Monday, November 27, 2017

Temu Blogger Palembang dengan Kemenkominfo

Posted by with 16 comments
Beberapa hari yang lalu, Molzania bersama rekan-rekan blogger Palembang diundang oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk menghadiri acara seminar bertajuk "Asian Games 2018 dan Kemajuan Indonesia". Acara ini digelar di Hotel Novotel Palembang. Banyak sekali ilmu yang Molzania dapat disana. Selain mengupas tentang persiapan Asian Games yang akan digelar tahun depan, disini kita juga mendapat ilmu tentang blogging. Tidak hanya itu, di akhir acara juga diadakan lomba flash blogging untuk para blogger yang diundang. Yuk simakin keseruan acaranya...


Jadi sehari sebelum acara utama dimulai, blogger terpilih mendapat undangan untuk menghadiri seminar "Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik" (SAIK) Tahun 2017 oleh Kemenkominfo yang sudah digelar pada tanggal 21-24 November 2017. Acara ini terselenggara berkat kerjasama Pemprov Sumsel dengan Kemenkominfo dalam rangka menyukseskan Asian Games 2018. Istimewanya di hari itu ada pak Menteri Kominfo yang datang langsung untuk meninjau acara yang sedang berlangsung.

Beruntungnya Molzania menjadi salah satu rekan blogger Palembang yang terpilih. Kita para blogger disuruh untuk datang pada akhir acara untuk bertatap muka dengan Bapak Menteri Kominfo Rudiantara. Seumur hidup baru kali ini Molzania bertemu bahkan sempat bersalaman langsung dengan pejabat tinggi sekelas menteri. Dan ini tentu saja menjadi kenangan sekaligus pengalaman berharga tak terlupakan bagi Molzania.



Tak banyak yang dilakukan oleh Molzania selain foto-foto dan dialog singkat. Jangan ditanya rasanya bertemu muka dengan Pak Menteri. Beneran campur aduk antara senang dan speechless. Pak Rudi, sapaan akrab Pak Rudiantara, sangat ramah berdialog dengan blogger Palembang. Namun dikarenakan keterbatasan waktu, kita hanya disediakan waktu 30 menit untuk sarasehan bareng pak Mentri. Setelahnya pak Mentri harus buru-buru balik ke Jakarta lagi. Padahal awalnya kita para blogger dijanjikan untuk makan malam, namun batal. Biarpun begitu tak mengapa, foto-foto kebersamaan kita bakalan menghiasi blog masing-masing. Muehehee...

Selain kehadiran Pak Menteri, disini ternyata banyak sekali tokoh-tokoh nasional yang juga hadir sebagai tamu undangan. Sebut saja Pak Usman Kansong pemred Media Indonesia yang sempat berfoto sama Molzania. Narasumber yang hadir pada hari itu ialah Juru Bicara Presiden, pak Johan Budi. Sayangnya Molzania tidak sempat berfoto dengan beliau karena beliau tampak terburu-buru meninggalkan lokasi acara setelah sesi wawancaranya berakhir.


Keesokan harinya, tibalah agenda untuk para blogger. Acaranya dimulai dari pukul 8 pagi. Untungnya lokasinya lumayan dekat dari rumah, sehingga Molzania bisa tiba tepat waktu. Banyak sekali tokoh nasional yang hadir menjadi narasumber. Jadi awalnya Molzania lumayan sedikit nervous. Ya iyalah siapa yang nggak nervous coba bertemu dengan beberapa orang yang bahkan salah satunya dekat dengan Presiden RI.

Molzania sepertinya datangnya kepagian, jadi begitu sampai ruangannya masih sepi banget. Sempat kebingungan sewaktu tiba karena ternyata lokasi untuk temu blogger tidak diadakan di ballroom. Lokasinya terpisah menjadi area ruang meeting tak jauh dari grand ballroom. Pada saat yang bersamaan, di grand ballroom sedang diadakan acara lanjutan seminar kemenkominfo hari terakhir. Turut menyampaikan sambutan selamat datang Kadiskominfo Sumsel dan Dirjen Kominfo.

Atas: Kadiskominfo Provinsi Sumsel
Bawah: Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik
Kalau kalian sempat membaca artikel Molzania beberapa hari yang lalu berjudul "Peran Blogger dalam Menyukseskan Asian Games 2018", yap bener banget itu sebenarnya sedikit reportase dari Molzania yang diperlombakan dalam lomba Flash Blogging pada saat yang bersamaan. Sesi pertama pada acara tersebut ialah pemaparan mengenai persiapan Asian Games 2018, khususnya di kota Molzania tercinta yaitu Kota Palembang. Narasumber yang dihadirkan yaitu pak Bambang Suprianto  yang menjadi panitia persiapan Asian Games 2018.

Secara keseluruhan persiapan Asian Games di Kota Palembang telah mencapai 80 persen. Selain persoalan teknis, panitia juga memikirkan mengenai banyak hal demi kenyamanan atlet. Salah satunya pembangunan apartemen dengan fasilitas bintang lima sesuai standar Internasional. Tidak hanya itu, persoalan yang terkesan remeh temeh sampai fundamentalis seperti masalah spiritual dan hiburan juga menjadi bahan pertimbangan panitia. Pada sesi ini Molzania sempat melontarkan pertanyaan pada kesempatan pertama.


Setelah membahas panjang lebar mengenai Asian Games, acara kemudian dilanjutkan dengan pembahasan dengan tema kenegaraan. Narasumbernya termasuk spesial karena merupakan orang kepercayaan presiden RI, yaitu Bapak Handoko dan Bapak Sunardi Rinakit dari Tim Komunikasi Publik Presiden.

Pada sesi tersebut, kita dijelaskan sedikit pemaparan mengenai kinerja yang telah dilakukan oleh presiden sejak beliau menjabat. Tahun 2017 merupakan tahun ketiga Pak Jokowi menjadi presiden RI. Pada tahun ini, beliau fokus pada pemerataan infrastruktur, utamanya pemerataan pembangunan listrik untuk wilayah Indonesia Bagian Timur. Kita para blogger disuguhkan sebuah film dokumenter tentang kota di Papua yang tadinya tanpa listrik, tetapi pada era Pak Jokowi mereka dibangunkan fasilitas listrik.

Kanan: Bapak Handoko, Kiri: Bapak Sunardi Rinakit
Kebagian Merchandise Resmi Kenegaraan berupa Payumg Cantik
Sungguh merupakan suatu kehormatan bagi Molzania dapat duduk bersama dengan para pejabat penting ini. Tak hanya berbagi ilmu, ternyata mereka juga membagikan sejumlah merchandise resmi kenegaraan untuk para blogger terpilih. Jumlahnya hanya 6 orang, salah satunya yaitu Molzania. :)

Sesi selanjutnya sangatlah spesial. Kenapa? Hal ini dikarenakan kita kedatangan tamu yang sebenarnya sangat dekat dan satu profesi. Dia adalah kak Enda Nasution yang boleh dibilang sebagai "Bapak Blogger Indonesia" karena beliau sudah lumayan lama berkecimpung di dunia blogger. Tepatnya sejak awal 2000an saat kak Enda masih berstatus sebagai mahasiswa.

Kanan: Kak Enda Nasution
Disini kak Enda berbagi ilmu tentang cara menjadi blogger yang baik. Salah satunya ialah menulis sesuai data dan sumber yang jelas. Seorang blogger hendaknya menghindari berita hoax agar persepsi yang dibangun tidak menyalahi aturan. Selain berbagi ilmu, kak Enda juga menceritakan tentang kiat=kiat agar bisa menang lomba blog. Saat ini selain berprofesi sebagai blogger, kak Enda lumayan sering menjadi juri berbagai lomba blog. Jadi kak Enda juga berbagi pengalamannya menjadi seorang juri.

Setelah acara seminarnya selesai, waktu sudah menunjukkan pukul 1 siang. Perut Molzania sudah keroncongan banget. Akhirnya kita diberi waktu untuk shalat dan makan siang di restoran hotel. Ini nih asyiknya menghadiri acara-acara yang melibatkan orang-orang terkenal. Selain dapat ilmu, kita juga bisa dapat icip-icip makanan gratis. Jarang-jarang kan makan di hotel kayak gini, jadi kudu dimanfaatkan sebisa mungkin. Namun sayangnya waktu yang  diberikan hanya 30 menit. Setelah itu, kita harus bersiap untuk ikut lomba "Flash Blogging".

Berfoto bersama Rekan Blogger di Sela-Sela Acara
Intinya Flash Blogging itu lomba nulis blog dalam waktu yang terbatas. Kemarin Molzania dan teman-teman hanya diberikan waktu kurang lebih 1 jam saja. Isi tulisannya bercerita tentang reportase mengenai kegiatan seminar yang baru saja kita lakukan. Jujur ini merupakan pengalaman pertama Molzania ikutan acara lomba fresh from the oven kayak gini. Molzania hanya bisa memberikan yang terbaik karena saingannya juga cukup berat.

Satu jam pun berlalu, Molzania pasrah soalnya tulisan yang Molzania hasilkan sedikit sekali. Tetapi biarpun sedikit, Molzania berusaha merangkum hal-hal penting yang dikaitkan dengan tema. Hasilnya ialah tulisan singkat tentang "Peran Blogger dalam Menyukseskan Asian Games 2018". Alhamdulillah ternyata Molzania terpilih sebagai Juara 3 Lomba Flash Blogging oleh Kemenkominfo tersebut. Sungguh merupakan hal yang tidak terduga. Molzania awalnya hopeless karena merasa banyak blogger lain yang lebih kece tulisannya dibandingkan Molzania.



Terpilih dari 75 orang blogger yang hadir 4 orang pemenang. Salah satunya ialah Molzania. Hadiahnya berupa piagam plus uang tunai Rp. 750.000. Alhamdulillah, rasanya sangat senang. Mudah-mudahan ini merupakan awal Molzania bersinar di dunia blogger. Aamiin. Doain ya sobat-sobat bubblelatte semua.. ^_^

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. Gila! Bener-bener gak berasa sama sekali. Setelah sesi foto-foto bersama para pemenang, kita pun pulang ke rumah masing-masing. Terima kasih untuk Kemenkominfo atas waktu dan kesempatan yang diberikan. Semoga di masa depan akan banyak acara-acara yang lebih menarik digelar untuk para blogger.


Tenang bagi sobat bubblelatte yang nggak sempat datang, Molzania akan tulis semua ilmu yang Molzania dapatkan pada hari itu. Tungguin ya artikel-artikel tentang tips blogging dari Molzania. Jangan lupa untuk share dan komentari artikel ini jika sobat menyukainya. Salam hangat dari Molzania. ^_^

16 comments :

  1. semangat terus mbak, banyak-banyakin tanya koh Deddy tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih. iya si kokoh mah menang mulu lomba blog hehee

      Delete
  2. wah asyik ya bisa ketemuan banyak orang dan dpt ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi ketagihan nih ikutan event beginian :D

      Delete
  3. semangat ya untuk blogger palembang untuk menyukseskan ASIAN GAME

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak. semangat juga untuk blogger dari kota lainnya ^^

      Delete
  4. Waktu itu ada juga acara Kemenkominfo ini di Padang.. Tapi sayang di hari kerja, saya gak bisa ikutan deh :(

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget, lain kali mesti ikutan pokoknya. Dijamin gak bakalan nyesel

      Delete
  5. Waah seru ya bisa ketemu sesama blogger apa lagi satu daerah begini
    jadi rindu pengen pulang ke palembang

    ReplyDelete
  6. Jauh amat dipalembang..bikin ngiri nih mba moment seru nya..
    Aku jg pengen ikut berpartisipasi rame2 nulis tentang Asian games jg nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu aja di kotanya mbak. Acaranya sudah diselenggarain di banyak kota :)

      Delete
  7. waah keren yah mba, aku malah baru mulai belajar ngeblog nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangat ngeblognya cari ilmu biar tulisannya semakin kece :)

      Delete
  8. Asyiknyaaa... Udah ketemu pak menteri, eh dapat hadiah uang tunai juga. Rezeki! Alhamdulillah

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...