Belajar Tajwid Lewat Kelas Tahsin Komunitas ODOJ Palembang

Pada hari minggu kemarin, komunitas One Day One Juz (ODOJ) Palembang menyelenggarakan kegiatan perdana kelas tahsin yang rencananya akan digelar satu minggu sekali. Tentunya Molzania sebagai bagian dari keluarga besar ODOJ tidak mau ketinggalan. Acaranya berlokasi di Masjid Al-Fattah, Sekip Palembang. Kebetulan deket banget dari rumah.

Acara Perdana Kelas Tahsin Komunitas ODOJ Palembang 
Di acara perdana kali ini berfokus pada perkenalan terlebih dahulu. Jadi kelas tahsin itu ialah untuk memperlancar bacaan Al-Qur'an kita. Disini kita akan mempelajari tajwid atau tata cara membaca Al-Qur'an yang baik dan benar. Acara Tahsin ODOJ terbuka untuk odojers dan umum. Artinya siapapun bisa ikut serta. Tidak terbatas pula oleh usia. Bahkan ibu-ibu usia 50 tahun keatas banyak yang ikut serta loh.

Alhamdulillah walaupun acara perdana tapi banyak yang ikut serta. Pada acara perdananya saja sudah sekitar 100 orang yang ikut serta. Terdiri atas 30 ikhwan dan 70 akhwat. Nantinya mereka akan dibagi ke dalam tiga kelas; yaitu level beginner, intermediate dan advanced. Tentunya peserta yang bergabung akan terlebih dahulu dites satu persatu kefasihan bacaannya. Masing-masing kelas nantinya akan dibimbing oleh satu orang pengajar. 

Kegiatan Tahsin ODOJ Palembang
Molzania sendiri bergabung di kelas Tahsin 2 dimana sudah termasuk level advanced. Nggak menyangka juga sih bisa kebagian level tersebut. Soalnya Molzania merasa kemampuan mengajinya berada di level bawah. Tapi memang sehari sebelumnya Molzania mengulang-ulang dulu materi yang Molzania pernah dapat di Antariksa Mengaji. Jadi nggak terlalu malu-maluin juga.

Karena pesertanya banyak, satu persatu dites satu buah ayat Al-Qur'an. Dipilihnya random sih bacaan Al-Qur'annya. Bagi pengurus termasuk Molzania rencananya akan dibuat kelas tahsin khusus dan terpisah. Duh... deg-degan sih penasaran kelasnya kaya gimana. Tapi ya pasrah aja dah Molzania. Hehe.

Peserta Tahsin dites Satu Persatu
Acara tahsin pagi tadi dimulai sekitar pukul tujuh. Berlangsung selama 3 jam sampai pukul 10. Sembari menunggu kehadiran peserta, Molzania sempat bikin live streamingnya juga. Hitung-hitung ya promo kegiatannya ODOJ Palembang. Sekalian cari materi untuk bisa ditulis di blog ini. Kelemahan Molzania dalam mengaji selama ialah bacaan panjang pendek dan pengaturan nafas. Diharapkan dengan mengikuti tahsin, bacaan Al-Qur'an Molzania menjadi lebih baik lagi. Aamiin.

Selain perkenalan tahsin, ada juga pemberian materi ceramah oleh bapak Ustadz Khatibul Ummah. Beliau menasihati kita wajib membaca Al-Qur'an secara baik dan benar. Membaca yang baik dan benar itu maksudnya ialah membaca seperti halnya bacaan Rasulullah. Satu huruf Al-Qur'an kita baca nilainya sepuluh kebaikan. Jika kita belum bisa membaca dengan baik dan benar, tidaklah mengapa.



Namun jika kita membiarkan terus-terusan bacaan yang salah, maka hal itu bisa berubah menjadi dosa. Dikarenakan dalam tata bahasa Arab, satu kata dibaca salah maka artinya akan jauh berbeda. Untuk itu salah satu cara untuk memperbaikinya ialah dengan mengikuti kelas tahsin. Dalam kelas tahsin, kita akan dibimbing oleh pembimbing yang mana beliau akan memperbaiki bacaan kita.

Dengan banyak mendengar dan berlatih langsung dari orang yang sudah berpengalaman, Insya Allah bacaan kita akan semakin baik. Jika sudah baik, maka mengaji pun akan lebih enak untuk didengar dan dinikmati. Baik oleh diri sendiri maupun orang lain. Apalagi bila ditambah dengan memahami artinya. Wah, manteb banget tuh yang kaya' gitu.. hihii..

Tes Peserta Tahsin ODOJ Sumsel
Untuk sobat bubblelatte yang berminat bergabung, masih tersedia kok untuk menjadi peserta kelas tahsin angkatan pertama ini. Caranya cukup simakin flyer dibawah ini saja. Disini kita dituntut komitmen agar bersedia mengikuti kelas tahsin hingga akhir. Insya Allah kegiatan semacam ini akan digalakkan oleh ketua korprov ODOJ Sumsel yang baru. :P *colek mbak tata*

Flyer Kelas Tahsin ODOJ Palembang
Source: Instagram @ODOJSumsel
Sesi terakhir tentu saja foto-foto dengan seluruh peserta kelas tahsin. Tentu saja Molzania berfoto dengan sesama akhwat. Lumayan banyak juga kan peserta yang eksis. Semoga kebersamaan seperti ini terus berlangsung deh. Molzania sudah nggak sabar ingin memulai kelasnya. Ohya, minggu kedua kelas nanti akan dimulai benaran deh kelasnya.

Sesi Foto Bareng Peserta Kelas Tahsin ODOJ Palembang
Eksis Selfie Sendiri
Itulah informasi mengenai Acara Perdana Kelas Tahsin Komunitas ODOJ Palembang. Mudah-mudahan bisa menjadi informasi bagi kalian tentang kelas tahsin di Palembang. Kegiatannya tidak dipungut bayaran kok. FREE AT ALL. So jangan sungkan lagi untuk segera bergabung ya sobat. Mumpung jatah hidup di dunia masih tersedia. :P

Kesemua video live streaming di facebook akan Molzania edit terlebih dahulu. Dan itu pasti memakan waktu. Insya Allah setelah diedit akan diupload ke channel Youtube. Dan insya Allah akan Molzania masukkan pula ke blog ini. So tungguin saja ya guys, video lengkapnya. Untuk sementara saksikan dulu saja video ringkasannya yang diupload di channel ODOJ Sumsel. Salam hangat dari Molzania ^_^ 

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.