5 Kendala yang Sering Dihadapi Blogger dan Cara Mengatasinya

Mengelola blog terkadang memang menyita waktu dan perhatian. Tak jarang ini menimbulkan kendala atau masalah tersendiri. Membesarkan sesuatu memang tak ada yang instan. Semuanya butuh proses dan kerja keras. Jangan dibayangkan seorang blogger hanya duduk manis depan mengetik laptop, lalu uang pun berdatangan. Mereka juga memiliki suka dukanya tersendiri.


Seperti apa sih kendala yang sering dihadapi oleh blogger? Lalu bagaimana mengatasinya? Molzania sudah merangkumnya untuk sobat bubblelatte semua. Listnya disesuaikan dengan pengalaman Molzania sendiri sebagai seorang blogger. Yuk mari kita simak pencerahannya;

1. Writer's Block

Beberapa tahun lalu, Molzania pernah menulis tentang artikel tentang writer's block. Namun dikarenakan artikelnya dirasa kurang mumpuni, Molzania akan memperbaharuinya disini. Intinya writer's block itu merupakan kendala terbesar yang sering dihadapi blogger berkaitan dengan ide menulis. Kita sama sekali nggak punya ide untuk menulis. Sama sekali. Sementara itu blogger punya deadline menulis untuk blognya sendiri yang butuh diupdate.

SOLUSI
Dalam artikel diatas, Molzania sudah memberikan sedikit solusi untuk mengatasinya. Perbanyak membaca buku apapun itu. Boleh juga dengan membaca sejumlah artikel di internet. Seorang yang memiliki jiwa penulis biasanya akan mendapatkan ide setelah memperbaharui pengetahuannya lewat bacaan. Setelahnya, sobat mungkin butuh untuk keluar rumah mencari udara segar. Ada jutaan ide yang bertebaran di luar sana yang bisa menjadi sumber ilham untuk menulis. Jika masih terkendala dengan writer's block, apa boleh buat sepertinya sobat butuh jasa penulisan artikel yang banyak tersedia via online.

2. Mati Lampu

Ini sebenarnya sangat klasik, tapi mati lampu memang kerap menjadi kendala yang sering dihadapi blogger. Tidak hanya di pedesaan, peristiwa mati lampu juga melanda wilayah perkotaan. Seringnya masalah ini datang tiba-tiba dan tidak terduga. Ada kalanya kita lagi asyik-asyik menulis, tiba-tiba blup! listrik padam. Percaya atau tidak? listrik yang padam secara tiba-tiba juga bisa menurunkan mood untuk menulis.


SOLUSI
Jika ide sedang banyak-banyaknya, tidak ada salahnya untuk mulai menuangkan ide-ide tersebut pada selembar kertas. Kelamaan membiarkan ide mengendap di kepala akan membuatnya hilang begitu saja. Usahakan untuk menulis hanya poin-poin penting tulisan kita saja. Hal ini dimaksudkan untuk membuat waktu kita lebih efisien, sehingga masih bisa melakukan hal-hal yang lain. Kalau sedang mepet deadline, tidak ada salahnya untuk menggunakan sumber listrik yang masih tersedia, misalnya menggunakan powerbank atau charging via smartphone.

3. Gak Ada Internet/Pulsa

Sedang berada di kota terpencil dimana akses internet serba terbatas? Atau pulsa lagi cekak sehingga tidak bisa update blog lebih sering? Ini memang mengganggu. Namun bukan berarti blogmu lantas terbengkalai karena sobat tidak punya akses untuk mengupdatenya. Kalau sobat lakukan solusi Molzania dibawah Insya Allah sobat akan sangat terbantu.


SOLUSI
Bila masih ada peluang untuk mendapatkan akses internet, misalkan masih tersedianya fasilitas publik wifi yang bisa sobat manfaatkan, usahakan untuk mempergunakannya lebih sering. Sobat bisa membuat beberapa artikel untuk diposting dan menjadwalkannya minimal 1 post terbit setiap hari. Buat masing-masing tulisan di microsoft word dan simpan di dalam flashdisk. Pada platform blog terkenal, biasanya mereka ada fasilitas schedule atau jadwal yang bisa kita tentukan sendiri. Dengan cara ini, blog kita masih tetap bisa update meskipun penulisnya sedang berada di luar kota atau kehabisan pulsa. 

4. Sibuk dengan Dunia Nyata

Saat ini kita hidup selayaknya hewan amfibi yang hidup di dua alam. Alam pertama merupakan tempat dimana kita berada saat ini. Sementara itu alam kedua disebut sebagai apa yang dinamakan orang-orang sebagai dunia maya. Profesi blogger merupakan profesi yang hanya ada di dunia maya. Keseimbangan diantara dua dunia yang berbeda tersebut haruslah menjadi perhatian. Ada kalanya keduanya sedang tidak seimbang sehingga blogger mau tidak mau meninggalkan tugasnya di dunia maya dan beralih ke dunia nyata.

SOLUSI
Kebanyakan blogger akan berusaha untuk memanfaatkan waktu luang mereka untuk mengupdate blog. Tak jarang ini membuat blogger terpaksa bergadang malam-malam untuk menulis. Molzania juga melakukan hal tersebut sesekali. Akan tetapi kebiasaan ini tentunya tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika dilakukan terus-menerus. Solusi yang Molzania lakukan kurang lebih sama seperti nomor 3 diatas. Sebelum berkutat dengan kesibukan, buat beberapa artikel dalam sekali duduk lalu dijadwalkan untuk tayang minimal satu tiap 1-2 hari sekali

5. Males Posting

Kendala terakhir yang sering dialami oleh blogger ialah malas posting. Perbedaan antara malas dengan writer's block sebenarnya sangat tipis. Tetapi malas seringkali bukan karena kehabisan ide-ide melainkan merasa bosan dan jenuh untuk menulis. Sebagaimana profesi dan pekerjaan yang lain, ada kalanya blogger mengalami masa-masa sulit untuk menulis. 


SOLUSI
Kalau sudah seperti ini, Molzania biasanya akan meninggalkan dunia blog dan fokus ke hal-hal yang menyenangkan. Misalnya jalan-jalan ke tempat yang kita sukai yang dalam hal ini tempat yang Molzania suka ialah mall dan pusat perbelanjaan. Biasanya setelah hiatus ngeblog selama beberapa hari, ide-ide kreatif akan mulai bermunculan. Akhirnya perasaan rindu untuk menulis akan kembali muncul seiring dengan waktu.

Okay guys. itulah daftar kendala yang sering dihadapi oleh blogger dan cara mengatasinya. Mudah-mudahan menjadi tambahan pengetahuan untuk sobat blogger Indonesia. Terima kasih sudah membaca artikelnya hingga akhir. Jangan lupa beri komentar dan bagikan ke sosmed kalian jika suka. Salam hangat dari Molzania. ^^

44 comments :

  1. kalau penyakit saya males nulis :)

    ReplyDelete
  2. Menyeimbangkan kepentingan di dunia nyata dan dunia maya menang tidak mudah ya mvak. Beberapa hal di atas juga pernah kualami. Writer's block, males nulis, kendala waktu dan sebagainya.

    Semoga setelah membaca postingan ini, aku tak lagi malas menulis di blog ^^

    Thanks for the sharing yaa

    ReplyDelete
  3. Menyeimbangkan kehidupan antara dunia nyata dan maya emang nggak mudah ya. Lalu poin 2,3, dan 4 nih yang rada syuliiiittt.

    ReplyDelete
  4. Aku milih jalan2 aja teh kalau aku lagi gak mood nulis...

    Wahhh.. makasih solusinya..

    ReplyDelete
  5. Suka sama kata amfibi itu, haha... Btw template nya bagus saya syuka saya syuka...salam kenal ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inget kodok itu hahaa... Hiburan aja sih hehee.
      Mksh. Slm kenal juga ^^

      Delete
  6. Mbk aku yg nomor 4 tu mbk. Sibuk sm dunia nyata yg aduhai. Jd susah bgd nyari waktu buat ngeblog. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, molzania juga orangnya sibuk terkadang. Tapi usahakan selalu utk ngeblog. Minimal ngedraft dululah hehee

      Delete
  7. kalau saya sedang sibuk dengan dunia nyata, suka lupa ngblognya. ya terpaksa kosong dulu deh. berbagi waktu kalo sibuk emang susah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai aja mas nulisnya. Gak perlu dikejar2 waktu. Kalo gak mood dipaksain, ntar tulisannya jadi gak menjiwai. ^^

      Delete
  8. Kalo aku sering banget ngalamin yang namanya mati lampu itu ahahhaa...
    Kalo udah mati lampu udah deh, sinyal juga suka ikutan ilang. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Alma pasti suntuk banget ya lagi asik2 nulis eh mati lampu, mana ide lagi banyak2nya. hahaa... rasanya pengen garukin tembok :v

      Delete
  9. Smua poin diatas sering jadi alasan sy suka nunda posting tulisan. Tetapi lebih seringnya writer block. Biasanya udah nulis sampe beberapa paragraf trus blank, mentok, gak tau lanjutan tulisanx akhirnya postingan numpuk di draft soalx susah menyelesaikan tulisan. Kira-kira solusix nya apa yak kalo gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kata blogger senior sih, tulis aja apa yang ada di otak! Nanti setelahnya baru ngedit. ^^

      Delete
  10. Kalau saya malah waktu menulis idenya yang sering sedikit sekali. Baru ada ide dan mau menuliskannya. Eh anaknya bangun terus tiba-tiba idenya buyar lagi hihihi. Allhamdulillah nikmat juga rasanya setelah ada anak ie jd sring brmunculan karena mnulis ttg khidupan sehari2 ttg anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu blognya dijadikan tema parenting saja jadi idenya bisa dari anak. :)

      Delete
  11. Waduh aku ngalamin itu pernah lomba blog on the spot mati lampu sampai 3 kali udah deh mood hilang dah

    ReplyDelete
  12. Mpo suka jalan jalan ke event. Biasa buat bahan blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya kalo di daerah jarang diadain events untuk blogger :(

      Delete
  13. Writer's block yang gue sering alamai hahah

    ReplyDelete
  14. Miss suka beli data hemat. Mayan 3G 20.000 baiknya si kuning yg memberi promo murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Molzania sih langganan si biru. Bisa dipake buat nonton korean drama juga ^^

      Delete
  15. saya suka kehabisan ide mba dan binggung mau mulai dari mana? hehehehe curhat

    ReplyDelete
  16. saya tidak menemukan masalah seperti itu lagi mbak, kalau saya jujur dulu sih iya sewaktu menulis di blog personal yang isinya gado2, write's block dan malas posting karena blog saya terkesan tidak punya identitas saya jadi malas.

    diawal pembuatan blog pun ga matang mau bahas apa,

    jauh berbeda dengan sekarang, saya membuat blog baru dengan tema finansial dan pekerjaan, jelas nichenya, selain itu topiknya juga saya suka, yaahh , akhirnya saya tidak menemukan kendala sama sekali.

    oh ya ,blog saya cuma update 2 artikel per bulan jadi bukan karena males tapi memang seperti itu frekuensinya dan sudah konsisten selama 4 bulan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah updetnya jarang-jarang ya. Tapi kalo konsisten, ya nggak masalah. :)

      Delete
  17. Kalau saya sih lebih sering kena yang nomer 2 sama 3, mbak.
    Pas mati lampu, itu lumayan mengganggu. Secara laptop udah berasa PC gegara baterainya jebol. Mati lampu, yaudah laptop nggak bakal nyala sama sekali. Tapi sekarang tak nyoba tips yang udah ditulis dibawahnya tadi lah, siapa tau bisa sedikit mengurangi kendala yang saya alami.

    ReplyDelete
  18. saya biasanya gak ada kuota sama sok sibuk di dunia nyata hehe
    tapi kadang lebih ke sibuk aja dan rasa males karena sudah terlalu capek sepulang kerja

    ReplyDelete
  19. Wah kok ya pas banget postingan ini dengan sikon terkini aku hahaha...kalau sibuk di dunia nyata. Mayanya lupa terutama update blog. Tahun baru belum nulis nih. Noted semua! terima kasih ya nice post!

    ReplyDelete
  20. Kalau aku biasanya terkendala pada poin 1. Buntu ide, jadi mau digimanain juga akhirnya blognya nganggur, padahal ngakunya blogger. Haha

    Makasih share-nya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus gimana nih caramu mengatasinya ? Apa tipsnya manjur?

      Delete
  21. Replies
    1. Iya, kesibukan memang menyita waktu kita utk ngeblog :(

      Delete
  22. MALES POSTING, ini aku banget, tapi kalau aku bukan males nulis, kalo nulis mah masih rajin, tapi kadang ragu mau post atau nggak, jadi seringnya cuma berhenti di draft aja.

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

My Instagram

Copyright © BuBBLeLaTTe . Made with by Molzania Design