Cara Mudah Menjaga Kesehatan Wajah untuk Kulit Berminyak

Apakah kulit sobat termasuk tipe yang berminyak? Memiliki kulit berminyak memang terkadang menyebalkan. Apalagi ketika bangun tidur, rasanya wajah sudah seperti wajan penggorengan. Kulit berminyak disebabkan oleh kadar produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Hal ini biasanya dikarenakan faktor keturunan.


Lantas apakah dengan kulit berminyak kita berdiam diri dan hanya pasrah menerima nasib? Tentu saja tidak. Solusinya kulit berminyak juga membutuhkan perawatan. Bukan untuk menghilangkan kadar minyaknya sama sekali. Minyak esensial diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit. Akan tetapi yang kita lakukan ialah dengan mengontrol produksi minyak. Membuatnya kering malah justru membuat tubuh melakukan perlawanan sehingga malah memproduksi lebih banyak minyak.

Berikut tips-tips menjaga kesehatan wajah untuk kulit berminyak:

1. Selalu Menggunakan Produk Kecantikan untuk Kulit Berminyak

Produk kecantikan dan make up biasanya dilengkapi dengan pilihan yang disesuaikan tipe kulit kita. Sebelum membeli suatu produk, pastikan itu memang dikhususkan untuk kulit berminyak. Selalu gunakan produk kecantikan yang water based bukan oil based atau silicon based. Produk-produk kecantikan untuk kulit berminyak atau berbahan dasar air memiliki kandungan khusus untuk menahan produksi minyak. Jika kita menggunakan produk yang tidak sesuai apalagi bila itu berlawanan, maka bisa jadi produknya malah tidak cocok untuk kulit dan malah memperparah kadar minyak. 

2. Rutin Membersihkan Wajah Setiap Hari

Bersihkan wajah sekali sehari menjelang sore hari. Pada pagi hari gunakan toner, sunscreen dan moisturizer. Jangan lupa bersihkan pula setiap habis berolahraga. Gunakan sabun muka untuk kulit berminyak. Apabila muncul jerawat, jangan dipencet karena justru akan semakin memperparah jerawat. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan muka. Lebih baik gunakan kertas minyak atau tisu basah yang lembut dan steril bila ingin mengelap keringat. 

3. Jauhi Mengonsumsi Makanan-Makanan Ini

Untuk sobat dengan kulit berminyak disarankan untuk tidak sering-sering mengonsumsi makanan yang terbuat dari susu, kacang-kacangan, karbohidrat, lemak, gula, dan goreng-gorengan. Semua makanan ini akan meningkatkan kadar produksi minyak dalam tubuh sobat. Perbanyak asupan buah-buahan yang mengandung pemanis alami seperti beri-berian, mangga, pisang beku, dan lemon. Buah-buahan ini tentunya lebih sehat dan bebas lemak jahat.

4. Ganti Sarung Bantal Sesering Mungkin

Tidak hanya wajah, sarung bantal juga harus sering diganti. Minimal seminggu sekali. Kita tidak ingin kan sisa minyak dan bakteri yang menumpuk pada bantal lantas menyentuh muka kita. Jika rambut kita panjang, lebih baik diikat kuda daripada diuraikan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan muka.


Itulah tips mudah menjaga kesehatan wajah untuk kulit berminyak ala Molzania. Mudah-mudahan dapat memberikan pengetahuan untuk sobat bubblelatte semua. Sampai jumpa lagi di tips-tips menarik selanjutnya. Salam hangat dari Molzania. ^_^

*tulisan diikutsertakan dalam event Collaborative Blog "Komunitas Emak Blogger" Kelompok Dian Sastro dengan trigger post "5 Cara Menjaga Kesehatan untuk Karyawan" karya Firda Winandini #KEBBloggingCollab

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.