Ujian CA Tidak Sulit Kok

Hai, tanggal 2-5 Agustus 2015 lalu Molzania sudah mengikuti Ujian Chartered Accountant di Universitas Sriwijaya Bukit Besar Palembang. Sesuai janji Molzania mau berbagi pengalaman seputar ujian CA. Untuk semester satu kemarin Molzania hanya mengambil dua mata kuliah, yaitu mata kuliah Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat (Etpro) dan Akuntansi Manajemen Lanjutan (Akmen).

Untuk mata kuliah Etpro, ujian berlangsung pada hari Selasa siang pukul setengah dua hingga setengah lima sore. Itu artinya ujian berlangsung selama tiga jam. Sumpah deg-degan banget mikirin ujian CA bisa ndak jawab soalnya. Saking gugupnya Molzania jadi lupa foto-foto nih huhu. Nggak apa-apa ya guys, lain kali kalo ikut ujian lagi janji deh foto-foto.

Bulan Agustus 2016 ini ujian dilangsungkan di ruang di gedung perkuliahan doktoral (S3) Fakultas Ekonomi Unsri. Persis di depan gedung PPAk. Jumlah soal untuk ujian CA ada tiga bagian, yaitu 30 soal pilihan ganda, 3-5 soal essay, dan soal studi kasus sebanyak 5 soal. Ketiga bagian soal semuanya dikerjakan dalam waktu tiga jam. Jadi ada banyak waktu untuk mengerjakan puluhan soal-soal tersebut.

Ternyata nih guys, ujian CA tidaklah seseram yang dibayangkan. Semua materi yang diujikan ada di dalam modul CA. Tips pertama dari Molzania untuk lulus ujian CA kalian WAJIB menghapal semua materi penting yang ada di modul. Itu artinya kalian harus siap-siap beli ketujuh modul sebelum ikut ujian CA.

Modul Chartered Accountant

Modul-modul ini bisa kalian beli secara online via IAI atau meminjam fotokopian punya teman. Yang kedua ini lebih hemat nih guys. Bayangkan saja total biaya untuk ketujuh modul mencapai Rp. 350.000 (belum termasuk ongkir) itu bisa dihemat 50% bila kita fotokopi wkwkwk. Namanya juga masih mahasiswa akuntansi kan, butuh pintar-pintar cari peluang.

Namun, bila ternyata modul CA di kampus kalian tidak lengkap. Ya, mau nggak mau kalian harus beli. Biaya untuk mahasiswa PPAk per modul itu didiskon 25% yaitu Rp. 75.000 (lagi-lagi belum termasuk ongkir). Kalau yang berminat membeli modul CA bisa menghubungi via email aryo.andiko@iaiglobal.or.id. Nanti kalian bisa minta download formulirnya terlebih dahulu disini. Jika sudah dikonfirmasi pembayarannya oleh IAI Pusat kalian diharuskan memberi bukti scan kartu anggota IAI yang masih berlaku. Ini sebagai bukti kalau kalian benar anggota IAI sekaligus mahasiswa PPAk yang berhak mendapat diskonan. :)

Selanjutnya tips yang kedua untuk studi kasus kalian harus menggunakan analisis untuk menjawabnya. Misalnya nih sewaktu Molzania ujian matkul Etpro, pada bagian studi kasus kita diberi sebuah materi Annual Report PT. Link tahun 2015 yang memuat laporan keuangan, profil dewan komisaris dan komite audit, struktur perusahaan, serta tanggung jawab masing-masing dewan komisaris dan komite audit. 

Disana kita diminta untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan masing-masing bagian Annual Report diatas. Soal studi kasus untuk mata ujian Etpro itu beranak pinak. Mulai dari menanyakan evaluasi tentang background profil dewan komisaris, background profil komite audit, hingga macam-macam deh. Lupa, Yang jelas kesemua jawabannya ada di bab modul Tanggung Jawab Dewan. 

Sementara itu untuk mata kuliah Akumen, soal essay dan studi kasus full 90% soal hitungan. Nah, Molzania agak kepayahan dalam mata ujian ini. Soalnya Molzania pada dasarnya benci banget sama yang namanya hitungan. Jadi buat kalian yang mau ikutan ujian Akuman, kudu banget hapalan semua rumus yang ada di modulnya.

Intinya kalau mau lulus CA, kalian kudu NGAPAL. Itu aja sih.. wkwk. Standar banget untuk ujian di Indonesia yang memang diharuskan banyak menghapal. Semua yang penting kudu banget ngelotok di kepala. Jangan sampai ada yang ketinggalan dibaca.


Tips yang ketiga jangan lupa berdoa dan shalat tahajud. Penting banget untuk mendekatkan diri pada Allah sebelum dan sesudah ujian. Jangan lupa pergiat membaca Al-Qur'annya. OK, begitulah tips lulus ujian Chartered Accountant (CA) dari Molzania. Mudah-mudahan sedikit membantu ya. Jangan takut ujian CA, Jangan percaya apa kata orang, yakinlah bahwa ujian CA tidak sesulit ujian malaikat Munkar dan Nakir #loh?


Doakan Molzania lulus ya sobat bubblelaters :') Aamiin Yaa Rabbal Alamin.. :)

Update 27 Juli 2017:
Molzania membuat grup facebook "Chartered Accountant Indonesia" bertujuan untuk berbagi info mengenai tips dan kisi-kisi ujian Chartered Accountant Indonesia. Isinya bisa alumni, mahasiswa PPAK dan peserta ujian CA yang sedang, pernah dan akan mengikuti ujian Chartered Accountant. Ujian CA terkenal susah nih sobat, mending kita belajar dan berbagi info bersama. Ayo gabung grup Facebooknya, isinya baru sedikit. Mengingat banyaknya minat terhadap ujian CA, Molzania yakin grup ini akan bertambah banyak anggotanya. Ajak teman kamu juga ya... 

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.