Peran Blogger dalam Menyukseskan Asian Games 2018

Tahun depan, Indonesia khususnya kota Palembang bersiap untuk menghadapi event olahraga tingkat Asia yang biasa disebut Asian Games. Untuk itu Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak serta para blogger Palembang untuk turut menyemarakkan event tersebut. Lewat acara Flash Blogging bertema "Asian Games 2018 & Kemajuan Indonesia" pada hari ini 23 November 2018 puluhan blogger dari berbagai komunitas diundang sebagai bagian dari kegiatan menyambut Asian Games 2018.


Persiapan kota Palembang dalam menyambut Asian Games, terutama dari segi fasilitas infrastruktur sudah hampir mencapai 100 persen. Asian Games sendiri di kota Palembang memperlombakan sedikitnya 12 cabang olahraga dari total 40 yang diperlombakan. Diantaranya bowling, kano, sepak takraw, tenis, dll. Sisanya akan ditandingkan di DKI Jakarta dan Jawa Barat.  

Hal tersebut diutarakan oleh panitia INASGOC 2018, Bambang Suprianto, pada kesempatan diatas. Pembangunan fasilitas yang disediakan untuk atlet disesuaikan dengan standar internasional. Tidak hanya untuk urusan transportasi dan akomodasi, pusat hiburan dan peribadatan juga didirikan demi kenyamanan para atlet. Apartemen dibangun sedekat mungkin dengan stadion agar para atlet mudah mencapai lokasi bertanding.

Untuk masalah keamanan, para atlet dan masyarakat yang ikut serta tidak perlu kuatir. Bercermin dari kegiatan internasional yang telah diselenggarakan sebelumnya, event Asian Games yang akan diselenggarakan nanti juga akan sukses. 

Bapak Ends Nasution
Seiring dengan persiapan teknis, komunitas blogger diharapkan untuk membantu menyemarakkan event Asian Games ini. Bagaimanapun, internet merupakan medium yang tepat untuk membantu mempromosikan karena cakupannya yang luas. Apalagi profesi blogger tidak boleh dipandang sebelah mata lagi. 

Perkembangan teknologi dewasa ini sangatlah pesat. Blogger termasuk salah satu yang diuntungkan berkat teknologi. Hal ini disampaikan oleh Enda Nasution yang dijuluki Bapak Blogger Indonesia pada sesi terakhir karena telah lama berkecimpung di dunia blog. Awalnya orang-orang menulis blog untuk kepentingan diri sendiri. Namun lama kelamaan orang-orang mulai melihat sisi ekonomi dari blog. 

Bapak Sunardi Rinakit
Sisi ekonomi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada kegemaran masyarakat. Konten blog yang bagus dan menarik akan mudah dibagikan oleh pembaca blog. Tak jarang saat ini banyak artikel blog yang menjadi viral dan disukai oleh masyarakat. Untuk itu dalam memberikan sebuah informasi blogger hendaknya tidak menyimpang dari etika.

Hal yang terpenting bagi seorang blogger ialah data dan persepsi. Dengan sumber data yang jelas, maka persepsi yang dibangun blogger akan semakin meningkatkan citranya di mata masyarakat. Seorang blogger yang baik akan menghindari hoax dan membagikan konten yang bermanfaat untuk pembaca. Poin-poin ini dikemukakan oleh Sunardi Rinakit, Staf Ahli Kepresidenan, yang juga datang memberikan ilmunya dalam acara tersebut.

Peran blogger diharapkan dapat membantu mempromosikan Asian Games 2018 agar lebih dikenal oleh masyarakat. Tujuannya agar masyarakat dapat antusias dan lebih mencintai negerinya sendiri. Indonesia jangan mau kalah, ayo sukseskan Asian Games 2018!

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.