5 Kendala yang Sering Dihadapi Blogger dan Cara Mengatasinya

Mengelola blog terkadang memang menyita waktu dan perhatian. Tak jarang ini menimbulkan kendala atau masalah tersendiri. Membesarkan sesuatu memang tak ada yang instan. Semuanya butuh proses dan kerja keras. Jangan dibayangkan seorang blogger hanya duduk manis depan mengetik laptop, lalu uang pun berdatangan. Mereka juga memiliki suka dukanya tersendiri.


Seperti apa sih kendala yang sering dihadapi oleh blogger? Lalu bagaimana mengatasinya? Molzania sudah merangkumnya untuk sobat bubblelatte semua. Listnya disesuaikan dengan pengalaman Molzania sendiri sebagai seorang blogger. Yuk mari kita simak pencerahannya;

1. Writer's Block

Beberapa tahun lalu, Molzania pernah menulis tentang artikel tentang writer's block. Namun dikarenakan artikelnya dirasa kurang mumpuni, Molzania akan memperbaharuinya disini. Intinya writer's block itu merupakan kendala terbesar yang sering dihadapi blogger berkaitan dengan ide menulis. Kita sama sekali nggak punya ide untuk menulis. Sama sekali. Sementara itu blogger punya deadline menulis untuk blognya sendiri yang butuh diupdate.

SOLUSI
Dalam artikel diatas, Molzania sudah memberikan sedikit solusi untuk mengatasinya. Perbanyak membaca buku apapun itu. Boleh juga dengan membaca sejumlah artikel di internet. Seorang yang memiliki jiwa penulis biasanya akan mendapatkan ide setelah memperbaharui pengetahuannya lewat bacaan. Setelahnya, sobat mungkin butuh untuk keluar rumah mencari udara segar. Ada jutaan ide yang bertebaran di luar sana yang bisa menjadi sumber ilham untuk menulis. Jika masih terkendala dengan writer's block, apa boleh buat sepertinya sobat butuh jasa penulisan artikel yang banyak tersedia via online.

2. Mati Lampu

Ini sebenarnya sangat klasik, tapi mati lampu memang kerap menjadi kendala yang sering dihadapi blogger. Tidak hanya di pedesaan, peristiwa mati lampu juga melanda wilayah perkotaan. Seringnya masalah ini datang tiba-tiba dan tidak terduga. Ada kalanya kita lagi asyik-asyik menulis, tiba-tiba blup! listrik padam. Percaya atau tidak? listrik yang padam secara tiba-tiba juga bisa menurunkan mood untuk menulis.


SOLUSI
Jika ide sedang banyak-banyaknya, tidak ada salahnya untuk mulai menuangkan ide-ide tersebut pada selembar kertas. Kelamaan membiarkan ide mengendap di kepala akan membuatnya hilang begitu saja. Usahakan untuk menulis hanya poin-poin penting tulisan kita saja. Hal ini dimaksudkan untuk membuat waktu kita lebih efisien, sehingga masih bisa melakukan hal-hal yang lain. Kalau sedang mepet deadline, tidak ada salahnya untuk menggunakan sumber listrik yang masih tersedia, misalnya menggunakan powerbank atau charging via smartphone.

3. Gak Ada Internet/Pulsa

Sedang berada di kota terpencil dimana akses internet serba terbatas? Atau pulsa lagi cekak sehingga tidak bisa update blog lebih sering? Ini memang mengganggu. Namun bukan berarti blogmu lantas terbengkalai karena sobat tidak punya akses untuk mengupdatenya. Kalau sobat lakukan solusi Molzania dibawah Insya Allah sobat akan sangat terbantu.


SOLUSI
Bila masih ada peluang untuk mendapatkan akses internet, misalkan masih tersedianya fasilitas publik wifi yang bisa sobat manfaatkan, usahakan untuk mempergunakannya lebih sering. Sobat bisa membuat beberapa artikel untuk diposting dan menjadwalkannya minimal 1 post terbit setiap hari. Buat masing-masing tulisan di microsoft word dan simpan di dalam flashdisk. Pada platform blog terkenal, biasanya mereka ada fasilitas schedule atau jadwal yang bisa kita tentukan sendiri. Dengan cara ini, blog kita masih tetap bisa update meskipun penulisnya sedang berada di luar kota atau kehabisan pulsa. 

4. Sibuk dengan Dunia Nyata

Saat ini kita hidup selayaknya hewan amfibi yang hidup di dua alam. Alam pertama merupakan tempat dimana kita berada saat ini. Sementara itu alam kedua disebut sebagai apa yang dinamakan orang-orang sebagai dunia maya. Profesi blogger merupakan profesi yang hanya ada di dunia maya. Keseimbangan diantara dua dunia yang berbeda tersebut haruslah menjadi perhatian. Ada kalanya keduanya sedang tidak seimbang sehingga blogger mau tidak mau meninggalkan tugasnya di dunia maya dan beralih ke dunia nyata.

SOLUSI
Kebanyakan blogger akan berusaha untuk memanfaatkan waktu luang mereka untuk mengupdate blog. Tak jarang ini membuat blogger terpaksa bergadang malam-malam untuk menulis. Molzania juga melakukan hal tersebut sesekali. Akan tetapi kebiasaan ini tentunya tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika dilakukan terus-menerus. Solusi yang Molzania lakukan kurang lebih sama seperti nomor 3 diatas. Sebelum berkutat dengan kesibukan, buat beberapa artikel dalam sekali duduk lalu dijadwalkan untuk tayang minimal satu tiap 1-2 hari sekali

5. Males Posting

Kendala terakhir yang sering dialami oleh blogger ialah malas posting. Perbedaan antara malas dengan writer's block sebenarnya sangat tipis. Tetapi malas seringkali bukan karena kehabisan ide-ide melainkan merasa bosan dan jenuh untuk menulis. Sebagaimana profesi dan pekerjaan yang lain, ada kalanya blogger mengalami masa-masa sulit untuk menulis. 


SOLUSI
Kalau sudah seperti ini, Molzania biasanya akan meninggalkan dunia blog dan fokus ke hal-hal yang menyenangkan. Misalnya jalan-jalan ke tempat yang kita sukai yang dalam hal ini tempat yang Molzania suka ialah mall dan pusat perbelanjaan. Biasanya setelah hiatus ngeblog selama beberapa hari, ide-ide kreatif akan mulai bermunculan. Akhirnya perasaan rindu untuk menulis akan kembali muncul seiring dengan waktu.

Okay guys. itulah daftar kendala yang sering dihadapi oleh blogger dan cara mengatasinya. Mudah-mudahan menjadi tambahan pengetahuan untuk sobat blogger Indonesia. Terima kasih sudah membaca artikelnya hingga akhir. Jangan lupa beri komentar dan bagikan ke sosmed kalian jika suka. Salam hangat dari Molzania. ^^

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.