Tutorial Permainan Virtual Families

Dalam statistik blog, Molzania temukan banyak sekali visitor yang berkunjung ke blog ini karena penasaran dengan permainan virtual families. Beberapa keyword pun bermunculan, diantaranya menanyakan pertanyaan seputar cara memainkan games Virtual Families.

Pada dasarnya Virtual Families, baik edisi 1 maupun 2 sama saja. Kunci perbedaannya terletak pada tampilan games dimana pada Virtual Families 2 tampak lebih lengkap dan persis dengan Virtual Families 1 yang berbayar. Jumlah anak pada Virtual Families 2 bisa hingga 6 orang, sementara edisi gratis Virtual Families 1 hanya bisa 1 orang. Berikut akan Molzania jawab beberapa diantaranya (akan diupdate sesuai kebutuhan);

1. Berapa lama anak di Virtual Families 1 & 2 tumbuh? Banyak maksimalnya anak yang bisa didapat berapa? 
Jawab : Ada 6 anak maksimal yang bisa kamu dapatkan di Virtual Families 1 dan 2. Anak yang kamu dapatkan random sesuai dengan kemauan games. Molzania pernah mendapatkan 6 orang anak; terdiri dari single, kembar tiga (triplets) dan kembar 2 (twins). 1 hari di kehidupan nyata sama dengan 1 tahun di kehidupan Virtual Families. 
Source : Instagram Molzania
2. Apa fungsi tangan hijau dan merah pada Virtual Families 1 & 2?
Jawab : Fungsi tangan hijau ialah untuk mengapresiasi manusia virtual kita apabila ia melakukan perbutan baik semisal making a meal (memasak), practicing kungfu, dsb. Apabila kita mengapresiasinya 100 kali maka kita akan mendapat bonus uang plus piala yang bisa kita liat pada menu goals. Sebaliknya tangan merah berfungsi untuk menghukum. Apabila kita melakukannya pada manusia virtual, mereka akan lari ketakutan. Ini berfungsi untuk menghukum anak kita apabila ia nakal, semisal throwing rock (melempar batu) atau tears book (merobek buku). Jangan terlalu sering melakukan aksi memberikan mereka tangan hijau/merah karena akan berdampak banyak pada mood mereka. Maksimal 3 kali dalam satu jam.

Red and Green Hand
3. Macam-macam obat pada Virtual Families beserta kegunaannya
  • Throat Lozenges, 25 coins untuk sakit tenggorokan (sore throat), ditandai dengan suara rintihan 
  • Peptic Syrup, 35 coins, untuk sakit perut (stomachache), ditandai dengan terguling di lantai, tangan di perut dan suara rintihan dan erangan
  • Anti-Inflammatory pills, 35 coins, untuk sakit kepala (headache), ditandai dengan suara oww, rintihan dan erangan
  • Antihistamines, 25 coins, untuk allergys, bersin (sneezing), ditandai dengan melompat-lompat, suara bersin
  • Antitussive Syrup, 45 coins, untuk batuk-batuk (cough) ditandai dengan suara batuk-batuk keras, dan melompat-lompat kecil
  • Cortisone Cream, 40 coins, untuk alergi kulit (itchy) ditandai dengan bergerak sangat pelan.
  • Penicyline dan Vancomycin jenis obat serius, coba untuk menghubungi dokter sebelum menggunakannya. Sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh Molzania. Jika sakitnya kambuh terus menerus, boleh dicoba menggunakan Penicyline. Jika manusia virtualmu menderita banyak penyakit berbeda, gunakan Vancomycin, Obat-obat ini bisa membuat orang lelah, gunakan pil obat tidur untuk memulihkan tenaganya. 

4. Bagaimana jika manusia virtualmu cegukan (hiccups) dan memberikan mereka makanan? 
Jawab : Ketika cegukan (hiccups), geser manusia virtualmu ke keran di sebelah lemari es di bagian dapur. Mereka akan langsung minum darisana, lalu cegukanmu pun hilang. Sementara itu untuk makanan, sangat direkomendasikan untuk selalu memberi makanan organik (organic food). Meski harganya mahal, tapi kesehatan keluargamu akan terjaga. Setelah membelinya makananmu akan berada pada sisi kiri layar. Geser makananmu menuju meja makan di bagian tengah dapur, lalu tunggu sebentar hingga manusia virtualmu selesai menyimpan makanan mereka di kulkas atau lemari. Jumlah persedian makananmu bisa dilihat dengan mengklik gambar kulkas.
Keran air untuk mencuci piring dan minum 

Geser makananmu menuju
meja makan di bagian tengah dapur, 
untuk memberi mereka makan

 5. Mengapa orang di Virtual Families mendadak hilang ?
Jawab : Kemungkinan karena games jarang dimainkan lalu lupa dipause sehingga orang-orangnya mati semua. Untuk menanggulanginya, kita harus mengulangi permainan dari awal lagi. Saran Molzania kalau permainan sedang tidak ingin dimainkan, maka lebih baik dipausekan saja. Karakter orang kita disana akan membeku, dan berjalan lagi bila pause dimatikan. Tinggal klik pada permainan awal New Games, lalu adopsi karakter yang kamu sukai.

6. Arti status manusia virtual?


Bar Status pada Virtual Families

Jawaban:
WEAK = tandanya manusia virtualmu kecapekan. Yang dia butuhkan adalah tidur. Tempatkan manusia virtualmu pada sofa atau kasur dan biarkan dia tertidur
ELATED atau HAPPY = tandanya manusia virtualmu bahagia. Yang dibutuhkan manusia virtualmu hanyalah makanan di kulkas yang selalu terisi penuh dan banyak untuk membuatnya tetap bahagia.
DEPRESSION = Artinya manusia virtualmu sedang stress. Ini biasanya terjadi karena lama tidak dimainkan atau kamu terus-terusan memberinya perintah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membiarkan dia bersenang-senang. Berikan dia dvd yang bisa dibeli di bagian store pada bagian menu. DVD ini tidak bisa kamu jumpai setiap hari, jadi sebaiknya restock untuk digunakan apabila perlu. Hati-hati manusia virtualmu bisa bunuh diri bila terus-menerus merasa depresi dan kamu akan kehilangan dia.
Not Feeling Fresh = Artinya manusia virtualmu butuh mandi. Bawa manusia virtualmu ke shower di kamar mandi dan biarkan dia sejenak mandi disana.
Sick = Artinya manusia virtualmu sedang sakit. Klik sekali lagi untuk mengetahui penyakitnya. Atau tunggu sebentar hingga manusia virtualmu beraksi, misalnya batuk-batuk atau guling-guling di lantai. Segera obati sebelum penyakitnya bertambah parah dan menular ke yang lain.
A Bit Blue : artinya dia merasa sedih. Untuk menghiburnya biarkan dia melakukan berbagai hal yang menyenangkan, seperti berenang, berkebun, bermain, dsb, Atau berikan dia video games atau VCD Film yang bisa kamu beli di store.

7. Bagaimana Cara Mematikan atau Memadamkan Kompor yang Meledak?


Pemadam api
Jawaban : Tarik manusia virtual dewasamu semisal ayah atau ibu ke pemadam api di working area. Dan biarkan dia bekerja memadamkan api.

8. Memperbaiki keran air yang rusak?

Fixed Tools di Working Area
Jawaban : Tarik manusia virtualmu ke arah fixed tools (peralatan) di working area. dan biarkan dia bekerja.

10. Getting Rid of Ants, terganggu oleh semut?

Jawaban : Lakukan dua cara ini; tarik seluruh manusia virtualmu ke arah semut lalu biarkan mereka menginjak semut-semut nakal (stomping ants). Cara yang cepat adalah membuat larutan kayu manis (cinnamons ingredients). Keluarkan semua manusia virtual dari dapur, kalau tidak kalian tidak akan bisa menyelesaikan ini. PASTIKAN tidak ada yang masuk dapur. Tarik manusia virtual dewasamu misalnya ayah ke arah benda coklat di atas meja dapur di sebelah bak cuci piring. Ayah akan mempersiapkan larutan kayu manis (cinnamon ingredient). Lalu tarik Ayah ke arah benda yang berwarna kuning di dekat bak sampah di luar rumah. Ayah akan "finished ant spray". Terakhir ayah akan menyemprot semut, dan tadaa... semut pun menghilang. Saat pertama kali melakukan ini, kalian akan dapat piala "ant terminator" dan 100 coins.

ALERT : Trik menghilangkan semut sangat sulit untuk dilakukan. Lakukan hati-hati, dan pastikan kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar.

11. Cara Mendapatkan Uang ?

Jawaban : Pada virtual families satu bisa kamu otak-atik waktu di gadgetmu. Caranya matikan wifimu, majukan waktu pada gadgetmu sekian puluh tahun secara acak. Lalu masuk kembali ke permainanmu, lalu tadaaa,,, uangmu akan bertambah banyak sekali. Lalu keluarlah dari game, dan kembalikan waktu gadgetmu secara semula. Resikonya karaktermu mungkin akan mati semua. Adapun pada Virtual Families 2, tidak bisa diotak-atik waktunya, karena gamemu bisa error, sementara uang yang kamu hasilkan sangat sedikit. Untuk itu kamu harus mengumpulkan uang secara manual dengan cara bekerja. Cara ini sangat sedikit menghasilkan uang. Tarik karakter ayah dan ibu ke meja workshop, atau komputer disesuaikan dengan pekerjaannya ya yang bisa dicek di status. Pada Virtual Families 2 kamu bisa mendapatkan banyak uang dengan membelinya menggunakan kartu kredit di Play Store.

SPOILER : Sebenarnya setiap anak karakter kita bersekolah secara otomatis. Mereka menyekolahkan anak mereka dengan sistem homeschooling. Jadi belajarnya di rumah, bisa lewat komputer atau membaca buku. Untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih menghasilkan uang yang banyak, anakmu bisa dimasukkan ke asrama yang sangat mahal. Cara ini tidak direkomendasikan, karena uang yang dihabiskan sangat banyak sementara pekerjaan anak kita nantinya hanya sedikit lebih tinggi dari yang tidak bersekolah di asrama.

Ada lagi yang mau Molzania jawab, silahkan layangkan pertanyaan kalian di kolom komen. ;)  

Molzania.com merupakan blog pribadi milik Firsty Ukhti Molyndi. Memiliki hobi menulis sejak kecil. Blog ini sebagai sarana menyalurkan minat dan aspirasinya.