Pengalaman Tes PPak UNSRI Part I

Cerita yang Molzania berikan ini berangkat dari kisah nyata Molzania sendiri yang susahnya mencari informasi mengenai tes masuk PPaK atau Program Profesi Akuntan. Nah berhubung Molzania telah mengalaminya dan Alhamdulillah lolos tes. Jadi Molzania ingin memberitahu sedikit pengalaman yang sudah Molzania rasakan, include suka dukanya.

Jadi, ujian saringan masuk (USM) PPaK Universitas Sriwijaya itu terbagi menjadi dua bagian. Pertama, tes validasi kemampuan (TVK) dan yang kedua tes TOEFL SULIET atau Sriwijaya University Language Institute English Test. TVK terdiri dari 100 Soal dengan materi Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan, Audt dan Perpajakan. Artinya masing-masing terdiri dari 100 Soal.

Passing grade tes tvk yang diberikan Universitas Sriwijaya itu sebesar 30-35%. Artinya kita mesti benar > 30 Soal bila ingin lolos tahap pertama. Molzania daftar PPaK itu tanggal 20 November 2015. Sementara tesnya akan dilangsungkan tanggal 19 Desember 2015. Artinya Molzania punya waktu sekitar satu bulan untuk belajar.

Ilustrasi Buku UT. Pic by @Molzania Instagram
Sembari mengasah kemampuan TOEFL, Molzania belajar dari buku-buku Universitas Terbuka saja. Berhubung Molzania kan lulusan disana. Lagian, buku-buku UT itu sudah lumayan cukup untuk menggeber waktu selama sebulan itu. Masing-masing bukunya Molzania pelajari selama 3 hari. Di buku ada kurang lebih 9 modul, artinya setiap harinya atleast HARUS belajar 3 Modul. Berikut materi yang Molzania pelajari:
1. Akuntansi Manajemen
2. Auditing I
3. Auditing II
4. Laboratorium Auditing
5. Perpajakan
6. Hukum Pajak
7. Akuntansi Keuangan Menengah I
8. Akuntansi Keuangan Menengah II
9. Akuntansi Keuangan Lanjutan I
10. Akuntansi Keuangan Lanjutan II

Molzania pelajari dari pelajaran yang Molzania kuasai dulu. Alias materi yang mudah-mudah, baru yang sulit-sulit. xixixii... Pertama jelas Laboratorium Auditing. Diakhiri dengan materi no. 10 yaitu the one and only Akuntansi Keuangan Lanjutan II. Kekurangan Molzania dari segi hitungan Molzania perbaiki dengan giat mempelajari teori saja. Huahahaaa...

Waktu pun berlalu. Tak perlu dibahaslah gaya Molzania belajar. Yang pastinya banyak selingannya. Diselingi dengan kegiatan tidur, nonton drama korea, browsing, dan sebagainya. Tentunya dalam porsi yang lebih besar dibandingkan kegiatan belajar. -__-

Tanggal 19 pun datang, dan jeng-jeng hampir 80% materi pernah Molzania pelajari di buku UT. Thanks to Universitas Terbuka, bukumu benar-benar ddaebak !! \(^0^)/ Alhasil karena gaya belajar Molzania santai banget, Molzania cuma yakin benar 46 dari 100 Soal. Kertas soal ujian Molzania penuh coretan centang-centang jawaban yang dirasa benar. Alhamdulillah materi hitungan yang keluar hanya tiga alias full teori soalnya. Fiuhh..

Nama Molzania diapit oleh dua orang yang gak lulus :')
Keyakinan Molzania tak salah, hasilnya skor Molzania 40. Dinyatakan lulus dengan matrikulasi USM PPaK Unsri. Teman-teman sesama peserta tes juga segitu kok nilainya. Ga ada diatas nilai 60. Parah. Banget. Tapi gak papalah, yang penting lulus. Hehehee...

Bersiap untuk tes selanjutnya... Baca Disini.

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.