hati-hati sobat jika memiliki 4 jenis baseline atau lebih berarti kondisi psikologis sobat cenderung ke arah psikopat. Segera meminta pertolongan kepada psikolog terdekat. Jika kurang dari 4 masih bisa diobati dengan grafoterapi. Sebaiknya nih ini diterapkan jika kita ingin menyeleksi baby sitter, jadi baby sitternya disuruh nulis dulu lalu dicek tulisan tangan berdasarkan metode grafologi. 
  • Berdasarkan Arah Tulisan
Ini dimaksudkan untuk melihat sisi kepribadian sobat. Jika tulisan kalian tegak lurus berarti sobat lebih mengutamakan logika. Adapun tulisan yang condong miring ke kanan berarti sobat termasuk orang yang ekstrovert dan berjiwa sosial tinggi. Sebaliknya bila tulisan sobat miring ke kiri artinya pribadi sobat termasuk introvert alias egois. Sementara itu jika tergolong campuran maka pribadi sobat termasuk mood swing alias perpindahan emosi yang cepat. 


Sobat sebaiknya berhati-hati jika tulisan sobat termasuk mood swing karena itu artinya ada indikasi sobat menderita bipolar. Ciri orang bipolar itu mengambil keputusan dengan emosional dan tanpa sadar. Sebentar-sebentar marah, lalu berikutnya mendadak senang.
  • Bentuk Huruf
Ada dua materi yang Molzania pelajari. Pertama mengecek titik diatas huruf i dan j. Jika dominan huruf i dan j sobat memiliki titik, berarti daya ingat sobat termasuk baik. Sebaliknya jika huruf i dan j sobat dominan tidak memiliki titik atau bahkan tidak memiliki titik sama sekali berarti sobat termasuk orang yang pelupa dan ceroboh. Selanjutnya sobat bisa mengecek bentuk huruf g, j, y pada tulisan sobat. Lalu cocokkan bentuk hurufnya dibawah:

  
Saran Molzania sobat bisa mengubah bentuk huruf g, j, y sobat dengan kantung yang normal. Itu bertujuan untuk memperbaiki kepribadian kita agar pandai menyimpan uang. Hehe. Itulah Cara Melihat Kepribadian Lewat Tulisan Tangan. Mudah-mudahan sobat mendapat pengetahuan baru. Jangan lupa share artikel ini ke teman kalian bila menyukainya. Beri komentar kalian dibawah. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Salam hangat dari Molzania. ^_^

12 comments :

  1. walah baru tahu bisa lihat psikopat dari jenis tulisan juga, tapi kalo saya menurut pulpennya, gimana ini eh :D

    ReplyDelete
  2. Wes detail infonya ��. Bener banget mba, dari tulisan tangan aja bisa mengetahui garis besar kepribadian kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan menjadi tambahan pengetahuan ya untuk Bunda ^^

      Delete
  3. Ternyata bisa di deteksi lewat tulisan kepribadian kita
    kalo saya suka berubah ubah

    ReplyDelete
  4. saya langsung coba mbak, hasilnya,,, eng..ing..engg...

    tapi saya ga nulis di kertas a3, melainkan di tablet 10 inchi, hehe..

    margin makin lama makin lebar, artinya ga enakan secara emosional sama orang terdekat, benar sekali..

    Base lane saya naik ke atas, memang sih selalu saya selalu bersemangat, tapi "kadang" flat juga semangatna...

    tulisan saya tegak lurus, lebih mengutamakan logika, bener banget mbak, banyak yang bilang saya orangnya ga peka, ga pakai perasaan, hihi..

    huruf j dan i saya lebih sering pakai titik. huruf g, j, y mirip poin nomor dua, berarti dorangn prestasi cukup baik yaa...

    ada juga yang besesuaian dengan diri saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu. Etapi punya ciri-ciri tulisan psikopat gak neehh ? Hehe

      Delete
  5. Langsung cek buku catatan ... Hahaha

    Untung sebulan ini udah mulai rajin lagi nulis di buku

    Kalo margin kiri , aku masih teratur 1 cm. Kalo yang kanan, enggak. Karena kebetulan bukunya tebal. Hardcover gitu yang ada spiral. Jadi pasti kagok pas nulis di margin kanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan menambah pengetahuan untuk mbak Dila yaa ^^

      Delete
  6. Nambah ilmu nih, keren mba.Kapan-kapan aku cek deh tulisan tanganku, lama gak nulis tangan nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak dipraktekkan. Semoga sesuai ya sama kepribadian mbaknya ^^

      Delete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...