Ketika Urusan Kado Tak Serumit Sebelumnya

Kalau kita menyelenggarakan pesta ulang tahun atau pernikahan, umumnya para tamu undangan akan memberikan hadiah berupa kado atau amplop. Inginnya kita tentu saja diberi barang-barang yang memang benar-benar kita butuhkan. Tapi kita tidak bisa menentukan sendiri kadonya bukan? Hal ini terkadang menyebabkan penumpukan atas salah satu barang dan itu menjadi mubadzir.


Ini pengalaman Molzania banget lho. Seringnya sih bertindak sebagai pemberi kado. Setiap menerima undangan, entah itu pernikahan atau ulang tahun temen, suka kebingungan memilih kado yang tepat. Ujung-ujungnya malah ngasih amplop lagi, amplop lagi. Padahal nih jika posisi Molzania sebagai penerima kado, inginnya kita mendapat hadiah spesial. Sebuah kejutan manis dari sahabat seolah mereka mempunyai kemampuan untuk membaca pikiran.


Tentunya itu semua hanya khayalan. Orang-orang tak akan bisa menebak apa yang Molzania. Hal yang perlu Molzania lakukan ialah memberitahukannya kepada semua orang. Nah dengan memanfaatkan teknologi, kita sekarang bisa mengumumkan kado apa yang paling kita inginkan kepada tamu undangan. Jadi mereka tidak perlu repot-repot menebak-nebak lagi. Caranya yaitu melalui sebuah situs gift registry. Memang sih ini tidak umum di Indonesia. Tapi di luar negeri, ini sudah lumayan populer. 

Sistem ini mulai diperkenalkan pada tahun 1924 untuk pertama kalinya oleh Marshall Fields yang merupakan pemilik sebuah departemen store di Chicago, dimana pasangan yang akan menikah diperkenankan untuk memilih barang-barang di tokonya sesuai dengan keinginan mereka. Nantinya barang-barang tersebut akan dipersembahkan oleh para tamu undangan sebagai kado pernikahan. Sistem yang unik dan inovatif ini lalu dengan cepat menjadi populer dan menyebar di kalangan masyarakat luas. 

Penggunaan gift registry biasanya diperuntukkan untuk merayakan momen-momen penting dalam hidup. Sebuah momen spesial yang tidak ingin kita lalui begitu saja. Dan pastinya semua orang inginkan yang terbaik saat merayakannya. Momen-momen itu misalnya saja pesta pernikahan, kelahiran bayi, dan perayaan ulang tahun.


Sebenarnya tidak hanya pemberi kado yang akan menerima manfaat, kita sebagai pembuat acara pun akan diuntungkan. Dengan mengumumkan apa-apa saja yang kita inginkan kepada kerabat dan tamu undangan, mereka semua tidak perlu repot menebak-nebak kado untuk kita. Isi kado yang sama juga bisa diminimalisir. Apalagi saat ini sistem gift registry sudah mulai merambah dunia online juga. Semua jadi makin mudah dan hemat waktu.

Di Indonesia sendiri sudah ada lho situs online yang menyediakan layanan gift registry ini. Namanya Wishlistku. Bila kamu kebetulan sedang merencanakan untuk merayakan momen penting, maka situs ini boleh banget dicoba. Disini ada ribuan hadiah yang bisa kamu pilih. Nantinya Wishlist akan menampilkan daftar barang yang tersedia di toko online lengkap dengan spesifikasi dan harganya. Tidak hanya itu, sobat juga bisa buat daftar kado sendiri jika barang yang sobat inginkan belum tersedia.

Kelebihan dari Wishlist disini disediakan pembayaran dengan sistem patungan. Tentu saja hal ini nggak akan memberatkan pemberi kado. Mereka bisa bersama-sama dengan yang lain membelikan apa yang benar-benar kalian inginkan. Dengan memberikan link khusus yang berisi daftar kado yang telah kalian pilih, kerabat dan teman bisa langsung melakukan transaksi disana. Ada sejumlah metode pembayaran yang bisa dipilih. Diantaranya lewat ATM dan internet banking Bank Mandiri, Bank Permata, dan jaringan ATM bersama.


Jika donasi hadiah yang didapat dari sistem patungan tidak mencukupi, maka penerima kado mendapatkan hasil patungannya tadi dalam bentuk cash. Jadi penerima kado tetap akan menerima manfaat dari apa yang telah kita setorkan. Meskipun itu tidak dalam bentuk barang yang mereka inginkan.


Menurut Molzania, sistem gift registry ini sangat membantu sekali nantinya. Tidak hanya itu, perayaan kita akan menjadi unik. Selain itu momen penting kita akan semakin bermakna karena kita mendapatkan hadiah yang paling kita inginkan dari kerabat dan sahabat. Mereka yang memberi kado juga akan merasa bahagia. Pemberian mereka jadi hal yang tidak sia-sia dan bermanfaat untuk kita.

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.