Cara Mudah Registrasi Ulang Simcard Bisa Lewat Online Tanpa Harus ke Gerai. WAJIB BACA!

Pemerintah baru-baru ini mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia untuk meregistrasi ulang simcard. Sayangnya banyak konsumen yang mengeluh kalau mereka gagal melakukan pendaftaran ulang via sms. Provider menyarankan untuk melakukan registrasi ulang via sms maksimal hingga 5 kali. Ini tidak berlaku untuk Molzania. Hingga batas 5 kali daftar masih tidak berhasil. Molzania pun mencoba mencari tahu cara lain untuk registrasi simcard via online tanpa harus datang ke gerai provider. PELANGGAN INDOSAT DAN XL WAJIB BACA SAMPAI AKHIR!


Saat ini Molzania menggunakan dua nomor simcard dengan provider yang berbeda. XL dan Indosat. Keduanya memiliki masalah yang berbeda-beda. Dan kedua-duanya sama-sama pernah GAGAL registrasi ulang. Untuk XL masalah sudah terpecahkan. Kalian bisa melakukan registrasi via website resmi XL. Masalahnya terdapat perbedaan data-data yang harus dimasukkan. Kalau via web XL, selain nomor ktp dan kk kita juga harus memasukkan nama ibu kandung. 

Ya, Molzania registrasi simcard XL sejak pertengahan oktober lalu. Molzania awalnya berpikir kalau semakin awal registrasi maka akan semakin bagus. Dan waktu itu memang sudah ada pemberitahuan untuk melakukan registrasi meski diwajibkan akhir oktober. Dari awal beredar Molzania sudah tahu bahwa data-data yang kita masukkan yaitu nomor kk atau nama ibu kandung.


Akhirnya tanpa berpikir panjang, Molzania memasukkan kedua data tersebut via web registrasi XL. Awalnya sih Molzania hanya mau memasukkan salah satu saja. Tapi ternyata web XL menolak untuk lanjut ke tahap berikutnya. Jadi kita harus memasukkan kedua-dua datanya untuk bisa registrasi via web. Ini juga sudah Molzania konfirmasi ulang oleh pihak XL Care. Untungnya bukan nama asli ibu kandung yang Molzania masukkan, akan tetapi nama samarannya saja. 

Beberapa hari yang lalu, Molzania pun mendapati bahwa kita tidak harus memasukkan data nama ibu kandung. Hari ini Molzania pun iseng masuk ke web registrasi xl lagi. Dan tebak apa yang Molzania dapati disana? Kolom registrasi untuk memasukkan nama ibu kandung pun mendadak hilang. Disini Molzania sebagai pelanggan merasa dibohongi oleh pihak XL. Beneran deh! Molzania sebelumnya sudah menginput data yang mereka minta. Lalu mereka seenaknya menghilangkan kolom data nama ibu kandung.


Merasa dibohongi Molzania lalu komplain ke pihak XLCare. Lumayan lama juga nunggunya. Sejaman lebih masa lewat fasilitas live chat. Akhirnya diberitahu kalau memang mereka sudah mengubah formnya, dikarenakan peraturan pemerintah berubah. Dan data-data Molzania AMAN tersimpan dalam database mereka. Alasannya karena XL ada ketentuan ISO 270001 tentang standar keamanan data pelanggan sehingga XL selaku pihak telekomunikasi akan merahasiakan data pelanggan.

Tapi tetap saja was-was banget terhadap data-data yang sudah Molzania masukkan. Entah itu nomor kk dan ktp. Kalau data nama ibu kandung sih memang sudah dari awal sengaja untuk TIDAK memberikan nama asli. Semoga emang gak berpengaruh kedepannya. Molzania akan menyimpan screenshot percakapan XL deh untuk berjaga-jaga. Toh mungkin juga banyak sobat yang juga sudah memasukkan data-data penting dan asli di web XL. Soalnya di sosial media resmi XL juga sudah banyak yang melakukan komplain serupa dengan Molzania. :(


Lanjut untuk registrasi ulang nomor Indosat. Hingga saat tulisan ini dibuat, Indosat belum tersedia  registrasi ulang secara online lewat website seperti halnya XL. Tapi beberapa hari lalu Molzania iseng untuk nanya via email cs Indosat Ooredoo. Tidak seperti XL, Indosat tidak menyediakan fasilitas live chat. Pun menelepon csnya terbilang sulit. Molzania gagal terus menelepon 185 via nomor IM3. 

Lumayan lama juga menunggu email balasannya. Selang dua hari kemudian baru mendapat balasan. Kata pihak cs, Molzania bisa melakukan registrasi via email. Asal bersedia memberikan data-data seperti foto ktp dan kk beserta harus menjawab sejumlah data lainnya. Sempat mundur-maju juga sih menyerahkan data-data penting macam foto ktp dan kk kepada pihak yang nggak dikenal. 


Hanya saja bismillah saja deh. Toh diberikan kepada email resmi Indosat. Persyaratan untuk ke gerainya juga kurang lebih sama. Kita harus membawa ktp dan kk asli serta fotokopian untuk ditunjukkan kepada staff yang bertugas. Bedanya kalau ke gerai kita harus mengantri dan pasti banyak banget yang mau registrasi via manual juga. Kalau via email kan kita hanya menunggu balasannya saja. 

Sekarang Molzania sedang menunggu balasan dari pihak Indosat. Nanti kalau sudah dibalas, bakalan Molzania update lagi apakah cara ini berhasil atau tidak. Untuk provider lain, coba deh Molzania sarankan untuk mengontak email csnya masing-masing untuk mencoba registrasi via online. Bisa dicari via Google atau ke web resmi masing-masing providernya saja. Mudah-mudahan semua bisa berhasil registrasinya. Kalau boleh mengkritisi, kebijakan pemerintah ini rada aneh deh. Apa nggak cukup gitu registrasi ktp saja malah harus nambah registrasi kk juga. -_-

Klik untuk Memperbesar
Tapi kalau dipikir-pikir sepanjang itu untuk kebaikan bersama, kenapa nggak ya sobat? Tujuannya kan untuk mengurangi penipuan via online. Jadi kalau ada penipu dan penyebar hoax, gampang ketahuan. Asal kedepannya nggak disalahgunain data-data kita oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Tambahan lagi kalau nantinya kita juga hanya bisa memiliki maksimal 3 nomor hape untuk satu provider. Yang biasa gonta-ganti nomor hp buat internetan bakal bermasalah nih. Hehehe..

Lagipula sistem registrasi simcard ini sudah lumayan lama kan sebenarnya? Kalau nggak salah sudah mulai digalakkan sejak pertengahan 2000-an atau menjelang 2010an akhir deh. Selama ini Molzania fine-fine saja dengan data-data yang sudah Molzania berikan kepada petugas provider. Semoga yang ini juga nggak bermasalah. Aamiin. :)

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.